Artikel Pilihan

Inilah Manfaat Konsumsi Pohon Kaktus Secara Rutin Untuk Kesehatan

ciri ciri pohon kaktus

Sekarang ini memakai kaktus sebagai tanaman hias bukanlah hal yang aneh lagi. Bahkan pohon kaktus tidak hanya ditanam di luar ruangan saja namun juga di letakkan di dalam ruangan. Karena memang pohon kaktus hias bisa membuat rumah menjadi lebih bewarna dengan suasana yang berbeda dari sebelumnya.

Tidak semua pohon kaktus memiliki ukuran batang yang besar namun ada beberapa jenis kaktus yang justru hanya mampu tumbuh beberapa cm saja. Nah, kaktus dengan ukuran mini inilah yang sering dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Meskipun jenisnya kaktus mini namun tetap ada bunga yang tumbuh diatasnya.

6 Manfaat Pohon Kaktus Untuk Kesehatan Jika Dimakan

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: suara.com
Percayakah Anda jika pohon kaktus bisa dimakan? Ya, ada beberapa jenis pohon kaktus yang bisa dimasak menjadi tumis ataupun di blender dijadikan jus. Meskipun diubah menjadi makanan namun khasiat yang ada di dalam pohon kaktus masih ada. Sedangkan manfaar pohon kaktus jika dimakan adalah:

1. Memberantas sel kanker

Beberapa jenis sel kanker yang bisa di sembuhkan oleh ekstrak pohon kaktus seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker hati, dan juga kanker payudara. Kandungan anti oksidan pada pohon kaktus inilah yang bisa memberantas sel kanker dalam tubuh. Bahkan hal ini sudah dibuktikan dari penelitian pada tahun 2009.


2. Penetralisir minuman keras

Di Indonesia minum minuman keras memang dilarang namun di luar negeri hal ini sangatlah wajar. Efek dari minuman keras bisa membuat kepala pusing dan tubuh menjadi lemas. Di Amerika Latin banyak yang mengkonsumsi kaktus sebagai minuman penetralisir minuman keras yang sudah masuk ke dalam tubuh.

3. Penurun kolesterol

Mengkonsumsi pohon kaktus secara teratur bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Jika HDL meningkat maka LDL atau kolesterol jahat menurun. Hasilnya kadar kolesterol di tubuh Anda bisa menurun. Dan tubuh terasa lebih ringan serta lebih sehat dari sebelumnya. Ini karena pohon kaktus mengandung pektin dan juga serat.

4. Mengobati obesitas

Obesitas adalah penyakit yang berbahaya dan bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik lagi. Beberapa kasus dari obesitas bisa membuat penderitanya terkena serangan jantung hingga penyakit kronis lain. Untuk itu agar obesitas dibadan Anda menghilang maka konsumsi pohon kaktus secara rutin agar hasil maksimal.

Baca Juga :

5. Gula darah menurun

Mengkonsumsi pohon kaktus tidak hanya bisa menurunkan kadar kolesterol namun juga bisa menurunkan kadar gula darah. Kandungan serat dan pektin pada pohon kaktus akan membuat penyerapan gula menjadi sedikit. Selain itu pohon kaktus juga bisa mengontrol zat gikemik sehingga kadar gula dalam tubuh tidak meningkat secara drastis.

6. Menangkal radikal bebas

Pohon kaktus memiliki kandungan quercetin tri metil dan dihydroquercetin yang bisa melindungi sel otak dari racun yang ada pada radikal bebas. Jenis pohon kaktus yang bisa menyehatkan sel otak adalah pohon kaktus nopal. Dimana pohon kaktus ini akan berperan sebagai antiiflamasi yang melindungi sel otak dari gangguan racun dan bakteri.


Kandungan Vitamin Pada Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: womantalk.com
Dibalik manfaat yang dimiliki oleh pohon kaktus untuk kesehatan tubuh tentu saja tanaman ini memiliki beberapa vitamin yang penting. Daftar vitamin pada pohon kaktus seperti Vitamin E, Vitamin C, dan Vitamin A. Dimana ketiga vitamin ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Selain ketiga vitamin diatas, pohon kaktus juga memiliki kandungan zat yang bermanfaat seperti kalsium dan zat besi. Kalsium pada pohon kaktus bisa menguatkan tulang dan gigi. Sedangkan zat besi bisa berperan sebagai antioksidan yang di dukung oleh kandungan fenolik dan flavonoid yang berperan sebagai fitokomia.

Siapa yang menyangka jika pohon kaktus memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman yang ditakuti karena durinya ini ternyata bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat.

Namun sebelum membuat makanan dan minuman dari pohon kaktus Anda harus mencari tahu terlebih dahulu jenis pohon kaktus yang aman untuk dimakan. Sebab tidak semua pohon kaktus bisa di konsumsi dan bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Konsumsi Pohon Kaktus Secara Rutin Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel