Artikel Pilihan

Begini Ciri Pohon Waru Kecil dan Dewasa

Bagaimana ciri pohon waru yang masih kecil dengan yang dewasa memang cukup berbeda. Malahan perbedaannya tidak hanya soal ukuran saja. Memang benar perbedaan antara pohon yang masih kecil dengan yang sudah dewasa paling jelas terletak pada ukurannya, namun untuk pohon waru ada beberapa pembeda antara keduanya.

Ciri Ciri Pohon Waru

Dalam artikel ini akan dibahas apa saja ciri pohon waru, baik yang masih kecil atau bibit hingga yang sudah dewasa. Dengan mengerti perbedaannya, jika esok Anda melihat pohon waru Anda bisa mengatakan apakah pohon itu masih kecil atau sudah dewasa.

Ciri Pohon Waru yang Kecil

Pohon waru yang masih kecil adalah waru yang berbentuk bibit. Bibit waru bisa ditemui di toko tanaman, atau di seseorang yang membudidayakannya. Anda yang telah menyemaikan bibit waru juga pasti pernah memiliki bibit ini. Berikut beberapa ciri warung yang kecil atau bibit.

1. Belum Berbunga

Waru yang masih kecil tidak bisa memberikan Anda bunga-bunga yang cantik. Memang benar demikian, bunga yang dimunculkan pohon waru bisa dikatakan cukup cantik. Warnanya beragam sesuai dengan spesiesnya.
ciri ciri pohon daun waru
Sumber: cdninstagram.com

Tak hanya itu saja, dari waktu ke waktu bunga dari pohon waru bisa berubah warna. Namun karena masih kecil atau bibit Anda tidak bisa melihat bunganya, karena memang belum saatnya.

2. Batang Pohon

Ciri pohon waru yang masih kecil selanjutnya terletak pada batangnya. Karena masih kecil tentu saja diameter batang yang belum besar, yang mana sama sekali belum terlihat seperti pohon pada umumnya. Pohon waru bisa dikatakan masih kecil apabila batangnya masih berupa perdu. Diameter dari perdu ini tentu saja kecil, kira-kira dua sampai lima sentimeter.

3. Daun Masih Kecil

Pohon waru yang sudah dewasa atau besar memiliki daun yang besar-besar pula. Sebaliknya, waru yang masih kecil daunnya juga kecil.

Ukuran kecil di sini adalah tidak sampai seukuran telapak tangan orang dewasa. Berapa ukuran daun dari pohon waru yang sudah dewasa akan Anda ketahui selanjutnya.


Ciri Pohon Waru Dewasa

Setelah mengetahui apa saja ciri waru yang masih kecil, selanjutnya Anda akan mengetahui apa saja ciri waru bisa dikatakan sudah dewasa. Berikut satu per satu cirinya.

1. Sudah Berbunga

Munculnya bunga pada pohon waru adalah ciri utama yang menandakan pohon waru tersebut sudah dewasa. Di atas memang telah sedikit di singgung, bahwasanya setiap spesies atau jenis waru akan memiliki karakteristik bunga yang berbeda.

Ada yang berwarna cerah, ada pula yang pekat atau tua. Ada yang hanya memiliki kelopak beberapa saja, namun ada yang memiliki banyak kelopak. Ada yang kecil, ada pula yang besar.

2. Batang Sudah Berbentuk Batang Sejati

Tanpa perlu dijelaskan lebih lanjut, Anda pasti sudah paham betul bagaimana ciri batang pohon. Ciri pohon waru dewasa salah satunya adalah batangnya sudah berbentuk batang sejati.

Apa yang dimaksud dengan batang sejati adalah batang yang sudah bertekstur kayu, keras, dan memiliki diameter yang besar. Sulit bagi pohon yang sudah dewasa untuk ditumbangkan, baik oleh manusia maupun oleh keadaan alam.

Baca Juga :


3. Memiliki Daun yang Besar

Pada ciri pohon waru dewasa ini tidak ketinggalan daunnya. Pohon Waru yang sudah besar memiliki daun sejati dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan daun di bibit waru. Adapun ukuran dari daun pohon Waru yang sudah besar kurang lebih setengah sampai satu telapak tangan manusia dewasa. 

4. Akar Menjalar

Dalam ciri pohon waru dewasa juga dibahas tentang perbedaan akarnya. Akar pada waru yang masih kecil tidak melebar kemana-mana. Namun jika waru tersebut sudah besar, akarnya akan membesar dan mulai menjalar kemana-mana. Tenang saja, hal ini tidak akan merugikan apapun atau siapapun yang ada disekitarnya.

Alasannya adalah salah satu alasan mengapa pohon waru disenangi karena jika akarnya melebar tidak akan merusak jalan atau bangunan di sekitarnya. Itulah salah satu ciri pohon waru yang membuat orang lebih memilih pohon ini dibanding pohon lainnya.


Kesimpulan

Antara ciri pohon waru yang masih kecil dengan yang dewasa memang cukup berbeda. Kedepannya Jika Anda melihat pohon waru, Anda sudah bisa mengatakan apakah waru tersebut masih kecil atau sudah dewasa. Waru yang masih kecil biasanya ditanam di dalam polybag, namun yang sudah besar biasanya sudah tertanam di lahan yang sebenarnya atau tanah langsung.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Begini Ciri Pohon Waru Kecil dan Dewasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel