Artikel Pilihan

Cara Unik Mengubah Pohon Maple Jepang Menjadi Bonsai

ciri ciri pohon maple bonsai

Mengubah pohon maple Jepang atau Acer palmatum menjadi bonsai memang sangat cantik untuk dilihat. Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang ingin memiliki tanaman namun tidak ada lahan untuk menanamnya.

Memang ada banyak jenis tanaman yang akan terlihat cantik dijadikan bonsai seperti salah satunya pohon maple Jepang. Pohon maple berukuran mungil ini akan tumbuh sama persis dengan versi normal dan daunnya juga akan berubah warna ketika gugur. Untuk anda yang tertarik, berikut kami berikan step by step untuk mengubah pohon maple Jepang menjadi bonsai selengkapnya.


1. Pilih Batang Maple untuk Dicangkok

ciri ciri pohon maple bonsai
Sumber: gardenatoz.com
Langkah pertama untuk mencangkok pohon maple Jepang yang harus anda lakukan adalah memilih batang berkayu lunak dari kultivar maple yang anda pilih. Pilihlah cabang dengan bentuk yang menarik dan diameter sekitar jari kelingking anda.

Buat menjadi beberapa cangkokkan sebagai cadangan dan untuk memastikan jika salah satunya bisa tumbuh terbaik karena terkadang akar pohon bisa lemah, membusuk atau bahkan sama sekali tidak tumbuh.

Hal yang perlu anda ketahui, kultivar dari pohon maple Jepang yang memiliki daun merah ini biasanya mempunyai jaringan akar yang lemah dan umumnya harus diokulasi ke batang bawah dari pohon lain.

2. Pesiapan Cangkok

ciri ciri pohon maple bonsai
Sumber: herons.co.uk
Jika batang sudah anda pilih, maka langkah selanjutnya adalah persiapan untuk mulai mencangkok. Buatlah irisan mengelilingi pangkal batang di tempat nantinya akar akan tumbuh. Iris melingkari kulit kayu hingga ke kayu keras di bagian dalamnya.

Lanjutkan dengan membuat satu irisan lagi di bawah irisan pertama sejauh 2 kali besar batang. Kemudian, lanjutkan dengan membuat satu iris garis lurus lagi untuk menghubungkan irisan pertama dengan kedua. Kupas kulit kayu yang ada di antara kedua irisan yang umumnya bisa anda lakukan secara mudah. Pastikan untuk tidak menyisakan lapisan kambium yakni lapisan berwarna hijau yang ada di bawah kulit kayu sama sekali.


3. Tunggu Hingga Akar Tumbuh


Taburi hormon akar bubuk atau juga bisa dengan mengoleskan gel untuk akar hormon di bagian atas batang yang telah diiris tadi. Bungkus bagian ini dengan sabut kelapa atau lumut sphagnum lalu tutup kembali dengan plastik serta ikat supaya kuat.

Baca Juga :

Pastikan untuk menjaga sabut kelapa atau lumut tersebut tetap dalam kondisi yang basah dan sesudah beberapa minggu, anda bisa melihat akar sudah mulai tumbuh lewat plastik. Jika tidak memiliki lumut, anda juga bisa memakai kompos berpasir yang berkualitas dan pastikan juga untuk menjaga kompos tetap dalam kondisi lembap. Nantinya, akar akan mulai tumbuh antara 2 hingga 3 minggu apabila cangkokan tersebut sehat dan tetap lembap serta hangat.


4. Tanam Bonsai Pohon Maple


Sesudah semakin banyak akar yang keluar dan berwarna kecoklatan, maka segera potong cangkokan dengan cara stek tepat di bagian bawah akar yang baru saja tumbuh. Susun kerikil pada dasar pot sebagai drainase dan jugaa humus yang berkualitas yakni terbuat dari campuran 80% kulit kayu serta 20% gambut yang sama sama bisa merangsang pertumbuhan akar berserat halus serta menghasilkan drainase yang bagus.

Kemudian, buka bungkus plastiknya dan jangan sampai menyentuh akar. Tanam pohon maple Jepang yang baru tersebut kemudian tambahkan tanah secukupnya agar tanaman bisa berdiri dengan kuat di dalam pot. Jangan lupa juga untuk menambahkan lumut sphagnum kedalamnya khususnya jika anda tinggal di lingkungan dengan kadar air mineral yang tinggi.

Pastikan untuk menancapkan batang turus kecil agar pohon maple bisa berdiri dengan sempurna selagi tumbuh karena gerakan sekecil apapun nantinya bisa merusak akar pohon maple yang masih rapuh.

5. Letakkan di Area yang Sesuai

Anda bisa mencari area di luar ruangan yang paling cocok untuk menyimpan bonsai pohon maple Jepang seperti di taman atau beranda. Namun, bonsai maple Jepang ini bukanlah tanaman yang cocok diletakkan di dalam rumah karena hanya bisa disimpan selama 1 hingga 2 hari kemudian harus kembali dibawah ke luar ruangan.

Untuk tahun tahun pertama, maka lindungi pohon maple Jepang ini atau beri naungan dari udara yang terlalu dingin setidaknya selama 2 hingga 3 tahun supaya pohon tidak mati. Pastikan juga tidak meletakkan pohon maple ini di area yang terlalu berangin dan jangan letakkan di area yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Beri juga pupuk yang seimbang sesudah tunas mulai muncul. Sedangkan untuk musim dingin atau hujan bisa diberi pupuk yang rendah nutrogen atau tidak mengandung nitrogen sama sekali. Pastikan untuk tidak membuat pohon maple mengalami kekeringan karena harus selalu dalam kondisi yang lembap. Jika memang mungkin, gunakan air hujan untuk menyiram dan bukan air ledeng sebab jauh lebih sehat untuk pohon.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang cara mudah untuk mengubah pohon maple Jepang menjadi bonsai yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan untuk selalu memangkas bonsai pohon maple dengan teratur dan diikat dengan hati hati memakai kawat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Unik Mengubah Pohon Maple Jepang Menjadi Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel