Artikel Pilihan

Tetap Cantik Meskipun Tanpa Duri, Pohon Kaktus Ariocarpus

ciri ciri pohon kaktus

Ada beberapa bagian dan sifat pohon kaktus yang terkadang dianggap menjadi keunikan dan tidak jarang ada yang takut karenanya. Pohon kaktus adalah tanaman yang bersifat kuat dan bisa bertahan di semua jenis cuaca. Sehingga tidak heran banyak yang memilih pohon kaktus sebagai tanaman hias dibanding tanaman yang lain.

Alat perlindungan diri utama yang dimiliki oleh pohon kaktus adalah durinya. Dimana setiap pohon kaktus memiliki ukuran duri yang berbeda. Ada yang ukuran durinya kecil dan ada pohon kaktus yang memiliki duri dengan ukuran yang besar. Biasanya duri pada pohon kaktus ini berfungsi untuk melindungi pohon kaktus dari herbivora.

Harga Pohon Kaktus Ariocarpus

ciri ciri pohon kaktus Ariocarpus
Sumber: review.bukalapak.com
Pohon kaktus ariocarpus memiliki bentuk batang seperti prisma. Sedangkan ukurannya biasanya kecil sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Pada batang pohon kaktus ariocarpus tidak ada duri sama sekali. Namun ukuran bunganya cukup besar bahkan sama besar dengan ukuran pohon kaktus itu sendiri.

Untuk bisa mendapatkan pohon kaktus ariocarpus Anda tidak perlu susah-susah menanamnya. Sebab sekarang ini pohon kaktus ariocarpus sudah banyak dijual di toko online dan toko tanaman secara offline. Pohon kaktus memang bisa menjadi salah satu lahan bisnis yang menjanjikan untuk para pecinta tanaman.

Di toko online pohon kaktus ariocarpus di bandrol dengan harga 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Namun jika pohon kaktus ariocarpus memiliki bunga yang indah dan warnanya langka maka harganya bisa mencapai tiga kali lipatnya. Padahal bibit dari pohon kaktus ini dijual dengan harga yang murah sehingga penjualnya bisa untung berkali lipat.

Pohon kaktus ariocarpus tidak hanya bisa dibeli secara online namun juga bisa dibeli secara offline di beberapa toko peralatan tanaman. Memang harga pohon kaktus ariocarpus yang dijual secara online jauh lebih murah daripada di toko tanaman. Namun Anda memerlukan waktu yang cukup banyak hingga pohon kaktus itu sampai ke rumah Anda.

Baca Juga :

Cara Merawat Pohon Kaktus Ariocarpus

ciri ciri pohon kaktus Ariocarpus
Sumber: bibitonline.com
Sebelum memtuskan untuk membeli pohon kaktus ariocarpus maka Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek terlebih dahulu. Salah satu aspek tersebut adalah bagaimana cara perawatan pohon kaktus ariocarpus yang benar. Untuk Anda yang belum tahu maka simak cara merawat pohon kaktus ariocarpus berikut ini:

1. Letakkan pohon kaktus ariocarpus di tempat yang teduh

Pohon kaktus ariocarpus termasuk ke dalam jenis pohon kaktus yang tidak bisa hidup jika mendapat terlalu banyak sinar matahari. Oleh karena itu setelah berada di area panas selama 4 jam maka pindahkan pohon kaktus ariocarpus ke area yang lebih teduh. Jika hal ini Anda abaikan maka pohon kaktus Anda bisa mati dengan mudah.

2. Sesuaikan suhu pohon kaktus seperti ketika Anda membelinya

Hanya 25% dari seluruh jenis spesies pohon kaktus yang bisa hidup di gurun pasir. Spesies yang lain bisa hidup di suhu udara yang sejuk dan cenderung dingin. Oleh karena itu pastikan Anda membeli pohon kaktus di tempat yang suhu sama dengan rumah Anda. Jadi pohon kaktus ariocarpus bisa tetap hidup tanpa harus menyesuaikan suhunya.

3. Gunakan pot dengan ukuran yang tepat

Perawatan yang tepat untuk pohon kaktus ariocarpus selanjutnya adalah gunakan pot dengan ukuran yang tepat dan sesuai ukuran pohon kaktus Anda. Karena umumnya pohon kaktus ariocarpus memiliki ukuran yang kecil maka gunakan pot yang kecil dengan lubang dibawahnya agar air tidak menggenang.

4. Lakukan pemupukan dan penyiraman secukupnya

Pohon kaktus ariocarpus tidak membutuhkan air yang banyak. Jadi lakukan penyiraman tanaman sebanyak satu kali setiap minggu. Sedangkan pemupukan tanaman bisa Anda lakukan satu kali setiap dua minggu sekali. Jika Anda memberikan pupuk dan air melebihi aturannya maka pohon kaktus ariocarpus bisa mati.

Dari cara perawatan pohon kaktus ariocarpus diatas bisa diambil kesimpulan jika tanaman ini mudah sekai dirawat. Asalkan Anda meletakkannya di suhu yang tepat maka pohon kaktus Anda bisa tumbuh dengan subur. Kebanyakan orang meletakkan pohon kaktus ariocarpus di dalam ruangan kantor maupun ruang tamu.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tetap Cantik Meskipun Tanpa Duri, Pohon Kaktus Ariocarpus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel