Artikel Pilihan

Ternyata Pohon Kaktus Memiliki Khasiat Untuk Menyehatkan Kulit

ciri ciri pohon kaktus

Jika diminta untuk menyebutkan tanaman apa saja yang hidup di gurun pasir pasti kebanyakan orang akan langsung menjawab pohon kaktus. Ya, tanaman yang memiliki warna hijau ini memang menjadi tanaman khas gurun pasir. Biasanya pohon kaktus yang hidup di gurun pasir memiliki ukuran yang cukup besar.

Selain ukuran dan warnanya, ciri khas lain dari pohon kaktus adalah memiliki banyak duri di seluruh batangnya. Pohon kaktus umumnya berbentuk memanjang dengan empat sisi. Dimana bentuk morfologi pohon kaktus ini membuat pohon kaktus bisa bertahan hidup di area yang sangat kering seperti padang pasir.


Fungsi Dari Bagian-Bagian Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: idntimes.com
Meski pohon kaktus lebih terlihat seperti pohon yang memiliki bentuk sederhana namun ternyata sistem perakaran dan elemen penyusun pohon kaktus cukup rumit.

Dimana setiap bagian pohon kaktus memiliki fungsi tersendiri untuk keberlangsungan hidup pohon kaktus tersebut. Adapun fungsi dari bagian-bagian badan pohon kaktus adalah:


1. Akar pohon kaktus

Tahukah Anda jika pohon kaktus mini memiliki ukuran akar yang lebih besar daripada ukuran akar pohon kaktus biasa? Akar pada pohon kaktus berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah. Biasanya pohon kaktus memiliki ukuran akar 10 cm saja. Namun pada beberapa jenis kaktus, ukuran akarnya mencapai 2 meter.


2. Duri dan bunga pohon kaktus

Duri pada pohon kaktus tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Namun duri pohon kaktus berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari para herbivora. Sedangkan fungsi dari bunga pohon kaktus adalah alat reproduksi pohon kaktus. Dimana bunga ini terletak dibagian aerola atau ketiak pohon kaktus yang tidak ada tangkai bunganya.


3. Batang pohon kaktus

Bagian pohon kaktus yang memegang peran paling banyak dalam keberlangsungan pohon kaktus yaitu bagian batang. Batang pohon kaktus bisa menampung air dalam jumlah yang sangat banyak. Dimana pada batang ini terdapat lapisan lilin yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air dan melindungi pohon dari sinar matahari.

Di dalam batang pohon kaktus terdapat jaringan spoon. Dimana saat musim kemarau maka spoon ini akan mengkerut karena air yang di tampung berkurang. Sedangkan saat musim penghujan jaringan spoon ini akan mengembang karena terisi air.

Baca Juga :

Pada malam hari pohon kaktus akan membuka stomatanya untuk mengambil karbondioksida. Dimana karbondioksida ini nantinya akan digunakan sebagai zat fotosintesis pohon kaktus di siang hari.


Khasiat Pohon Kaktus Untuk Kesehatan Kulit Tubuh

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: hot.liputan6.com

Pernahkah Anda mendengar khasiat tentang pohon kaktus? Salah satu khasiat dari pohon kaktus yang paling populer yakni bisa dibuat jus dan menyehatkan organ tubuh. Namun ternyata khasiat pohon kaktus tidak berhenti di situ saja. Beberapa manfaat pohon kaktus untuk kesehatan kulit tubuh, yaitu:


1. Berfungsi untuk anti inflamasi

Inflamasi atau peradangan pada kulit wajah bisa menimbulkan efek yang sangat buruk seperti penuaan dini. Untuk mengatasinya, gunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan ekstrak kaktus didalamnya. Kandungan flavonoid pada ekstrak pohon kaktus bisa mengatasi terjadinya inflamasi di kulit wajah Anda.


2. Melindungi kulit dari radikal bebas

Pohon kaktus memiliki kandungan vitamin E, flavonoid, dan antioksidan. Dimana antioksidan pada pohon kaktus ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas seperti polusi asap rokok, polusi udara, hingga paparan sinar UV. Sedangkan flavonoid dan vitamin E bermanfaat untuk mengembalikan kondisi kulit yang sudah rusak.


3. Memperbarui sel kulit yang rusak

Antioksidan yang tinggi pada pohon kaktus tidak hanya berfungsi untuk menangkal radikal bebas saja. Namun kandungan antioksidan juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit mati pada tubuh. Produk-produk kecantikan dari ekstrak pohon kaktus juga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Beberapa manfaat pohon kaktus untuk kulit diatas memang sangat berguna untuk wanita dan laki-laki. Apalagi saat ini polusi udara sudah semakin parah, jadi tidak ada salahnya jika merawat kulit tubuh dengan menggunakan produk dari pohon kaktus.

Saat ini sudah ada banyak sekali toko-toko perawatan tubuh online yang menjual produk kecantikan dari ekstrak kaktus. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ternyata Pohon Kaktus Memiliki Khasiat Untuk Menyehatkan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel