Artikel Pilihan

Terbukti! Inilah Ciri Tanaman Serut yang Cocok untuk Dibonsai

Tanaman Serut memang sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias. Banyak orang yang menjadikan tanaman ini Bonsai sehingga bentuknya sangat lucu seperti miniatur. Cara membuatnya-pun tidak terlalu rumit.

Hanya saja Anda harus benar-benar memperhatikan jenis tanaman serut yang akan dijadikan Bonsai. Tahukah Anda sebenarnya apa saja ciri-ciri tanaman serut yang cocok untuk diBonsai? Pada penjelasan artikel dibawah ini akan dijelaskan mengenai jawaban akan pertanyaan tersebut.

Baca juga : Mengetahui Istilah Dalam Dunia Bonsai Penting Bagi Pecinta Bonsai Beringin

1. Daun Segar Bergerigi

Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut

Ciri pertama dari Tanaman Serut yang baik adalah memiliki daun segar dan juga bergerigi. Ini merupakan ciri Serut yang sehat. Jangan mencoba untuk Bonsai tanaman Serut yang memiliki daun yang layu atau berwarna kekuning-kuningan.




Karena hal tersebut adalah ciri-ciri dari Serut yang tidak baik akan kondisi kesehatannya. Anda bisa melihat tanaman ini di area pekarangan dan alam bebas.

2. Batang Serut Berwarna Putih

Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut
Sumber: kumparan.com
Untuk menjadikan tanaman Bonsai Serut, Anda memang harus menyisihkan waktu untuk memilih bibit tanaman yang benar-benar bagus. Batang serut yang sehat dan normal memiliki warna putih keabu-abuan.

Teksturnya tidak terlalu kasar dan juga tidak terlalu halus. Batang Serut tidak seperti batang pohon Jati yang memiliki tekstur timbul dan terasa kasar jika dipegang. Serut lebih terkesan biasa saja dan normal seperti pohon atau tanaman biasanya.

3. Memiliki Batang Keras

Dapat dikatakan jika memiliki batang yang keras merupakan ciri dari tanaman serut yang baik. Sebenarnya hal ini tidak berlaku hanya untuk tanaman Serut saja. Ciri ini harus dimiliki semua tumbuhan sebagai tanaman yang sehat.

Karena apa? Batang yang kokoh dan keras adalah penopang dari tanaman itu sendiri. Dirinya berikatan dengan akar dan juga daun bahkan buah dari tanaman itu. Sehingga, dapat disimpulkan jika tanaman yang memiliki batang yang keras dan sehat adalah ciri dari tanaman yang sehat dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga : Sejarah Munculnya Bonsai Beringin dan Bonsai Jenis Lainnya

4. Dapat Tumbuh Bunga

Tanaman Bonsai Serut memang bertujuan sebagai hiasan yang dapat dinikmati oleh semua orang. Anda harus mengetahui jika tanaman Serut adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki bunga. Bunga ini akan tumbuh ketika tanaman ini sudah matang usianya.

Dapat tumbuh bunga merupakan salah satu ciri dari tanaman Serut yang baik. Karena jika tidak tumbuh bunga, dapat dikatakan jika proses pematangan pada tanaman tersebut memiliki masalah atau tidak dapat berjalan dengan normal.

5. Dapat Tumbuh Buah

Berkaitan dengan adanya bunga, tanaman ini juga dapat tumbuh buah. Tanaman serut memiliki bentuk buah kecil, bulat, dan warna hijau. Buah ini akan tumbuh di bagian batang dari tanaman Serut.

Menurut beberapa informasi, buah dari Tanaman ini memiliki rasa manis. Untuk dapat tumbuh buah, Tanaman Serut yang ada di alam bebas benar-benar tidak membutuhkan pupuk.

Namun, perlu diketahui jika Anda ingin membuat Bonsai maka tanaman ini membutuhkan sedikit perhatian. Berikanlah air dan juga pupuk sehingga tanaman Bonsai Serut dapat berkembang dan tumbuh akan bunga dan buah.

6. Kuat dan Berumur Lama

Serut merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki umur lama dan kuat akan cuaca apapun. Dari sini, dapat dikatakan jika Tanaman Serut yang sehat itu sesuai dengan jenis serut yang lain.

Bagaimana cara memilih Tanaman Serut berdasarkan ciri-ciri ini? Anda bisa melihat ketika sudah memilih Serut dan memindahkan ke tempat yang baru. Terdapat beberapa proses seperti stek dan lainnya.

Dari sinilah Anda bisa melihat Tanaman Serut tersebut cocok atau tidak untuk di bonsai. Ketika tanaman itu masih terlihat segar dan sehat maka teruskanlah pada tahap pembonsaian selanjutnya.




Itulah penjelasan mengenai ciri Tanaman Serut yang cocok untuk dibonsai. Banyak sekali ciri-ciri yang bisa Anda lihat secara otomatis ketika melihat tanaman Serut itu secara langsung. Sangat jelas perbedaan antara Tanaman Serut yang sehat dan sakit.

Jangan sekali-kali untuk melakukan Bonsai pada Tanaman yang sakit karena akan membuat Anda rugi baik itu tenaga dan juga biaya. Ketika menemukan Tanaman yang cocok maka selanjutnya Anda harus benar memperhatikan teknik-teknik Bonsai yang harus dilakukan agar menghasilkan Bonsai yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Terbukti! Inilah Ciri Tanaman Serut yang Cocok untuk Dibonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel