Artikel Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Tentang Asal Pohon Kaktus Hingga Status Kelangkaannya

Tanaman yang mampu bertahan di gersangnya padang pasir hanyalah pohon kaktus. Kemampuan batang pohon kaktus untuk merubah air menjadi lendir sehingga air tidak mudah menguap menjadi alasan utama mengapa pohon kaktus bisa hidup di tengah gurun pasir. Batang pohon kaktus juga dilapisi oleh lapisan lilin.

Pada dasarnya batang pohon kaktus memiliki bentuk memipih dan dengan ukuran yang cukup besar. Namun ada juga beberapa jenis pohon kaktus yang memiliki bentung batang memanjang. Bahkan kini ada bentuk batang pohon kaktus yang kecil dan sering dijadikan sebagai hiasan ruangan rumah dan halaman rumah.


Asal Habitat Dan Daerah Persebaran Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus pertama kali di temukan pada abad ke 16 di dataran Eropa. Sedangkan kebanyakan pohon kaktus ditemukan di padang gurun Amerika Tengah, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sedangkan pohon kaktus sampai ke Benua Eropa karena dibawa oleh Carl Linnaeus seorang Botani asal Swedia.

Carl Linnaeus membawa kaktus jenis Melocactus ke Eropa dan pohon kaktus tersebut ia beri nama Κακτος (kaktos) yang artinya tanaman liar berduri. Di luar negeri pohon kaktus diolah menjadi obat untuk kesehatan. Sedangkan di Indonesia pohon kaktus sering dipakai untuk penghias rumah agar tampak lebih cantik dan indah.

Sedangkan habitat utama pohon kaktus justru berada di daerah yang beriklim tropis dan sub tropis. Pohon kaktus yang hidup di area gurun hanya sekitar 25% dari seluruh jenis kaktus di dunia. Ini membuktikan jika pohon kaktus tidak hanya bisa hidup di area gurun saja namun bisa hidup di beberapa jenis habitat lain.

Morfologi Dari Pohon Kaktus

Normalnya pohon kaktus terdiri dari lima bagian yakni duri, batang, akar, bunga, dan buah. Sedangkan beberapa jenis pohon kaktus lain hanya memiliki batang, duri, akar, dan bunga tanpa buah atau ada yang memiliki buah tapi tida ada bunga. Adapun bagian-bagian dari pohon kaktus adalah sebagai berikut:

Baca Juga :

1. Batang

Anatomi di dalam pohon kaktus sangatlah unik dan tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman sukulen yaitu tanaman yang bisa menyimpan air dalam batang pohonnya. Hebatnya batang pohon kaktus bisa menyimpan air dalam jumlah yang banyak dan lapisan lilin dalam batang kaktus akan mengurangi penguapan air.

2. Akar

Pohon kaktus memiliki ukuran panjang akar yang berbeda-beda. Ada yang akarnya hanya memiliki panjang 10 cm. Namun ada juga jenis pohon kaktus yang mempunyai akar hingga 2 meter panjangnya. Akar pada pohon kaktus memiliki fungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah.

3. Duri

Jika tanaman lain memiliki daun maka pohon kaktus memiliki duri sebagai pengganti daun. Ukuran duri kaktus pun bervariasi sesuai dengan jenis pohon kaktus yang Anda tanam. Biasanya duri akan menutupi seluruh batang pohon kaktus ataupun hanya tumbuh di bagian tertentu pohon kaktus. Namun ada beberapa jenis pohon kaktus yang tidak memiliki duri di batangnya.

4. Buah dan bunga

Bunga pohon kaktus sering tumbuh di bagian areola namun bunga pohon kaktus tidak memiliki tangkai. Sedangkan fungsi bunga dari pohon kaktus ini yakni untuk bereproduksi. Beberapa pohon kaktus memiliki buah, contohnya adalah kaktus nopal. Buah pohon kaktus nopal bisa dimasak ataupun di haluskan dan menjadi jus.


Status Kelangkaan Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: harpersbazaar.co.id
Sekarang ini junlah pohon kaktus di habitat aslinya sudah semakin menipis. Bahkan CITES atau Convention on Internasional Trade in Endangered Species menetapkan pohon kaktus dalam daftar Apendiks I dan II. Dimana jika tanaman sudah masuk dalam daftar ini maka termasuk tanaman yang harus dijaga populasinya.

Kini CITES berusaha melestarikan kembali pohon kaktus dengan cara melakuka pembudidayaan. Selain itu kini di beberapa negara penjualan pohon kaktus mulai di larang. Jenis-jenis kaktus yang mulai punah seperti Astrophytum myriostigma Obregonia denegrei, Ariocarpus furfuraceus, Melocactus sp, dan Aztekium ritteri.

Populasi pohon kaktus memang mulai memprihatinkan jumlahnya. Oleh karena itu sebagai pecinta tanaman kita harus ikut menjaga kelestarian pohon kaktus agar tidak punah dengan cepat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Tentang Asal Pohon Kaktus Hingga Status Kelangkaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel