Artikel Pilihan

Anda Suka Bonsai Beringin? Kenali 6 Seniman Bonsai Ini

Pohon beringin memiliki lumayan banyak penggemar hingga orang berbondong-bondong ingin memiliki bentuk kecilnya, yaitu bonsai beringin. Bonsai beringin semakin disukai oleh banyak orang karena memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Teknik bonsai pertama kali dikenal dari Jepang sejak zaman Edo.

Kalau anda seorang yang sangat menggemari bonsai beringin, tentulah anda harus mengenal seniman bonsai yang telah terkenal di seluruh dunia. Beberapa tanaman yang dirawat oleh seniman itu telah menjadi juara dunia dalam kontes bonsai. Diantara mereka, ada juga yang telah memiliki museum bonsai yang wajib anda kunjungi.

6 Seniman Bonsai Beringin Terkenal di Dunia

1. Ben Oki

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Ben Oki adalah seseorang dengan gelar bisnis yang lulus dari salah satu universitas di Jepang. Setelah lulus, ia menjadi seorang seniman bonsai profesional hingga telah menciptakan banyak karya terkenal.



Kalau anda pernah menonton salah satu film artis terkenal, Cybil Shepherd, anda pasti pernah melihat salah satu kebun bonsai. Kebun itu merupakan karya dari Ben Oki. Awalnya dia belajar membuat bonsai beringin dari ahli bonsai lainnya, yaitu John Naka. Ben Oki sangat gemar membuat bonsai dengan tema Jepang kuno. Mungkin karena ia hidup pada zaman itu, sekarang umurnya sudah sangat tua.

2. Masahiko Kimura

Awal perjalanan untuk menjadi seorang seniman bonsai bisa sangat sederhana seperti iseng untuk memberi hadiah kepada ibu. Itulah awalnya Masahiko Kimura bisa menjadi seniman bonsai.

Dengan niat kecilnya, siapa sangka ia bisa menjadi master bonsai yang terkenal dalam membuat bonsai beringin. Salah satu karyanya bahkan telah menjadi juara dunia dalam kontes bonsai. Tanaman tersebut juga ditawar dengan harga miliaran.

Selain menjadi seniman bonsai, Masahiko Kimura juga merupakan seorang atlet judo. Namun, ia lebih terkenal sebagai seniman tanaman ini karena sebuah teknik yang dapat membentuk kayu mati.

3. Quinquan Zhao

Cina juga memiliki sebuah teknik bonsai yang terkenal sejak zaman kerajaan dulu, yaitu teknik Bonsai Penjing. Salah satu orang yang terkenal dengan teknik ini kini adalah Quinquan Zhao. Dengan teknik itu, ia berhasil membentuk bonsai beringin yang sangat indah.

Pria yang lahir di Cina Tengah, tepatnya di sekitar Sungai Yangtze ini sangat mahir menyesuaikan kombinasi tanah, batu, kayu, dan dedaunan. Karena cintanya dengan bonsai, ia sampai belajar hingga berkunjung ke Eropa dan Amerika.


4. Lindsey Bebb

Australia juga memiliki seorang seniman bonsai terkenal bernama Lindsey Bebb. Pria yang lahir pada tahun 1970 ini telah mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari bonsai beringin. Ia telah menekuni bidang ini selama 40 tahun.

Kecintaannya terhadap bonsai mampu membawanya membangun bisnis yang sukses. Ia membuka toko yang khusus menjual bonsai di negaranya. Tokonya ini selalu ramai oleh pengunjung yang tertarik untuk membeli bonsai.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: aabcltd.org


5. John Naka

John Naka merupakan guru dari seorang seniman terkenal lainnya, yaitu Ben Oki. Salah satu bonsai beringin karyanya mampu menjadi juara dunia dan ditawar dengan harga yang sangat mahal.

Pria yang bernama lengkap John Yoshio naka ini merupakan orang keturunan Jepang lahir di Amerika. Namun, ia kembali ke tanah leluhurnya untuk mempelajari seni bonsai. Ia mulai aktif menjadi seniman bonsai saat tahun 1950.

6. Seniman Bonsai Beringin Asal Indonesia

Meski jarang sekali terdengar, Indonesia juga memiliki seorang seniman bonsai yang sangat berbakat dalam diri Robert Steven. Pria ini mulai tertarik dengan bonsai beringin saat melihat tanaman kerdil di Bogor. Awalnya ia hanya membeli satu pot. Namun, kini ia telah memiliki hingga 500 tanaman.



Robert Steven merupakan seniman yang berpegang pada teknik Penjing. Ia bahkan rela belajar hingga ke Cina. Salah satu tanamannya juga berhasil memenangkan penghargaan International Design Award yang diadakan oleh Ben Oki.

Selain menanam bonsai beringin, Robert Steven juga menulis buku yang temanya mengenai peraturan dalam menanam bonsai. Bukunya yang berjudul Vision of My Soul menjadi buku pertamanya.

Apakah anda berminat menjadi seniman bonsai dan menjadi penerus Robert Steven? Kalau anda berminat, maka anda harus mulai menanam bonsai beringin yang anda miliki dengan benar.

Belum ada Komentar untuk "Anda Suka Bonsai Beringin? Kenali 6 Seniman Bonsai Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel