Artikel Pilihan

Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

Anda pasti sudah mengetahui kalau tanaman dapat hidup hingga ratusan tahun, begitu juga dengan bonsai beringin. Tanaman hias yang didapatkan dari mengambil bakal bibit pohon beringin ini dapat hidup hingga ratusan tahun. Terlebih lagi, bonsai beringin merupakan tumbuhan yang sangat adaptif terhadap lingkungan sekitar.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pohon beringin dapat ditemukan di hutan tropis, dekat sumber air, di tanah bebatuan, atau di tanah kering. Ini artinya bonsai beringin dapat hidup dengan keadaan seperti apa saja. Inilah salah satu alasan tanaman ini dapat hidup hingga ratusan tahun, bahkan ada bonsai yang hidup hingga ribuan tahun.

Bonsai Beringin dengan Umur Paling Tua

1. Pohon Bonsai Ficus Retusa Linn

Anda dapat melihat tanaman ini di Museum Bonsai Crespi. Museum yang terletak di Parabiago, Italia ini menyimpan berbagai pohon bonsai yang indah dan unik. Salah satunya adalah bonsai beringin yang diberi nama Bonsai Ficus Retusa Linn.



Tidak ada yang tahu umur pasti dari bonsai ini, tetapi banyak orang meyakini umurnya telah melebihi seribu tahun. Luigi Crespi selaku pemilik Museum Bonsai Crespi juga kesulitan untuk memiliki pohon ini. Ia butuh kurang lebih selama 10 tahun agar bisa membeli pohon ini. Akhirnya, ia berhasil menempatkan pohon ini di museumnya pada tahun 1986.

Sebelum berpindah tangan ke Luigi Crespi, bonsai beringin yang satu ini dimiliki oleh seorang pengusaha asal China. Ia merawat Bonsai Ficus Retusa Linn dengan bantuan seorang seniman bonsai asal Jepang, Shotaro Kawahara.

2. Bonsai Kunio Kobayashi

Bonsai beringin ini diberi nama yang sama dengan pemiliknya. Kunio Kobayashi adalah seorang seniman bonsai yang berasal dari Jepang, tepatnya Tokyo. Ia mendirikan sebuah museum bonsai yang diberi nama Shunkaen Nursery.

Di Shunkaen Nursery, anda dapat melihat sebuah bonsai yang berumur lebih dari 800 tahun. Pohon ini telah dirawat oleh Kunio Kobayashi selama 30 tahun. Beliau mendapatkan bonsai ini terlebih dahulu baru kemudian membuka museum miliknya pada tahun 2002.

3. Bonsai Juniper

Bonsai yang satu ini hidup di Omiya, Jepang dan dirawat oleh keluarga Kato. Umur Bonsai beringin ini ditaksir melebihi seribu tahun. Kini, bonsai ini dapat anda temui di taman Mansei-en, taman tertua di desa Omiya. Taman ini sudah dikelola oleh keluarga Kato sejak tahun 1925.

4. Bonsai Beringin India

Pohon Beringin India adalah salah satu pohon beringin yang ditemukan. Pohon ini telah berumur lebih dari 250 tahun. Bonsai beringin yang berasal dari Beringin India juga dipercaya mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun jika perawatannya dilakukan dengan benar.

Anda dapat menemukan pohon beringin ini di Taman Botani Acharya Jagadish Chandra Bose. Sudah cukup banyak bonsai beringin yang bakal bibitnya berasal dari Beringin India.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

Selain Bonsai Beringin, Ada Bonsai Tertua Lainnya

Bonsai beringin bukanlah satu-satunya tanaman yang dapat hidup hingga ratusan tahun. Masih banyak tanaman lain yang cukup berumur, salah satunya adalah bonsai pinus. Seperti pohon pinus merah yang berada di Jepang ini.

Umur bonsai pinus merah yang berlokasi di Atami ini hampir menyaingi bonsai beringin, sekitar 600 tahun. Pohon aslinya dapat tumbuh hingga mencapai 9 meter.

Selain bonsai pinus merah, bonsai pinus lima jarum juga memiliki umur 500 tahun. Bonsai pinus ini diberi nama Sandai Shogun no Matsu. Tanaman ini bahkan sampai ditetapkan sebagai harta karun nasional Jepang. Sandai Shogun no Matsu dulu dirawat oleh kaisar Jepang dan dapat anda lihat di Tokyo Imperial Palace.



Bonsai lain yang berumur panjang adalah Bonsai Azalea. Berbeda dengan bonsai beringin, Bonsai Azalea justru menghasilkan bunga berwarna pink. Umurnya telah diperkirakan mencapai ratusan tahun. Sekarang bonsai tersebut dirawat oleh Wolfgang Putzi.

Bonsai Maple juga dapat hidup sampai 100 tahun jika mendapatkan perawatan yang benar, seperti yang dirawat oleh Walter Pall ini. Seorang seniman asal Eropa ini benar-benar membuat bonsai Maple miliknya terlihat indah.

Berapakah generasi yang mampu merawat bonsai beringin hingga akhirnya bonsai beringin mati? Anda dapat mewarisi tanaman ini kepada anak hingga cucu anda. Apakah anda memiliki rencana untuk mewarisi bonsai beringin milik anda kepada generasi selanjutnya?

Belum ada Komentar untuk "Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel