Artikel Pilihan

Pohon Zaitun Ternyata Bisa Tumbuh di Indonesia

Ciri Ciri Pohon Zaitun

Olives Tree atau juga dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pohon Zaitun adalah tumbuhan berkambium yang biasa dimanfaatkan buahnya. Buah zaitun telah dikenal sejak berabad-abad lalu untuk dikonsumsi. Baik dikonsumsi secara langsung saat masih segar ataupun dikonsumsi dalam bentuk yang telah diawetkan.

Selain itu, zaitun juga terkenal dengan minyaknya yang dihasilkan dari sari buah zaitun. Minyak zaitun juga telah dikenal oleh khalayak ramai untuk dikonsumsi. Minyak zaitun juga terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Tak sampai di situ saja, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan baku alat penerangan.

Anda pasti sudah sering mendengar nama zaitun itu sendiri. Mungkin anda berpikir bahwa zaitun hanyalah cerita yang terdapat di berbagai kitab suci. Bisa juga anda berpikir bahwa zaitun ini tak bisa dijumpai secara langsung di Indonesia. Namun, ternyata pohon zaitun bisa hidup di Indonesia, lho.




Asal Muasal Pohon Zaitun

Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: gardenerspath.com
Pohon zaitun sudah ditemukan berabad-abad lalu. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang masih tumbuh dengan baik hingga kini. Pohon zaitun memang dapat hidup dalam waktu yang cukup lama. Ada yang usianya telah mencapai ribuan tahun lamanya.

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok Untuk Ruangan

Dari hasil penelitian dalam Proceedings of the Royal Society B diperkirakan bahwa pohon zaitun berasal dari daerah timur mediterania. Awalnya tumbuh secara liar, lalu kemudian dibudidayakan di daerah Suriah dan Turki. Di sanalah pohon zaitun mulai berkembang dan menjadi perhatian masyarakat.

Pohon zaitun memiliki habitat asli lingkungan yang panas dan tahan terhadap dingin disertai hujan es ringan. Lahan yang gersang dengan suhu di atas 250 C adalah tempat yang paling mudah bagi zaitun untuk tumbuh dan berkembang. Memang pohon zaitun sangat mudah dijumpai di daratan timur tengah dan eropa.

Pohon Zaitun di Indonesia

Lalu, Indonesia yang merupakan negara tropis ini, apakah bisa ditumbuhi pohon zaitun?
Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: agribisnis-indonesia.com
Jawabannya adalah ya, tentu bisa. Pohon zaitun sangat bisa dikembang biakkan di Indonesia. Namun, terdapat tingkat kesulitan tersendiri serta membutuhkan perhatian khusus untuk menanam pohon zaitun ini. Di Indonesia yang pada dasarnya memiliki curah hujan tinggi dan kondisi udara yang lembab, tidak terlalu baik bagi pohon zaitun.

Sehingga, bagi yang ingin menanam pohon zaitun lebih baik memilih daerah yang memiliki suhu panas dengan curah hujan lebih rendah. Membudidayakan tumbuhan dari mediterania memang harus dengan tingkat kesabaran yang tinggi.

Pohon zaitun yang belum mencapai usia 5 tahun, sangat rentan terhadap penyakit. Apalagi jika terkena hujan di musim penghujan yang ada di Indonesia ini. Suhu akan semakin rendah dan kelembaban udara meningkat.

Untuk membuat pohon zaitun yang mampu bertahan hidup, usahakan gunakan tanah yang kering. Setelah pohon zaitun ditanam, akan lebih baik jika tanaman tersebut diletakkan dalam green house. Kondisikan bahwa tanaman anda memperoleh sinar matahari yang sangat cukup.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Zaitun (Olea europaea) Di Alam Liar

Anda tidak perlu khawatir dalam hal penyiraman pohon zaitun. Pohon ini tidak membutuhkan air dalam jumlah yang besar. Di musim kemarau, anda bisa menyiramnya satu kali sehari. Sedangkan di musim penghujan, jika kondisi udara lembab pohon zaitun bahkan bisa tidak membutuhkan penyiraman. Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan secara berkala.

Pohon zaitun membutuhkan lahan tanam yang cukup lebar. Untuk budidaya, anda bisa menanam pohon zaitun dalam pot atau polybag terlebih dahulu sebelum menanam di tanah secara langsung. Akar pohon zaitun cenderung banyak dan merambat ke berbagai arah. Akan lebih baik saat anda menanam pohon zaitun di lahan terbuka, usahakan memberikan jarak yang cukup antar pohon.




Ternyata, pohon zaitun memang bisa dibudidayakan di Indonesia. Pohon zaitun memiliki buah dan daun yang berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, pohon zaitun juga memiliki harga jual yang tinggi. Dengan membudidayakan pohon zaitun, bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang.

Apalagi, di masa work from home seperti ini pasti ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, bukan? Jadi, apakah anda tertarik untuk menanam pohon zaitun di rumah anda?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Zaitun Ternyata Bisa Tumbuh di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel