Artikel Pilihan

Usia Pohon Zaitun di Dunia yang Jarang Diketahui

Setiap orang pasti sudah tidak asing dengan nama zaitun. Entah minyak zaitun, buah zaitun ataupun pohon zaitun. Dalam berbagai keyakinan, pohon zaitun juga telah sering disebut dalam masing-masing kitab suci.

Pohon zaitun dianggap sebagai pohon hijau yang dapat hidup abadi. Dari habitat asli yang cenderung kering, pohon zaitun tetap bisa bertaham hidup serta menghasilkan buah yang banyak. Karena muncul berbagai pertanyaan tentang sampai usia berapa pohon zaitun bisa bertahan, maka kami menemukan beberapa fakta berikut :

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Zaitun (Olea europaea) Di Alam Liar

Pohon Zaitun Taman Getsemani

Taman Getsemani terletak di daerah Yerussalem, Israel. Di sini terdapat beberapa pohon zaitun yang telah berusia tua. Bahkan beberapa di antaranya dipercaya oleh umat Kristen sebagai tempat berdoa Yesus. Sehingga tempat ini juga disucikan oleh penduduk setempat.




National Research Council Italia beserta berbagai perguruan tinggi di Italia, tertarik untuk menyelidiki berapa usia dari pohon zaitun di Taman Getsemani tersebut. Penelitian tersebut berlangsung selama tiga tahun lamanya. Dari delapan pohon zaitun yang diteliti, 3 di antaranya diperkirakan telah ada sejak pertengahan abad ke 12.

Pohon-pohon ini diperkirakan telah ada sejak tahun 1092, 1166 dan 1198 dengan menggunakan penanggalan karbon. Tim peneliti tersebut juga mengungkapkan bahwa adanya kemungkinan taman tersebut pernah direnovasi. Meski begitu, pohon zaitun tetap bisa tumbuh kembali. Pohon ini memiliki daya hidup yang kuat. Selama akarnya masih tertancap di tanah, walau batangnya sudah ditebang akan tetap muncul cabang yang baru. Pohon zaitun juga kebal terhadap api.

Pohon zaitun yang telah berusia lebih dari 900 tahun ini, dilaporkan memiliki pertumbuhan yang sehat. Tanaman ini juga bebas dari polusi dan bakteri. Secara alamiah tanaman ini mampu menghalau proliferasi bakteri dan juga serangga.

Pohon Zaitun Stara Maslina

Ciri Ciri Pohon Zaitun

Di kota pelabuhan daerah selatan Montenegro, terdapat sebuah wilayah yang dianggap keramat oleh Penduduk Bar. Di tempat tersebut terdapat pohon zaitun yang diberi nama Stara Maslina.

Stara Maslina ini tumbuh setinggi 10 meter dan jalinan cabang di sekitarnya. Tempat ini saat ini menjadi sebuah situs yang disucikan dan juga sebagai tempat wisata. Masyarakat Bar terbiasa mengadakan upacara pernikahan, upacara dukacita dan berbagai perayaan di bawah pohon zaitun ini.

Baca juga : Tips Aglonema Cepat Beranak

Bagi pasangan yang menikah di bawah pohon ini, mengharapkan adanya kesuburan dan kebahagiaan akan selalu menyertai mereka. Peneliti asal Universitas Istambul, pernah melakukan peyelidikan lebih jauh tentang usia dari pohon zaitun ini. Penelitian ini pernah dilakukan pada tahun 2015. Bagian pohon tertua yang diteliti diperkirakan memiliki usia 2.244 tahun.

Masyarakat sekitar masih memanfaatkan pohon ini untuk diperoleh minyaknya. Buah yang dihasilkan pohon ini masih lebat pada musimnya. Sehingga bisa digunakan untuk konsumsi secara langsung maupun diambil minyak yang terdapat dalam buahnya. Minyak ini bisa dikonsumsi maulun digunakan untuk menyalakan sumbu pelita.

Pohon Zaitun di Milas

Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: bodrumwhite.com
Di daerah Milas provinsi Mugla, Turki, terdapat sebuah pohon zaitun yang tua dan masih menghasilkan buah yang lebat setiap tahunnya. Hal ini membuat para peneliti untuk memeriksa berapa usia dari pohon yang satu ini.

Seorang fisikawan nuklir dari Universitas Ankara melakukan metode luminesensi untuk menentukan usia dari pohon zaitun ini. Sampel yang diambil yaitu dari bagian tanah dan akar kemudian diuji ke laboratorium. Profesor Niyazi Muric beserta tim peneliti Universitas Ankara menemukan bahwa pohon zaitun tersebut telah ditanam sejak 3.000 tahun yang lalu.




Pohon yang dipanggil dengan sebutan Elder Tree dan juga Atau Agac ini masih menghasilkan buah-buahan yang lebat. Buah yang dihasilkan selanjutnya bisa diproses untuk diambil minyaknya. Selama panen terakhir ini, minyak yang dihasilkan dijual 100.000 lira turki per liternya.

Pohon zaitun memang dipercaya sebagai pohon abadi yang tidak mudah mati. Pohon ini juga bisa taham terhadap api. Sudah sejak berabad-abad lalu pohon ini telah hidup dan semakin banyak hingga kini. Ternyata pohon zaitun dapat berusia lebih dari 3.000 tahun lamanya. Walau sudah semakin berkeriput, pohon ini tetap bisa menghasilkan buah dan bermanfaat bagi manusia di sekitarnya.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Usia Pohon Zaitun di Dunia yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel