Artikel Pilihan

Spesies Pohon Maple yang Cantik Dari Seluruh Dunia

Banyak orang yang memutuskan untuk menanam pohon maple karena memiliki banyak fungsi seperti untuk pohon peneduh. Pohon maple terkenal karena warnanya seperti oranye, cokelat, merah dan kuning. Beberapa pohon bahkan memiliki beberapa warna daun di dalam satu pohon yang membuatnya semakin cantik ketika dilihat.

Pohon maple termasuk ke dalam spesies genis Acer di dalam keluarga tanaman Aceraceae. Sedangkan untuk jenisnya sendiri juga beragam dari semang bertangkai hingga berbentuk pohon dengan batang yang tegang dan besar. Untuk anda yang tertarik dengan tanaman cantik ini, berikut kami jelaskan beberapa spesies pohon maple yang cantik dari seluruh dunia sebagai tambahan referensi.

1. Amur Maple [Acer Ginnala]

ciri ciri pohon maple

Amur maple merupakan salah satu pohon maple dengan ukuran yang lebih kecil di dalam genus Acer. Tanaman ini bisa tumbuh baik seperti semak dengan batang yang menyebar atau berbentuk pohon kecil dengan mahkota bundar yang padat.

Acer ginnala ini terkadang juga diklasifikasikan sebagai subspesies dari maple Tartarian dan terkadang juga lebih umum disebut dengan maple Siberia. Warna daun yang berguguran juga sangat indah yakni merah agak kekuningan. Sedangkan untuk varietas Embers dan Flame mempunyai warna yang lebih cerah baik pada daun maupun bunga.

  • Daerah asal: Jepang, Korea, Mongolia, Siberia.
  • Tinggi: 9,1 meter.
  • Kebutuhan sinar matahari: Sinar matahari penuh sampai teduh.


2. Maple Daun Besar [Acer macrophyllum]

ciri ciri pohon maple
Sumber: googleusercontent.com
Seperti namanya, pohon maple ini memiliki daun terbesar dari pohon maple lainnya yakni lebih dari 12 inci. Pohon maple daun besar atau biasa disebut dengan maple Oregon ini batang yang tebal dengan kulit abu abu atau coklat agak kemerahan.

Ketika berguguran, maka daunnya akan berwarna merah anggur kemudian berubah menjadi hijau ketika musim panas dan kuning atau kuning agak oranye ketika musim gugur. Pohon besar ini sangat rindang sehingga bagus untuk lanskap dan juga bagi anda yang memiliki ukuran taman besar.
  • Daerah asal: Amerika Serikat bagian Barat, Alaska hingga California selatan.
  • Tinggi: 6 meter hingga 30 meter
  • Kebutuhan sinar matahari: Sinar matahari penuh hingga teduh.

3. Hedge Maple [Acer campestre]

Hedge maple menjadi pohon maple yang paling tepat untuk taman kota yang bisa tumbuh pada lingkungan sulit seperti kering, tanah yang masam, mengandung alkali atau asin. Selain itu, jenis tanaman ini juga bisa dijadikan pohon jalanan jika kabel listrik di sekelilingnya cukup tinggi.

Hedge maple juga sering disebut dengan maple lapangan atau maple biasa dengan ukuran batang yang kecil sampai sedang yang sangat cocok dijadikan pohon pelindung di lanskap kecil atau bisa dipangkas jika ingin dijadikan tanaman pagar pada lanskap yang lebih besar. Untuk warna dedaunnya sendiri adalah hijau ketika musim panas dan berubah menjadi kuning ketika gugur.
  • Daerah asal: Eropa dan Asia Barat Daya
  • Tinggi: 7 meter hingga 10 meter.
  • Kebutuhan sinar matahari: Sinar matahari penuh

4. Hornbeam Maple [Acer carpinifolium]

Ada banyak spesies tanaman di dalam satu genus yang penampilannya terlihat serupa sama seperti hornbeam maple. Pohon maple ini memiliki daun yang tidak sama seperti pohon maple pada umumnya namun lebih mirip dengan pohon hornbeam atau Carnipus spp.

Baca Juga :

Spesies ini mempunyak bentuk daun yang memanjang dan meruncing di bagian ujung serta tekstur yang bergelombang. Untuk bagian daunnya hijau agak kekuningan atau coklat keemasan ketika gugur. Pohon maple ini umumnya agak sedikit sulit dijual namun sangat bagus dijadikan pohon kecil atau semak besar di lanskap.
  • Daerah asal: Jepang
  • Tinggi: 4 meter hingga 9 meter.
  • Kebutuhan sinar matahari: Sinar matahari penuh.

5. Maple Jepang [Acer palmatum]

Pohon maple Jepang menjadi salah satu tanaman wajib di taman Jepang dan juga di dunia bonsai. Daunnya memiliki warna hijau atau merah dengan berbagai bentuk dan tekstur serta ribuan kultivar. Bagian daunnya umumnya memiliki lebih banyak lobus dibandingkan dengan jenis maple lain serta tekstur yang lebih halus.

Untuk warna ketika berguguran sangat bervariasi tergantung dari kultivar seperti ungu, kuning dan perunggu. Pohon maple Jepang ini bisa dijadikan titik fokus di dalam banyak jenis desain taman. Untuk varietas kerdil atau bonsai juga sering dipakai sebagai semak hias, sedangkan untuk kultivar yang lebih besar biasanya ditanam sebagai pohon spesimen kecil yang sangat peka terhadap suhu panas atau dingin.
  • Daerah asal: Jepang, Cina, Korea
  • Tinggi: 4 meter hingga 7 meter.
  • Kebutuhan sinar matahari: Bisa bertahan di cuaca panas atau teduh.

6. Norwegia Maple [Acer platanoides]

ciri ciri pohon maple
Sumber: images.squarespace-cdn.com
Norwegia maple atau maple Eropa ini menjadi spesies yang populer dan dibawa ke Amerika Utara dari Eropa pada abad ke-18. Pohon rindang dengan ukuran sedang ini mempunyai mahkota lebat dan merupakan pohon berakar dangkal.

Untuk varietas yang paling populer adalah Crimson King dengan daun berwarna marun yang sangat menarik namun akan berubah menjadi keabu abuan ketika gugur. Sedangkan untuk varietas lainnya juga bisa berwarna kuning saat sedang gugur.
  • Daerah asal: Eropa dan Asia Barat
  • Tinggi: 12 meter hingga 15 meter.
  • Kebutuhan sinar matahari: Sinar matahari penuh hingga teduh.
Itulah tadi beberapa spesies pohon maple yang cantik dari seluruh dunia yang bisa anda jadikan referensi tanaman penghias taman atau tepi jalan. Sebenarnya, masih cukup banyak spesies pohon maple lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Namun beberapa jenis yang sudah kami ulas di atas adalah spesies yang paling populer dan memiliki warna daun paling cantik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Spesies Pohon Maple yang Cantik Dari Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel