Artikel Pilihan

Jenis Pohon Pinus yang Mungkin Kamu Belum Tahu, Ternyata Ada Puluhan!

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus banyak kita temui di Indonesia, apalagi di dataran tinggi. Bahkan kini banyak yang mengabadikan momen spesial di hutan pohon pinus. Tak heran, karena pohon pinus ini memang sangat instagramable buat foto-foto bersama keluarga.

Namun, tahukah kamu, jika pohon pinus ternyata banyak sekali jenisnya. Tidak hanya satu-dua. Ada berbagai jenis pohon pinus yang ada di dunia ini, jumlahnya sampai puluhan jenis.

Ada kecenderungan saat kita melihat pohon yang berbentuk kerucut, pasti menyebutnya sebagai pohon pinus. Padahal, belum tentu. Nah, sudahkah kamu tahu, jenis pinus apa saja yang ada di dunia? Berikut merupakan beberapa jenis pohon pinus yang mungkin belum kamu ketahui:

Pinus Putih Timur

ciri ciri pohon pinus putih  timur
Sumber : 123rf.com
Pohon pinus putih ini tumbuh cepat dan berumur panjang. Jenis pohon pinus putih satu ini adalah salah satu yang paling penting di Amerika Utara karena digunakan untuk kayu atau keperluan lanskap.

Baca Juga :

Salah satu alasan kenapa pohon pinus jenis ini banyak dicari adalah mudah dipangkas dan bisa menjadi bagian yang baik dari hutan lindung. Pohon pinus ini punya lima jarum per bundelnya. Berasal dari daerah Amerika Utara dan Kanada. Tingginya mencapai 15-30 meter. Karena tidak tahan terhadap polusi, pohon ini sering ditemukan di dataran tinggi.


Pinus Aleppo

Pinus Aleppo juga dikenal sebagai pinus Jeruselum. Pohon pinus satu ini merupakan salah satu pohon pinus yang tahan dengan kekeringan. Di beberapa bagian dunia, Pohon Pinus Aleppo dianggap sebagai spesies invasif, karena punya kebiasaan mengambil alih wilayah yang terbakar oleh api.

Pohon pinus ini adalah pohon yang sangat berharga di wilayah yang punya iklim panas seperti California Selatan. Jarum pohon pinusnya berwarna hijau kekuningan. Pohon pinus Aleppo juga termasuk pohon yang besar dengan bentuk kerucut dan tingginya 9 hingga 18 meter.


Pinus Coulter

Pohon Pinus Coulter adalah pohon pinus yang berukuran besar dengan bentuk kerucut yang tidak beraturan, sangat besar dan berat. Pohon pinus ini juga dikenal dengan nama pinus kerucut besar, pinus kacang, pinus pitch, dan pinus tebas. Pohon Pinus Coulter berasal dari pegunungan pesisir California dan Baja California Utara Meksiko.

Perlu kamu ketahui, pohon pinus Coulter ini bisa tumbuh di semua tanah termasuk tanah liat yang berat tetapi lebih menyukai tanah berbatu di ketinggian sedang. Banyak juga yang menanam jenis ini sebagai pohon hias di taman dan kebun besar, lalu digunakan sebagai kayu bakar. Tinggi pinus Coulter mencapai 12 hingga 30 meter.

Pinus Nigra

Pinus Nigra atau juga sering dikenal sebagai pohon pinus Austria ini memiliki ukuran yang sedang hingga besar. Ia juga sering disebut sebagai pinus hitam Eropa. Pohon pinus Nigra berasal dari daerah asli Eropa Selatan, Afrika Utara, Siprus dan Turki. Pinus Austria bisa menghasilkan udara yang sangat segar. Tapi pohon ini sangat rentan dengan berbagai hama dan penyakit. Sedangkan ciri khas dari Pinus Austria yaitu memiliki dua jarum berumbai padat per bundelnya. Pohon pinus ini bisa tumbuh 12 hingga 30 meter.

Pinus Aristata

Pohon pinus Aristata ini berbeda dengan pohon pinus lainnya. Ia tumbuh lambat tapi berumur sangat panjang. Pohon pinus Aristata adalah jenis yang asli dari Pegunungan Rocky selatan. Kalau kamu mau menjadikannya sebagai pohon lanskap, jenis pohon pinus ini adalah pilihan yang sempurna. Kamu bisa membiarkannya tumbuh hingga seukuran pohon kecil.

Pohon pinus Aristata ini juga dikenal sebagai Pinus Bristlecone atau pinus hickory di beberapa daerah. Jenis pohon satu ini merupakan salah satu tanaman hidup tertua yang berumur lebih dari 4000 tahun. Tingginya mencapai 24 meter hingga 90 meter.

Pinus Pulau Canary

Pohon pinus yang berasal dari Pulau Canary ini sangat besar dan secara bertahap mengembangkan kanopi, bentuknya seperti seperti payung dalam kondisi hampir tertutup. Pohon pinus satu ini adalah pohon yang sangat kuat dan tahan lama. Ia juga bisa bertahan di sebagian besar jenis tanah. Namun, pohon ini tidak tahan dingin.

Jenis ini banyak ditanam karena memiliki kayu aromatik yang sangat berharga. Ia berasal dari kepulauan Canary, Spanyol. Pohon pinus pulau canary bisa tumbuh 15 meter hingga 24 meter.Jenis ini banyak ditanam karena memiliki kayu aromatik yang sangat berharga. Ia berasal dari kepulauan Canary, Spanyol. Pohon pinus pulau canary bisa tumbuh 15 meter hingga 24 meter.

Pinus Chir

Pohon pinus yang berukuran besar ini berasal dari Himalaya dan merupakan salah satu pohon pinus yang sangat penting. Meski jenis kayunya lebih rendah daripada pinus lainnya, kayu pohon pinus satu ini sering ditanam.

Pasalnya, kayu pohon pinus ini biasa digunakan untuk pembuatan furnitur dan konstruksi. Pohon pinus Chir juga sering dikenal dengan pinus imodi. Ia berasal dari wilayah Himalaya di Asia seperti Afghanistan, Bhutan, Cina, India, Myanmar, Nepal.

Nah, demikian adalah beberapa jenis pohon pinus yang mungkin belum kamu ketahui. Selain jenis pohon pinus tersebut, masih ada puluhan jenis lainnya dari negara lain di dunia.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis Pohon Pinus yang Mungkin Kamu Belum Tahu, Ternyata Ada Puluhan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel