Artikel Pilihan

Panduan Mudah Menyilangkan Tanaman Bougenville

ciri ciri pohon bougenville

Sebelum mengetahui tentang cara menyilangkan tanaman bougenville, tahukan Anda bahwa bougenville asli hutan hujan Amazon dapat tumbuh setinggi lebih dari 20 kaki di habitatnya? Meski telah dipangkas kembali menjadi 4 atau 5 kaki, tanaman semak rambat ini juga tumbuh subur bahkan ketika ditempatkan dalam wadah di ruangan tertutup.

Dalam kondisi yang tepat, tanaman bougenville dapat mekar beberapa kali dalam setahun. Anda dapat menyilangkan tanaman bougenville menggunakan banyak metode seperti stek ujung, tapi Anda perlu selektif karena beberapa kultivar bougenville yang langka ternyata memiliki akar yang buruk.

Tanaman bougenville variegata dihargai karena daunnya yang beraneka warna dan juga kecantikan bunganya ketika mekar. Bougenville variegata menghasilkan lebih sedikit klorofil dan tumbuh paling baik ketika dicangkokkan ke batang bawah. Beberapa metode okulasi bekerja dengan baik, tapi pendekatan okulasi menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit pada inang dan keturunannya.




Proses Menyilangkan Tanaman Bougenville


Jika tahap menyilangkan tanaman bougenville ini gagal, keduanya akan pulih. Untuk dapat mempraktikkan proses menyilangkan tanaman bougenville, Anda dapat memperhatikan tahapan-tahapan berikut.

Langkah 1

Tempatkan tanaman batang bawah di sebelah semak bougenville yang akan menyumbangkan batang atas. Pilih cabang sehat dengan diameter yang sama dari masing-masing tanaman. Beri tanda silang pada cabang dengan membuat tanda “X” ramping dan tandai titik pada masing-masing persilangannya. Pastikan tunas bunga bougenville yang akan disilangkan telah berusia kurang lebih 1/2 atau 1 bulan.


Langkah 2

Langkah menyilangkan tanaman bougenville yang kedua yaitu potong batang kayu 1,5 inci di atas tanda silang. Arahkan potongan ke bawah pada 45 derajat dan potong hanya sampai di tengah-tengah pokok cabang bougenville.

Potong lagi 1,5 inci di bawah tanda silang dan kali ini miringkan 45 derajat ke atas. Cukur dengan cepat sisa kayu pada cabang yang dipotong hingga meninggalkan bagian datar dari kayu baru sepanjang 3 inci di garis tengan cabang bougenville.

Baca Juga :



Langkah 3

Ulangi prosedur yang sama pada batang atas, pastikan Anda memotong sisi yang menghadap
tanaman inang. Bentuk bagian 3 inci yang cocok dengan pusat di tanda silang tadi.

Langkah 4

Silangkan kedua tanaman bougenville sehingga permukaan yang dipotong bertemu dengan rata. Proses penyembuhan dimulai ketika lapisan kambium saling bertemu, sehingga penting untuk mengatur persimpangan yang dilintasi kedua permukaan agar posisinya pas dan proses penyembuhan berlangsung maksimal.

Langkah 5

Bungkus hasil persilangan dengan grafting tape. Mulailah di tengah tanda silang dan bungkus dengan kuat untuk membuat persimpangan yang kuat dan solid. Bungkus dari pusat menuju ke kedua ujungnya. Tutup semua celah dengan lilin cangkok dan tutupi semua kayu yang terluka.

Langkah 6

Bungkus persimpangan sambungan dengan aluminium foil untuk melindungi area yang terluka dari sinar matahari.

Langkah 7

Tunggu enam minggu sampai hasil proses menyilangkan tanaman bougenville sembuh. Lepaskan bungkus aluminium foil dengan hati-hati. Potong pita cangkok yang cukup untuk menentukan apakah persilangan berhasil atau gagal. Cangkok yang berhasil menunjukkan terdapat kulit callus yang merambat dan menjembatani kedua tanaman.


Langkah 8

Langkah terakhir menyilangkan tanaman bougenville adalah potong batang atas di bawah persilangan. Kerjakan dengan hati-hati menggunakan gunting pangkas yang tajam. Hindari memuntir atau menekan daerah sambungan. Tunggu sekitar satu minggu lagi untuk memastikan apakah batang bagian atas terus berkembang. Poton bagian atas tanaman inang di atas cangkokan, paksa batang atas untuk mendominasi tanaman.




Itu tadi beberapa cara menyilangkan tanaman bougenville. Tanaman bougenville akan tumbuh subur hampir di semua jenis tanah selama tanah itu dikeringkan dengan baik dan subur. Setidaknya tanaman mendapat enam jam paparan sinar matahari penuh agar dapat mekar penuh.

ciri ciri pohon bougenville
Sumber: live.staticflickr.com
Kurang dari itu, tanaman bougenville mungkin tidak mekar dengan baik, tapi memiliki pertumbuhan vegetatif yang memuaskan. Jangan gunakan pupuk untuk mengeringkan tanah. Gunakan pupuk lengkap dan aplikasikan setiap dua minggu.

Untuk mengurangi biaya, Anda dapat menggunakan pupuk organik dengan tanah humus. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menyilangkan bunga bougenville untuk menghasilkan tanaman yang unik.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Panduan Mudah Menyilangkan Tanaman Bougenville"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel