Artikel Pilihan

Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Menanam, merawat, dan menjual bonsai beringin bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan. Bonsai beringin adalah versi kecil dari pohon beringin. Berbeda dengan pohon beringin yang tumbuh dimana saja dan jarang dicari orang, bonsai ini akan memberikan anda keuntungan hingga ratusan juta.

Lihat saja bonsai beringin yang bernama Ficus Microcarpa yang bisa laku mencapai 1 miliar Rupiah pada Festival Bonsai Surabaya yang berlangsung tahun 2018. Selain itu, ada Bonsai Kunio Kobayashi yang laku hingga 1,2 miliar. Contoh lainnya, ada orang yang berani membayar 18,4 miliar untuk Bonsai A Centuries Old Pine.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin


Cara Berbisnis Bonsai Beringin

Memiliki Pengetahuan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempelajari segala tentang bonsai beringin. Ada banyak hal yang harus anda pelajari, tetapi pelajari terlebih dahulu cara mendapatkan bibit bonsai. Jika harus membeli, pastikan anda mengetahui harga pasarannya agar tidak ditipu penjual.



Hal kedua yang harus anda pelajari adalah cara menanamnya. Tanaman yang satu ini harus ditanam dengan sangat hati-hati agar dapat bertahan hidup hingga menjadi berharga. Pelajaran lainnya dapat anda pelajari sambil praktik.


Mencari Tempat

Sebagai bahan dagangan, anda pastinya menanam bonsai beringin ini dalam jumlah yang banyak. Ruang tamu tidak akan cukup untuk menampung semua bonsai yang anda tanam. Karena itu, anda harus mencari lokasi untuk meletakkan bonsai ini.

Kalau anda tidak menemukan lahan yang luas atau terkendala modal untuk menyewa, anda dapat menggunakan satu ruangan di dalam rumah atau di pekarangan rumah. Bonsai beringin tidak memerlukan tempat khusus untuk bertahan hidup. Tanaman dengan nama latin Ficus Benjamina ini dapat hidup dengan segala jenis cuaca, bahkan di tanah yang kering dan bebatuan.

Meskipun bisa hidup di tanah yang kurang bagus, bukan berarti anda boleh menanamnya di tempat yang jelek. Tetaplah mencari tanah yang berkualitas agar tanaman ini bisa berharga mahal nantinya.


Pastikan Aman

Bila anda memutuskan untuk menanam bonsai beringin di lahan kosong atau pekarangan rumah, anda harus memastikan jika tumbuhan ini akan aman dari maling. Orang yang mengerti tentang tumbuhan ini akan sadar bahwa harganya mahal. Saat sudah tumbuh cantik, orang bisa saja mencurinya.

Anak-anak di sekitar rumah anda juga bisa sekadar iseng untuk mencabut daun-daunnya. Anda bisa memasang CCTV untuk dapat terus memantau bonsai yang anda tanam. Gunakan juga pembatas agar tidak ada orang yang dapat menjangkaunya.

Cari Konsumen

Anda telah bersusah payah mempelajari semua informasi tentang bonsai beringin, juga menanam dan merawatnya setiap hari. Semua pengorbanan anda akan percuma bila tidak ada pembelian yang terjadi.

Rajinlah mencari konsumen agar anda bisa menerima uang. Di zaman yang canggih ini, anda dapat memanfaatkan toko online untuk berjualan. Kenali juga target pasar anda. bonsai beringin merupakan tanaman hias sehingga konsumen anda adalah kalangan menengah ke atas yang memiliki uang banyak dan tertarik dengan tanaman hias.

Menyiapkan Modal

Berbisnis bonsai beringin merupakan bisnis dalam jangka panjang. Anda harus menunggu bonsai tumbuh subur agar bisa dijual mahal. Sampai anda bisa menjualnya, anda harus menyiapkan modal untuk membeli segala perlengkapan.

Perlengkapan awal, anda membutuhkan pot, bibit, gunting, dan kawat. Setiap bulannya, anda akan membutuhkan pupuk dan air. Pastikan kalau modal anda kuat bertahan sampai bertahun-tahun.

Tips Berbisnis Bonsai Beringin

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Berbisnis tidaklah mudah, begitu juga dengan jualan bonsai beringin. Anda akan menemui banyak kendala, terlebih lagi kalau anda adalah seorang pemula yang baru menanam tanaman ini.

Kuncinya adalah kesabaran dan konsistensi. Anda harus sabar ketika merawat bonsai beringin, memberikannya pupuk dan air setiap hari. Lakukan hal secara konsisten layaknya anda memiliki komitmen yang kuat.



Pengetahuan soal bonsai beringin juga tidak akan anda kuasai tanpa praktik langsung. Setelah anda mendapatkan informasi, segera lakukan terhadap tanaman anda.

Sudahkah anda tertarik untuk berbisnis bonsai beringin setelah melihat harga yang mungkin anda dapatkan?

Mungkin saja nantinya anda malah enggan menjualnya karena sudah terlanjur sayang dengan bonsai beringin yang sudah anda rawat. Sudah banyak orang yang tidak mau menjual bonsai milik mereka meski harga yang ditawarkan sangat mahal.

Belum ada Komentar untuk "Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel