Artikel Pilihan

Daftar Bonsai Beringin Indah yang Menjadi Juara Dunia

Bonsai beringin sebagai tanaman hias memiliki sejarah yang sangat panjang. Bonsai telah ditemukan sejak zaman kerajaan di Cina sehingga tidak mengherankan kalau sampai ada festival bonsai. Tujuan dari festival itu adalah untuk melihat bonsai yang terbaik. Bonsai beringin juga selalu turut serta dalam turnamen itu.

Bonsai adalah tanaman versi kecil dari tanaman aslinya. Bonsai beringin bibitnya diambil dari pohon beringin. Sebagai tanaman hias, bonsai telah berubah menjadi seni. Bahkan dalam suatu festival di Surabaya, ada sebuah bonsai yang ditawar dengan harga 1 miliar rupiah. Anda juga pasti penasaran dengan keindahan bonsai yang menjadi juara.

Bonsai Beringin yang Jadi Juara

1. Bonsai Kunio Kobayashi

Ciri Ciri Pohon Bonsai Kunio
Nama bonsai beringin yang satu ini diambil dari nama pemiliknya yang telah merawat bonsai ini. Bonsai ini berumur 800 tahun lebih dan telah memenangi penghargaan bergengsi. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Perdana Menteri Jepang.



Hebatnya lagi, Bonsai Kunio Kobayashi telah menenangkan penghargaan itu sebanyak empat kali. Bonsai ini kini disimpan di museum milik Kunio Kobayashi yang bernama Shunka-en. Museum itu terletak di kota Tokyo dan terbuka untuk umum. Apa anda tertarik untuk mengunjungi dan melihat bonsai itu?

2. Pohon Tropis Brazil

Pohon Tropis Brazil merupakan pohon bonsai beringin yang memenangkan penghargaan di Indonesia maupun internasional. Tanaman ini memang dimiliki oleh seorang WNI bernama Budi Sulistyo.

Kalau biasanya umur bonsai yang juara itu sangat tua, bonsai ini baru saja berumur 12 tahun. Tanaman yang satu ini memang layak memenangkan penghargaan meski masih muda. Budi Sulistyo mendapatkan bonsai yang satu ini dari Amerika Serikat.

3. Bonsai Master Kimura

Bonsai beringin selanjutnya yang menjadi juara dunia antar bonsai adalah bonsai milik Master Kimura. Dari namanya, anda pasti sudah kalau bonsai ini berasal dari Jepang. Master Kimura atau Masahiko Kimura adalah seorang seniman bonsai yang berasal dari Jepang.

Karena karyanya ini, nama Master Kimura kini telah terkenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Bonsai beringin ini terletak di desa Omiya dan memenangi berbagai penghargaan, termasuk penghargaan dari Perdana Menteri Jepang.

4. Bonsai Shonin

Sering mengikuti berbagai kejuaraan dan pameran setiap tahunnya dan memenangkan beberapa di antaranya. Itulah prestasi yang tergambar dari bonsai beringin jenis Shonin ini. Bonsai yang satu ini diciptakan oleh Morten Albek, seorang seniman bonsai yang berasal dari Denmark. Bonsai ini tumbuh setinggi 10cm dengan memakai pot yang dibuat oleh seorang pembuat pot profesional, yaitu John Pitt.

5. Bonsai Pinus

Pohon bonsai pinus yang telah menjadi juara dunia adalah Pinus Silvestris yang dimiliki oleh Stefano Frisoni. Bonsai Pinus Silvestris telah memenangkan beberapa penghargaan karena dinilai sangat realistis dan natural.

Stefano Frisoni juga tidak menyangka bahwa karyanya ini dapat menjadi juara dunia. Awalnya ia hanya iseng membeli bonsai ini sebagai koleksi. Namun, ia mulai merawat dan membentuk pinus ini menjadi indah hingga akhirnya bisa menjadi juara dunia. Umurnya juga mencapai ratusan tahun, layaknya bonsai beringin.

6. Bonsai Maple

Bonsai maple juga salah satu jenis bonsai yang banyak meraih penghargaan juara dunia selain bonsai beringin dan bonsai pinus. Salah satu yang paling terkenal adalah Japanese Maple karya Walter Pall.

Kalau anda melihat gambarnya, anda pasti mengerti kenapa Japanese Maple ini bisa menjadi juara dunia. Dengan tambahan aksesoris seperti istana, bonsai ini mampu membangkitkan suasana misterius dan horor.



7. Bonsai Azalea

Ciri Ciri Pohon Bonsai Azalea
Sumber: bonsaipenjing.wordpress.com
Bonsai azalea juga pernah menjadi juara dunia. Bonsai azalea adalah bonsai yang memiliki bunga, sangat berbeda sekali dengan bonsai beringin. Bonsai ini dimiliki oleh Wolfgang Putzi. Tingginya hanya 14cm saja dan memiliki suasana Jepang yang sangat kental.

Setelah melihat daftar bonsai yang menjadi juara, harusnya anda semakin termotivasi untuk merawat bonsai beringin milik anda. Mungkin saja nanti karya anda dapat menjadi juara dunia. Tentu saja bonsai beringin bisa menjadi juara karena campur tangan dari pemiliknya yang telah merawat dengan telaten.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Bonsai Beringin Indah yang Menjadi Juara Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel