Artikel Pilihan

Gunakan Cara Ini Untuk Memperpanjang Usia Pohon Kaktus Anda

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus ada banyak macamnya, mulai dari kaktus gurun hingga kaktus hias. Dimana setiap kelompok ini masih dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan ukuran, habitat, hingga fungsinya. Ada beberapa pohon kaktus yang hidup di suhu udara panas namun ada juga yang hanya bisa tumbuh di tempat yang sejuk.

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai tanaman kaktus? Jika iya, tentu Anda sudah tahu bagaimana cara merawat tanaman gurun pasir satu ini. Merawat pohon kaktus bisa dibilang lebih mudah daripada merawat tanaman lain. Namun butuh kesabaran yang besar agar pohon kaktus Anda menumbuhkan bunganya.

5 Cara Mudah Untuk Membuat Pohon Kaktus Berumur Panjang

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: allyoung.co.id
Meski pohon kaktus termasuk ke dalam jenis tumbuhan yang mudah dirawat namun bukan berarti pohon kaktus bisa tetap hidup ketika cara perawatannya salah. Inilah alasan mengapa Anda harus tahu bagaimana cara merawat kaktus. Adapun cara lain yang bisa Anda pakai agar pohon kaktus Anda memiliki usia yang panjang, yaitu:

1. Perhatikan media tanam dengan baik

Kesalahan yang paling sering di lakukan oleh para pemula ketika menanam pohon kaktus adalah tidak memperhatikan komposisi media tanam. Padahal kaktus tidak bisa hidup di komposisi tanah yang sembarangan. Ada sedikit saja genangan air dan dibiarkan maka pohon kaktus Anda bisa langsung mati.

2. Berikan pupuk sesuai dengan takarannya

Tanaman pastinya membutuhkan pupuk agar bisa tumbuh dengan baik. Untuk pohon kaktus jenis pupuk yang cocok adalah pupuk NPK. Dimana pupuk NPK memiliki kandungan kalium, fosfor dan juga nitrogen. Sedangkan waktu yang baik untuk memberikan pupuk pada pohon kaktus yakni dua minggu sekali.

Baca Juga :

3. Siram pohon kaktus sesuai aturannya

Apabila Anda termasuk orang yang pelupa dalam hal menyiram tanaman maka pohon kaktus cocok untuk Anda tanam. Sebab pohon kaktus tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Cukup siram pohon kaktus seminggu sekali atau dua minggu sekali maka pohon kaktus milik Anda akan memiliki umur yang panjang.

4. Berikan sinar matahari yang cukup

Meski pohon kaktus tidak begitu membutuhkan air namun pohon kaktus tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bisa hidup. Namun terlalu banyak sinar matahari juga tidak baik untuk pohon kaktus dan bisa membuat batangnya cepat mengering. Cukup berikan sinar matahari selama 4 sampai 6 jam sehari.

5. Gunakan pot dengan lubang

Ada dua jenis pot untuk tanaman yakni pot yang bawahnya berlubang dan tidak. Untuk menanam pohon kaktus usahakan pakai pot dengan lubang dibawahnya. Dimana lubang ini memudahkan air untuk keluar sehingga tidak menggenang pada tanah. Jadi pohon kaktus tidak mendapat asupan air yang terlalu banyak.


Manfaat Pohon Kaktus Untuk Hewan

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: viva.co.id
Seperti yang kita ketahui jika pohon kaktus memiliki banyak sekali manfaat untuk makhluk hidup di sekitarnya. Baik itu untuk tanah dimana ia tumbuh, untuk manusia, hingga manfaat untuk hewan. Salah satu jenis hewan yang terdampak manfaat pohon kaktus adalah kura-kura.

Dimana ada jenis pohon kaktus yang bisa dipakai untuk kura-kura hidup. Selain itu pohon kaktus yang tidak memiliki duri biasanya menjadi makanan untuk hewan herbivora di sekitarnya. Pohon kaktus juga memiliki manfaat untuk tanah di sekitarnya yang bisa subur karena resapan air mengalir ke dalam tanah dan tidak sepenuhnya di serap pohon kaktus.

Sedangkan manfaat pohon kaktus untuk manusia seperti untuk bahan baku kosmetik agar penuaan dini bisa teratasi. Hingga jus buah pohon kaktus yang bisa dijadikan sebagai minuman penurun berat badan. Pohon kaktus juga bisa menjadi penangkal radiasi sehingga kulit tubuh tetap halus dan tidak terkena racun sinar UV.

Panjang atau tidaknya umur pohon kaktus yang Anda miliki itu tergantung bagaimana Anda merawatnya. Jika Anda benar dan sabar dalam merawat pohon kaktus maka tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur.

Menanam pohon kaktus bisa dibilang lebih banyak untungnya daripada ruginya. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera hiasi halaman dan ruangan rumah Anda dengan pohon kaktus.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Gunakan Cara Ini Untuk Memperpanjang Usia Pohon Kaktus Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel