Artikel Pilihan

Pohon Gaharu Langka Di Indonesia

Ciri Ciri Pohon Gaharu

Pohon gaharu langka sering kali menjadi suatu topik pembahasan khusus, terutama bagi para pengusaha ekspor gaharu dan juga siapa saja yang memanfaatkan atau mengolahnya. Keunikan pohon gaharu memang telah dikenal hingga sampai ke negara asing. Terlebih lagi segala manfaat yang bisa diberikan oleh pohon gaharu menjadi suatu daya tarik sendiri bagi bagi banyak peminatnya.

Sejumlah manfaat yang diberikan oleh tanaman gaharu kepada masyarakat tampaknya semakin membuat gaharu sering dicari dan diburu. Penebangan pohon gaharu pada akhirnya semakin meluas dan bahkan bisa saja tidak terkontrol. Akibatnya keberadaan pohon gaharu di tanah air semakin berkurang dan kemudian cenderung punah. Inilah salah satu pemicu dan penyebab pohon gaharu langka di Indonesia.

Asli dari Indonesia Yang Makin Punah

Pohon gaharu langka sebenarnya berasal dari Indonesia. Pohon ini bisa tumbuh dengan subur di tanah air sebab pohon gaharu pada dasarnya merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di daerah beriklim tropis. Termasuk di antaranya negara kita ini. Oleh karena itu Anda bisa menemukan persebaran gaharu di Indonesia dengan lebih mudah. Namun sayangnya keberadaannya saat ini semakin berkurang.



Jumlah penebangan pohon gaharu rupanya lebih besar daripada jumlah pembibitan. Hal ini merupakan dampak dari adanya penjualan kayu gaharu yang umumnya sampai ke berbagai negara di dunia. Kualitas gaharu memang dikenal sampai ke mancanegara, sehingga tidak heran jika sangat banyak permintaan dari masyarakat asing terhadap tanaman ini.

Sampai sekarang ini rupanya ada banyak pohon gaharu yang diperjualbelikan baik di wilayah lokal hingga ke mancanegara. Berbagai pohon gaharu ini diolah sehingga bisa menjadi sesuatu yang sekiranya bisa bermanfaat untuk aneka macam tujuan. Banyak hasil dari pohon gaharu yang kemudian diolah. Baik sebagai bahan pembuatan obat tradisional maupun sebagai minyak.

Bahkan limbah yang dihasilkan oleh penyulingan minyak gaharu juga masih bisa diolah hingga menjadi bahan kosmetik serta hio dan dupa. Tak disangka pohon gaharu langka yang berasal dari Kepulauan Nusantara ini sangat banyak manfaatnya sehingga bisa diolah menjadi apa saja.

Banyak Manfaat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat dari pohon gaharu sebenarnya cukup banyak. Kebanyakan masyarakat tanah air memanfaatkannya sebagai bahan dasar dari pengobatan tradisional. Biasanya masyarakat memanfaatkan buahnya untuk dijadikan sebagai bahan obat. Buah gaharu direbus dengan menggunakan air sehingga air rebusan bisa dikonsumsi. Konsumsi air rebusan buah gaharu dipercaya dapat meringankan dan mengobati segala jenis penyakit termasuk stroke.

Selain itu kayu gaharu yang dijadikan serbuk atau serpihan juga bisa bermanfaat dan dijadikan sebagai minyak gaharu. Proses penyulingan minyak gaharu ini akan menghasilkan limbah. Seluruh limbah dari proses penyulingan minyak gaharu akan diolah hingga menjadi bahan dasar kosmetik sedangkan ampasnya dijadikan hio atau dupa. Tidak hanya itu saja tetapi kayu gaharu yang sangat kuat juga seringkali diperjualbelikan untuk dijadikan sebagai bahan pembuat mebel.



Budidaya Pohon Gaharu Langka

Untuk mengatasi pohon gaharu langka dari kepunahan sudah tentu solusi terbaik adalah dengan membudidayakannya. Budidaya pohon gaharu tentu akan menjadi suatu pilihan terbaik untuk mengatasi kelangkaan gaharu di masa sekarang ini. Namun tentunya budidaya ini perlu dilakukan dengan langkah yang tepat. Sebelum melakukan budidaya gaharu tentu Anda harus memahami berbagai hal mengenai pohon gaharu. Budidaya gaharu yang dilakukan secara tepat tentu akan membuat tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang bermanfaat bagi manusia.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: stewartflowers.net
Menanam gaharu mungkin bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Misalnya saja dengan menanam biji gaharu atau dengan menumbuhkan bibit tanaman gaharu. Tanaman gaharu ini harus dirawat dengan cara yang benar sehingga bisa tumbuh dengan baik. Salah satu cara melakukan perawatan adalah dengan memperhatikan intensitas penyiraman selama tidak turun hujan. Tanaman gaharu bisa disiram sekali saja dalam sehari. Sertakan pula anti jamur dalam air sehingga tanaman gaharu bisa bebas dari jamur.

Melakukan budidaya pohon gaharu langka memang menjadi tugas bersama. Sehingga keberadaan jenis pohon yang satu ini tidak makin menipis. Dengan budidaya yang tepat, maka kelak berbagai macam jenis pohon gaharu tetap dapat dinikmati manfaatnya oleh anak cucu kita.

Belum ada Komentar untuk "Pohon Gaharu Langka Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel