Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Budidaya Bunga Bougenville?

budidaya bougenville

Bagaimana cara budidaya bunga bougenville? Seperti yang banyak diketahui, bougenville adalah tanaman berbunga yang mengagumkan dan dapat memberikan sentuhan warna cerah di kebun Anda. Tanaman hias yang indah ini dapat ditanam di pot dan dapat menjadi hadiah yang hebat.

Jika Anda memiliki tanaman bougenville dan berminat untuk melakukan budidaya bunga bougenville, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut yang telah terbukti memiliki tingkat keberhasilan tinggi.


Budidaya Bunga Bougenville dari Stek


Budidaya bunga bougenville dari biji lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan menumbuhkannya dari stek batang. Budidaya bunga bougenville dari biji dimulai dari mengumpulkan biji bougenville dari bunga, di mana proses ini sulit dilakukan.




Selain itu, memperbanyak tanaman bougenville dari biji tidak akan menjadi tanaman dengan kualitas yang sama dengan induknya. Dibandingkan menggunakan biji, metode cutting dan layering merupakan klon yang tepat dilakukan dari tanaman induk. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam dalam budidaya bunga bougenville tidak boleh berupa tanah yang menampung air, sehingga untuk membuat media tanam yang dapat dengan mudah mengering, Anda dapat menambahkan pasir sungai dan tanah dengan jumlah yang seimbang.

Ambil media tanam dalam pot kecil yang memiliki beberapa lubang di bagian dasarnya untuk drainase yang baik, dan sirami secara teratur. Aduk media tanam dan siram lagi hingga semua bagian tanah basah. Setelah itu Anda dapat membiarkan media tanam selama 1 jam. Setelah 1 jam, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya.

Baca Juga :


2. Mengambil Bibit Bougenville

Batang yang dapat digunakan sebagai bibit budidaya bunga bougenville bertekstur semi-keras maupun keras. Anda dapat mengambil potongan setengah batang di musim panas ketika suhu mencapai 20 derajat celcius.

Jika Anda tinggal di tempat di mana suhu udara tetap rendah, bibit stek batang keras harus diambil untuk diperbanyak di musim dingin. Batang semi-kayu berasal dari pertumbuhan baru yang sudah mulai matang dan mulai membentuk kulit kayu pada batangnya. Potong batang setebal pensil, dengan panjang 6-8 inci dari tanaman induk tepat di bawah tangkai (benjolan di atas kayu) dengan pisau tajam atau gunting pemangkas.

3. Mempersiapkan Stek Bougenville

Buang semua daun di bagian bawah batang dan potong daun di bagian atas menjadi setengah bagian. Potong bagian bawah batang membentuk sudut dan potong dengan tipis sedalam 1 inci dari bawah batang.

budidaya bougenville
Sumber: hubstatic.com
Sebenarnya Anda juga dapat menumbuhkan akar bougenville dengan merendamnya dalam air, tapi prosedur ini akan memakan waktu yang sangat lama dan tingkat keberhasilannya rendah. Prosedur di bawah ini akan membuat Anda berhasil menumbuhkan stek bougenville.

4. Menanam Stek Bougenville

Bibit bougenville yang ditanam ditutup menggunakan plastik untuk menjaga kelembaban. Buat lubang ke media tanam dalam pot dengan memasukkan stik setebal pensil hingga sedalam setengah inci dari dasar. Keluarkan stik tersebut dan masukkan bagian bawah potongan bibit ke dalam hormon pertumbuhan akar. Hormon ini akan mempercepat pembentukan akar.

Namun, Anda juga dapat memperbanyak bougenville tanpa hormon ini, khususnya jika batang stek tidak terlalu keras. Kemudian masukkan bibit stek ke dalam lubang (jangan mendorong bibit stek) dan kencangkan dengan menekan tanah di sekitarnya dengan tangan Anda. Anda juga dapat memasukkan lebih banyak stek hingga 4-5 buah dalam pot yang sama.



Sampai di tahap ini, Anda tak perlu menyiram lagi. Masukkan pot ke dalam kantong ziplock. Letakkan gelas plastik berisi air tepat di bawah pot untuk membantu menjaga kelembaban ideal. Tempatkan pot jauh dari sinar matahari langsung, tapi pastikan tetap mendapat cahaya tidak langsung dengan cukup.

Penyiraman tidak perlu dilakukan karena akar tanaman belum terbentuk. Anda akan melihat titik-titik air karena kelembaban di dalam kantong ziplock, titik-titik air tersebut akan jatuh kembali ke tanah jadi Anda tak perlu menyirami pot dalam waktu yang lama sampai akar bougenville mulai terbentuk.

Buka kantong ziplock setiap 10-12 hari dan semprotkan air ke tanah jika terlihat kering. Terlalu banyak air dapat membuat bibit membusuk. Stek bougenville membutuhkan waktu tujuh hingga sepuluh minggu untuk berkembang.

Demikian langkah-langkah budidaya bunga bougenville yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Budidaya Bunga Bougenville?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel