Artikel Pilihan

Dampak Positif Pohon Gaharu Bagi Lingkungan Maupun Manusia

Dampak positif pohon gaharu bisa Anda dapatkan jika memang Anda melakukan budidaya gaharu. Pohon gaharu memang merupakan jenis tanaman yang kaya akan manfaat. Banyak bagian dari tanaman gaharu ini yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi segala keperluannya.

Tanaman berjenis Aquilaria ini memang menjadi salah satu jenis tanaman yang bahkan dikenal hingga oleh masyarakat dari luar negeri. Pengiriman hasil budidaya gaharu tidak hanya dilakukan di dalam negeri saja tetapi sudah merambah ke luar negeri. Segala hasil dari tanaman gaharu dikenal berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

ciri ciri pohon gaharu

1. Nilai jual tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pohon gaharu memiliki banyak sekali manfaat. Seluruh bagian dari pohon ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Mulai dari bagian batang hingga daun dan buahnya hingga saat ini masih banyak dicari dan diburu orang. Hal inilah yang membuat pohon gaharu memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Terlebih lagi untuk pohon gaharu berkualitas super yang dikenal bisa memberikan hasil kayu berkualitas tinggi.

Kayu yang dikenal berkualitas dari pohon gaharu biasa bisa dibanderol dengan harga ratusan ribu per kg. Sedangkan untuk pohon gaharu super akan menghasilkan kayu yang dibanderol dengan harga ratusan juta rupiah per kg. Dampak positif pohon gaharu tampaknya bisa dirasakan secara langsung teruatam dalam hal keuntungan finansial.


2.Mudah dirawat

Tak hanya bernilai tinggi saja tetapi pohon gaharu rupanya juga mudah dirawat. Organisme pengganggu tanaman atau yang biasa disingkat OTP pada pohon gaharu dikenal paling mudah untuk dikendalikan. OPT ini sering pula disebut sebagai hama.

Umumnya hama pada pohon gaharu dapat dikendalikan dengan lebih mudah bahkan sangat mudah. Sebab hama pada tanaman gaharu ini tidak begitu banyak seperti halnya hama pada tanaman hortikultura dan pada tanaman pangan. Hama pada pohon gaharu umumnya sangat kecil sekali. Hal ini tentu akan membuat pembudidaya tanaman gaharu menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan gaharu.


3. Biaya operasional rendah

Satu lagi dampak positif pohon gaharu yaitu biaya operasional yang dibutuhkan relatif rendah. Biaya operasional gaharu bahkan tergolong rendah bila dibandingkan dengan biaya operasional untuk tanaman lainnya. Anda bisa membudidayakan gaharu tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Jika ditelusuri secara lebih lanjut diketahui bahwa biaya operasional yang dibutuhkan untuk melakukan budidaya gaharu tidak lebih dari 250 ribu per pohon. Biaya ini bahkan sudah termasuk biaya untuk pembelian pestisida dan juga biaya untuk melakukan pembelian pupuk. Oleh karena itu Anda yang berniat untuk membudidayakan gaharu tentu bisa melakukannya dengan modal yang tidak begitu besar.

Baca Juga :

4. Bisa ditanam di lahan sempit

Bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas untuk menanam pohon gaharu tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan penanaman pohon gaharu di lahan yang terbatas atau bahkan lahan yang sempit. Tanaman gaharu memang bisa ditanam di lahan yang tidak luas. Pada lahan yang sempit saja Anda bisa menanam 5 sampai dengan 10 pohon gaharu.

Jumlah pohon gaharu yang sedikit ini tetap akan memberikan keuntungan bagi Anda nantinya. Terutama bila Anda bisa merawatnya dengan baik dan memulai penanamannya dengan menggunakan bibit berkualitas yang telah bersertifikat. Dampak positif pohon gaharu meski ditanam di lahan yang relatif sempit tidak akan berkurang. Justru pohon gaharu ini nantinya akan memberikan keuntungan bagi Anda hingga Anda bisa memperluas lahan gaharu milik Anda.

5. Bermanfaat bagi manusia

Tanaman gaharu yang kaya akan manfaat sangat membantu Anda dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidup. Termasuk pula di bidang kesehatan yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Anda bisa memanfaatkan daun dan buah yang merupakan hasil dari tanaman gaharu untuk digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Dampak positif pohon gaharu memang salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan manusia. Anda bisa merebus daun atau buah gaharu untuk diambil ekstraknya dan kemudian dikonsumsi. Dengan mengonsumsi ekstrak daun atau buah gaharu maka Anda bisa mencegah segala macam penyakit.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: pohongaharu.blogspot.com
Dampak positif pohon gaharu baik bagi lingkungan maupun manusia rupanya cukup banyak. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba untuk menanam jenis pohon yang satu ini. Sehingga bisa mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif Pohon Gaharu Bagi Lingkungan Maupun Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel