Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Pinus Gunung (Pinus mugo) Di Alam Liar

Pinus Mugo

Pinus gunung atau yang akrab kita kenal dengan nama Pinus mugo (Pinus mugo) adalah satu dari sekian banyak spesies pohon pinus gunung yang berasal dari barat daya ke Eropa Tengah dan Eropa Tenggara. Ia adalah pohon konifer yang paling sering digunakan sebagai objek bonsai.

Penyebaran pinus mugo meliputi zona subalpine Pyrenees, Alps, Erzgebirge, Carpathians, Apennine utara dan tengah, dan pegunungan Semenanjung Balkan yang lebih tinggi seperti Rila, Pirin, Korab, Prokletije, dll.

Pohon pinus mugo biasanya ditemukan pada ketinggian 1.000 hingga 2.200 m dpl, kadang-kadang juga pada dataran serendah 200 m dpl di utara Jerman dan Polandia. Dan pada dataran tinggi lebih dari 2.700 m dpl di selatan Bulgaria dan Pyrenees.



Pinus mugo banyak ditanam di pesisir Denmark untuk menstabilisasi bukit pasir, dan telah dinaturalisasi dan menjadi spesies yang invasif.

Ada tiga subspesies yang saat ini berhasil di identidikasi, itu adalah :


  • Pinus mugo subsp. mugo - Tumbuh di timur dan selatan dari jajaran Alpen selatan & timur hingga ke Semenanjung Balkan. Pertumbuhan pohonnya rendah (tidak lebih dari 6 meter), membentuk semak, bertangkai banyak, dan kerucut simetris.
  • Pinus mugo subsp. uncinata - Tumbuh di barat dan utara dari jajaran Pyrenees timur laut ke Polandia, pohonnya tumbuh besar (hingga 20 meter), biasanya bertangkai tunggal dengan kerucut asimetris, dan kulit buahnya jauh lebih tebal dari spesies yang lain. Karena perbedaannya yang agak jauh, beberapa ahli botani memperlakukan subspesies ini sebagai spesies yang terpisah, yaitu Pinus uncinata.
  • Pinus mugo subsp. rotundata - Ini adalah subspesies hibrida, hasil dari dua subspesies di atas yang saling bertingkat secara ekstensif di pegunungan Alpen bagian barat dan Carpathians utara.


Pinus mugo banyak dibudidayakan untuk dijadikan sebagai tanaman hias pekarangan atau di dalam pot. Pohonnya juga seringkali digunakan dalam lanskap gaya taman Jepang, dan lebih banyak dipakai sebagai pohon bonsai.

Pohon pinus mugo digolongkan sebagai konifer liar yang menyebar sebagai spesies invasif di dataran tinggi Selandia Baru, pesisir Denmark, dan daerah lain di Skandinavia.


Ciri Ciri Daun Pinus Mugo


Ciri Ciri Daun Pinus Mugo
Source : flickr.com/Hauke Lass

Dedaunannya berwarna hijau gelap, berbentuk jarum (khas konifer), berpasangan, dan panjangnya antara 3-7 cm.


Ciri Ciri Buah Pinus Mugo


Ciri Ciri Buah Pinus Mugo
Source : flickr.com/Hauke Lass

Kerucut atau buahnya berwarna cokelat muda denganpanjang 2,5-5,5 cm.


Ciri Ciri Pohon Pinus Mugo


Ciri Ciri Pohon Pinus Mugo
Source : Renato Aldo Ferri

Pohonnya tumbuh dalam bentuk yang sangat beragam, namun lebih banyak ditemukan sebagai pohon semak besar yang tumbuh tak lebih dari 5-6 meter di pegunungan kering.



MANFAAT POHON PINUS MUGO :

Tren baru-baru ini adalah penggunaan benih pinus mugo sebagai bahan makanan. Tunas dan buah kerucut muda dipanen dari alam liar di musim semi dan dibiarkan kering di bawah sinar matahari selama musim panas hingga memasuki musim gugur. Setelah benih dari buah tumbuh menjadi kecambah, kemudian direbus menjadi konsentrat dan dikombinasikan dengan gula untuk membuat sirup pinus. Sirup ini biasanya dijual sebagai "sirup biji pinus".


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Pinus Gunung (Pinus mugo) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel