Artikel Pilihan

Cara Paling Tepat Menanam Pohon Kaktus Dari Biji

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus atau yang memiliki nama latin Cactaceae adalah tanaman yang akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang cenderung lembab. Namun bukan berarti pohon kaktus tidak bisa hidup di lingkungan gersang. Justru tanaman inilah yang banyak ditemukan di area padang pasir yang sangat minim air.

Kemampuan batang kaktus untuk menyerap air dan menyimpan di rongganya merupakan kunci utama mengapa pohon kaktus tetap hidup di padang pasir. Kini pohon kaktus tidak hanya menjadi tanaman padang pasir saja. Namun pohon kaktus sudah berubah menjadi bahan baku minuman dan makanan serta menjadi tanaman hias.


Cara Mendapatkan Biji Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: thegorbalsla.com
Menanam pohon kaktus yang berasal dari biji di sebut sebagai cara menanam generatif. Cara generatif memang lebih lama tumbuhnya daripada cara vegetatif. Bahkan Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun untuk bisa melihat bunga dari pohon kaktus.

Namun peluang keberhasilan pertumbuhan pohon kaktus lebih besar. Untuk menggunakan cara tanam generatif atau dari biji ini maka Anda harus telaten dan sabar. Adapun cara untuk mendapatkan biji pohon kaktus, yaitu:


1. Beli di toko perlengkapan kebun

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan biji pohon kaktus adalah dengan membelinya di toko perlengkapan kebun. Biasanya toko perlengkapan kebun tidak hanya memiliki satu jenis pohon kaktus. Atau Anda juga bisa membeli biji pohon kaktus di marketplace dan website toko perkebunan online.


2. Membelah polong buah pohon kaktus

Anda juga bisa mendapatkan biji pohon kaktus dari polong atau buah pohon kaktus yang sudah matang. Polong ini terletak di bunga pohon kaktus dan ketika bunga telah gugur maka tandanya polong sudah siap untuk di panen. Petik polong sebelum kering agar biji pohon kaktus tidak rusak.

Usahakan saat Anda memetik polong atau buah pohon kaktus kondisi polong tersebut masih sedikit lembab. Kemudian buka polong dari bagian atas dengan menggunakan pisau dan sisir menyamping. Lalu ambil biji pohon kaktus dengan menggunakan sendok ataupun garpu.

Proses Penanaman Biji Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: dekoruma.com
Biji pohon kaktus biasanya bewarna gelap pekat ataupun agak gelap. Apabila Anda sudah mendapatkan biji pohon kaktus maka Anda bisa mulai proses penanamannya. Langkah-langkah menanam biji pohon kaktus adalah:


1. Siapkan tanah dengan daya serap yang tinggi

Pohon kaktus adalah tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Alhasil jika Anda tidak menggunakan tanah yang mudah menyerap air maka tanaman bisa mati. Apalagi untuk jenis kaktus gurun maka Anda harus benar-benar memperhatikan jenis tanah yang Anda gunakan. Tidak boleh ada genangan air setelah Anda menyiramnya.

Campuran tanah yang baik untuk menanam pohon kaktus adalah tanah dengan campuran granit dan juga batu apung. Atau Anda bisa membeli jenis tanah pastir di toko perlengkapan tumbuhan. Kemudian gemburkan tanah agar tidak menggumpal dan lebih mudah digunakan untuk menanam pohon kaktus.

Baca Juga :

2. Tanam biji pohon kaktus

Cara menanam biji pohon kaktus berbeda dengan cara menanam biji tumbuhan yang lain. Untuk biji pohon kaktus cukup sebar diatas tanah yang sudah di gemburkan dan tutup dengan tanah lagi namun tipis saja. Biji pohon kaktus tidak perlu dikubur pada kedalaman tanah.

Ini karena biji pohon kaktus memiliki cadangan energi yang sangat sedikit. Jadi jika Anda menanamnya terlalu dalam maka biji pohon kaktus akan kehabisan energi sebelum bisa tumbuh di permukaan tanah.


3. Tutup wadah penanaman pohon kaktus

Untuk menutup wadah penanaman pohon kaktus maka Anda bisa menggunakan plastik yang bening. Kemudian letakkan wadah di bawah jendela yang terkena paparan sinar matahari.

Namun hindari paparan sinar matahari secara langsung ke bibit pohon kaktus Anda. Cukup jemur bibit pohon kaktus Anda selama beberapa jam sehari. Sedangkan untuk jenis pohon kaktus tropis membutuhkan suhu 21-24° Celcius untuk bisa tumbuh.

Biasanya bibit pohon kaktus membutuhkan waktu 2 sampai 3 minggu untuk bisa menumbuhkan kecambah. Namun tidak jarang ada bibit pohon kaktus yang baru berkecambah dalam hitungan bulan. Lama atau tidaknya pertumbuhan pohon kaktus tergantung jenis bibit kaktus yang Anda pakai.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Tepat Menanam Pohon Kaktus Dari Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel