Artikel Pilihan

Pohon Kaktus Bisa Menjadi Media Edukasi Untuk Anak-Anak

ciri ciri pohon kaktus

Di dunia ini ada berbagai macam jenis tanaman. Baik itu tanaman yang bisa di rawat dan dijadikan tanaman hias ataupun tanaman beracun yang hidup di hutan belantara. Diantara banyaknya spesies tanaman di seluruh dunia, salah satu jenis tanaman yang kini cukup banyak dijadikan sebagai tanaman hias adalah pohon kaktus.

Banyak pecinta tanaman yang mulai membudidayakan pohon kaktus sehingga muncul beberapa jenis pohon kaktus baru yang cocok untuk tanaman hias. Proses budidaya pohon kaktus memang cukup mudah dan bahkan bisa dilakukan oleh pemula. Namun perawatan pohon kaktus memerlukan kesabaran yang cukup tinggi agar berbunga.

Pelajaran Edukasi Dari Pohon Kaktus Untuk Anak-Anak

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: parenting.orami.co.id
Pohon kaktus merupakan tanaman yang multifungsi. Yakni sebuah tanaman yang bisa berperan sebagai tanaman hias maupun tanaman edukasi. Pohon kaktus memang bisa dijadikan sebagai tanaman edukasi untuk anak-anak. Adapun pelajaran dari pohon kaktus yang bisa diambil dan dijadikan edukasi untuk anak-anak adalah:

1. Edukasi jaga diri dari pohon kaktus

Mungkin kebanyakan orang utamanya anak-anak takut untuk menyentuh pohon kaktus karena duri yang ada di batangnya. Namun nyatanya duri pada pohon kaktus ini tidak ditujukan untuk menyakiti manusia melainkan alat perlindungan diri. Dari sini anak-anak bisa mengambil pelajaran jika menjaga diri sendiri itu penting.

2. Edukasi tanggung jawab dari pohon kaktus

Meletakkan pohon kaktus di kamar anak-anak merupakan pilihan yang tepat. Dimana anak-anak bisa belajar rasa bertanggung jawab untuk menjaga pohon kaktus sejak dini. Anak-anak akan mulai mengerti bagaimana jika pohon kaktus tidak dirawat dan akhirnya mati. Dengan begitu anak-anak bisa lebih menjaga pohon kaktus mereka.

3. Membuat anak-anak untuk lebih rajin

Adanya pohon kaktus di kamar anak-anak tentu saja membuat kamar anak-anak sedikit kotor diwaktu-waktu tertentu. Dari situlah kemudian anak-anak akan mulai rajin untuk membersihkan kamar mereka. Selain itu anak-anak juga akan selalu membersihkan pot pohon kaktus agar tetap bersih dan enak untuk dilihat mata.

4. Menambah rasa kesabaran pada anak-anak

Sudah menjadi sifat alami anak-anak dimana mereka menjadi tidak sabaran ketika meminta sesuatu yang mereka inginkan. Namun dengan memberi anak-anak pohon kaktus untuk dirawat maka anak-anak bisa menjadi lebih sabar. Sebab tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bunga pada pohon kaktus mekar.

Baca Juga :

5. Anak-anak akan lebih mengerti tentang tanaman

Edukasi selanjutnya yang bisa Anda berikan ke anak-anak lewat pohon kaktus yakni anak-anak bisa tahu lebih banyak perihal tumbuh kembang tanaman. Dimana pohon kaktus yang semula ukurannya kecil menjadi lebih besar disuatu hari. Bahkan pohon kaktus bisa menumbuhkan buah dan memekarkan bunga yang cantik pada batangnya.

Jenis Pohon Kaktus yang Cocok Untuk Edukasi Anak-Anak

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: parenting.orami.co.id
Meski pohon kaktus bisa menjadi media edukasi untuk anak-anak namun Anda harus benar-benar menentukan jenis pohon kaktus yang akan Anda gunakan. Sebab ada beberapa jenis pohon kaktus yang mungkin saja bisa menyakiti anak-anak daripada memberi edukasi. Jenis pohon kaktus yang cocok untuk edukasi yaitu:

1. Pohon kaktus mickey mouse

Bentuk pohon kaktus mickey mouse yang sama seperti tokoh kartun ini pasti akan membuat anak-anak tertarik. Selain itu pohon kaktus mickey mouse memiliki ukuran yang kecil jadi lebih mudah di letakkan dimana saja. Duri pohon kaktus mickey mouse juga tumbuh kecil-kecil sehingga anak-anak tidak akan takut merawatnya.

2. Pohon kaktus zebra

Bentuk pohon kaktus zebra mirip dengan tanaman lidah buaya namun ada belang-belang pada batang pohon kaktus ini sehingga dijuluki sebagai kaktus zebra. Pohon kaktus zebra bisa menjadi pilihan pohon kaktus untuk media edukasi pada anak-anak karena minimnya duri di batangnya.

3. Pohon kaktus ariocarpus

Apabila Anda ingin memberikan edukasi dengan cara yang paling aman menggunakan pohon kaktus jenis yang cocok adalah pohon kaktus ariocarpus. Tanaman kaktus ini tidak memiliki duri sama sekali pada batangnya namun punya bunga yang sangat indah saat sudah mekar.

Menjadikan pohon kaktus sebagai tanaman untuk belajar pada anak-anak bukanlah hal yang salah. Meski pohon kaktus memiliki duri yang banyak namun Anda bisa mengatakan pada anak-anak untuk tetap berhati-hati ketika akan merawatnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Kaktus Bisa Menjadi Media Edukasi Untuk Anak-Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel