Artikel Pilihan

Tanaman Hias Bonsai Serut

Ciri Ciri Tanaman Hias Bonsai Serut

Banyak orang di Indonesia yang menyukai adanya tanaman Hias Bonsai. Bermacam-macam Bonsai yang ada membuat kesenangan pribadi untuk pecinta tumbuhan. Selain itu, dengan adanya Tanaman Bonsai ini juga dapat menambah pengetahuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pohon-pohon yang notabene ukurannya sangat besar dan terbilang mahal ini.

Akhir-akhir ini sangat ramai dibicarakan mengenai Tanaman Bonsai Serut. Bonsai ini sangat bagus karena memiliki bentuk pohon yang berkelok-kelok. Tentu saja memiliki nilai estetika dan keunikan sendiri Pada bacaan di bawah ini akan dijelaskan lengkap mengenai ciri-ciri Pohon Serut, usia, cara menanam, dan cara merawat.

Ciri-Ciri Pohon Serut

Ciri Ciri Tanaman Hias Bonsai Serut
Sumber: tamanbonsai.com
Tanaman Bonsai Serut memiliki ciri-ciri umum yaitu warna daun yang hijau dan mengkilap. Untuk warna batang dari tanaman ini adalah putih. Tanaman ini mempunyai bunga dan juga buah. Serut memang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai.




Hal itu disebabkan karena seerut memiliki ketahanan hidup yang sangat kuat dan jangka waktu hidupnya juga terpaut lama. Anda tidak perlu kawatir tanaman akan mati terserang hama karena jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa sangat kuat.

Usia Pohon Serut

Menurut berita, usia pohon Serut ini dapat hidup hingga ratusan tahun. Namun, hal ini juga dapat dipengaruhi faktor lingkungan dan cara perawatan tumbuhan. Mungkin jika di alam bebas, Tanaman Serut bisa berumur ratusan tahun dikarenakan tidak ada efek apapun yang menyentuhnya kecuali efek alam.

Baca juga : Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Namun, ketika Tanaman Serut ini di Bonsai maka Anda harus memperhatikan perawatannya karena di sana Tanaman akan dilakukan sistem stek dan lain-lain. Dan proses seperti ini biasanya akan mempengaruhi kehidupan dari Pohon Serut ini.

Cara Menanam Calon Bonsai Serut

Untuk cara menanam calon tanaman Bonsai Serut, Anda harus melakukan beberapa tahap. Tahap awal, Anda harus membersihkan semua daun yang ada pada calon tanaman serut. Setelah itu potong batang dan juga cabang ranting yang dianggap tidak bagus.

Hal ini perlu dilakukan karena dalam tahap ini Anda bisa mengatur bentuk sesuai dengan Bonsai yang Anda inginkan. Jangan lupa juga untuk mengolesi akar tanaman Serut dengan perangsang akar agar akarnya bisa tumbuh subur menopang batang serut. Selanjutnya, tanamlah calon bonsai dan berikan air untuk penyiraman.

Menyiram Calon Bonsai harus mengenai semua bagian tanaman. Siramkan air dengan porsi secukupnya hingga mengenai batang dan daun Bonsai. Dan yang terakhir, tutuplah tanaman tersebut dengan plastik secara rapat dan letakkan di tempat yang teduh.

Cara Mudah Menanam Bonsai Serut Sistem Stek

Sistem Stek merupakan teknik penanaman tanpa akar. Tanaman serut ini dapat digolongkan pada tanaman yang mudah untuk hidup. Utamanya untuk Tanaman Serut yang memiliki batang kecil. Hal ini dikarenakan Tanaman Serut yang memiliki batang kecil justru mempunyai banyak kambium. Untuk cara menanam Bonsai dengan sistem Stek dapat dilakukan degan 4 langkah saja.

Untuk tahap awal, pilih bentuk pilihan batang Bonsai yang diinginkan kemudian rapikan dengan cara dipotong. Selanjutnya oleskan obat perangsang untuk akar pada bagian bawah batang. Ini akan mempercepat proses pembentukan akar baru dan menyuburkannya.

Siapkan media tanam dengan menggunakan pasir murni dengan dicampur tanah murni dengan perbandingan 1:1. Dan yang terakhir adalah tutup rapat tanaman tersebut dengan plastik dan tempatkan di tempat yang terhindar dari matahari.

Baca juga : Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

Cara Merawat Bonsai Serut

Untuk merawat Tanaman Bonsai Serut sangatlah mudah. Lakukanlah penyiraman dengan rutin dengan hitungan satu kali dalam satu hari. Berikan juga pupuk kandang dan kimia selama 1 bulan.

Dan yang terakhir, berikanlah obat untuk mencegah adanya hama yang akan mengganggu pertumbuhan Tanaman Bonsai. Karena meskipun bonsai ini kuat tapi jika sering diserang hama, tanaman ini tetap saja bisa mati.




Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Tanaman Hias Bonsai Serut. Membuat tanaman Bonsai memang sangat mengasyikkan. Terlebih lagi, Anda harus sabar dan juga telaten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menanam Bonsai memang membutuhkan waktu, tenaga, dan juga biaya yang tidak sedikit. Namun, hal ini akan merasa terbayarkan jika Anda berhasil membuat Tanaman Bonsai tersebut hidup dan berkembang dengan sehat dan indah.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Tanaman Hias Bonsai Serut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel