Artikel Pilihan

Mengenal Jenis Hama, Kendala dan Manfaat dari Pohon Cemara

Sejauh ini, pohon cemara yang sehat baik untuk hiasan rumah dan juga penyejuk udara lingkungan. Pohon cemara paling baik digunakan di tempat terbuka dengan drainase tanah yang baik. Sejauh mana dan berapa banyak cemara yang kita butuhkan? Ini adalah pertanyaan yang sulit. Meskipun beakangan ini terjadi penurunan kualitas pohon cemara dan makin tersebar luas berbagai isu penyakit di dalamnya, sebenarnya itu bukan kepastian bahwa semua pohon akan terpengaruh.

Ciri Ciri Pohon Cemara

Beberapa jenis hama yang berasal dari hewan pemakan biji mamalia kecil, misalnya tikus rusa, tikus merah, tikus gunung (Microtus montanus), dan tupai (Eutamias minimus) sering jadi pengganggu pertumbuhan pohon cemara ini. Besarnya kerugian sulit untuk ditentukan, dan studi dengan dan tanpa perlindungan benih telah menghasilkan hasil yang bertentangan.

Baca juga : 6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Di Montana barat, misalnya, keberhasilan penyemaian pohon cemara sedikit lebih baik daripada di tempat benih yang tidak dilindungi sesuai hasil riset Schopmeyer dan Helmers 1947, tetapi di British Columbia regenerasi pohon cemara bergantung pada perlindungan dari tikus.




Kendala biotik secara tidak langsung berpengaruh penting pada pembentukan pohon cemara yang dipengaruhi oleh penyusutan benih oleh tupai. Sebanyak 90% dari tanaman kerucut telah dipanen oleh tupai merah (Zasada et al. 1978). Tikus rusa, tikus tanah, tupai, dan tikus dapat mengonsumsi biji dalam jumlah besar; 1 tikus bisa makan 2.000 biji per malam.

Dalam mencari makan, hewan tupai untuk musim dingin sejauh ini menurut survey botanis Rowe belum dilaporkan dalam kaitannya dengan perkebunan muda, tetapi Wagg pada tahun 1963 mencatat bahwa di salah satu kota yaitu Hinton di USA, tupai merah diamati memotong ranting lateral dan terminal dan memakannya tunas vegetatif dan bunga cemara putih.

Tupai merah di Alaska telah memanen sebanyak 90% dari tanaman kerucut; modus mereka adalah untuk memotong sejumlah besar kerucut dengan ekspedisi besar di awal musim gugur, dan kemudian "menghabiskan sisa musim gugur mengeluarkan biji".

Di Manitoba, Rowe menganggap bahwa pemotongan ujung cabang dengan panjang 5 cm sampai 10 cm pada pohon cemara putih mulai "dari pohon muda hingga ukuran veteran" hingga tupai yang mencari makan untuk kuncup musim dingin, kerucut kerucut karena tidak memasukkan sumber makanan yang lebih biasa. Kerusakan belum dilaporkan sehubungan dengan pohon kecil, tanaman atau lainnya.

Landak (Erethizon dorsatum L.) juga dapat merusak pohon cemara tetapi lebih suka pinus merah. Pengupasan kulit pohon cemara putih oleh beruang hitam (Euarctos americanus perniger) penting secara lokal di Alaska tetapi kulit pohon cemara putih tidak diserang oleh tikus lapangan (Microtus pennsylvanicus Ord) bahkan di tahun infestasi berat.
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com

Hama

Cacing pohon cemara timur (Choristoneura fumiferana) adalah hama utama pohon cemara di hutan di seluruh Kanada dan Amerika Serikat bagian timur. Dua tanaman inang utama adalah cemara hitam dan cemara putih. Tingkat populasi berosilasi, kadang-kadang mencapai tingkat wabah ekstrem yang dapat menyebabkan penggundulan hutan yang ekstrem dan kerusakan pohon cemara. Untuk mengurangi kerusakan, ada beberapa metode pengendalian, termasuk pestisida.

Horntails, atau Wood Tawon, menggunakan pohon ini untuk bertelur dan larva akan hidup di inci luar pohon di bawah kulit kayu. Spruce Beetles (Dendroctonus rufipennis) telah menghancurkan petak-petak hutan cemara di Amerika Utara bagian barat dari Alaska ke Wyoming.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Biru (Juniperus squamata) Di Alam Liar

Penggunaan Lainnya

Resin digunakan dalam pembuatan pitch di masa lalu (sebelum penggunaan petrokimia); nama ilmiah Picea berasal dari bahasa Latin picea "pitch pine" (mengacu pada Scots pine) dari piceus, kata sifat dari pix "pitch".
Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: rimbakita.com
Penduduk asli Amerika di Amerika Utara menggunakan akar tipis dan lentur dari beberapa spesies untuk menenun keranjang dan untuk menjahit potongan kulit pohon birch untuk kano. Lihat juga Kiidk'yaas untuk pohon Sitka Spruce emas yang tidak biasa yang disucikan untuk orang-orang Haida.




Spruces adalah pohon hias populer di hortikultura, dikagumi karena kebiasaan pertumbuhan kerucut sempit-kerucut yang simetris. Untuk alasan yang sama, beberapa (terutama Picea abies dan P. omorika) juga banyak digunakan sebagai pohon Natal, dengan pohon Natal tiruan sering diproduksi dalam berbagai bentuk dan rupa.

Pohon cemara seringkali di klasifikasikan berdasarkan spesies dari kumpulan biji dari daerah-daerah di mana hibridisasi biasanya tergantung pada karakter skala kerucut yang mudah diukur dari pohon benih. Penting juga dalam hal penilaian visual karakter morfologis, misalnya, irama pertumbuhan, berat tunas dan akar, dan gerigi jarum.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis Hama, Kendala dan Manfaat dari Pohon Cemara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel