Artikel Pilihan

Mengenal Habitat dan Morfologi Aglonema

ciri ciri pohon aglonema

Dalam menentukan mana tanaman hias terbaik yang bisa ditempatkan di dalam atau luar ruangan, maka tanaman hias Aglonema merupakan pilihan terbaik. Tanaman ini sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu tamaman hias yang banyak diminati para pecinta tanaman hias. Bahkan tidak bisa disebut pecinta tanaman hias jika belum memiliki Aglonema.

Tanaman hias Aglonema juga memiliki nama Chinese Evergreen. Tanaman yang satu ini mudah anda jumpai karena tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiir memiliki beberapa spesies atau jenis Aglonema. Maka tidak heran jika anda tidak kesulitan menemukannya.

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang ingin memiliki tanaman Aglonema. Salah satu alasan utama adalah karena tanaman ini memiliki daun yang sangat indah. Hal ini bisa anda lihat dari perpaduan warna dan corak pada daunnnya yang pas sehingga membuat tanaman ini semakin banyak yang memiliharanya.

Alasan lain yakni karena tanaman hias Aglonema tidak memerlukan perawatan yang rumit. Kamu hanya perlu menyiramnya minimal sekali sehari, memberikan pupuk minimal 3 bulan sekali. Selain itu, kamu juga perlu meletakkan di tempat yang cukup terkena sinar matahari. Dengan hal-hal seperti itu saja sudah bisa membuat Aglonema tumbuh dengan baik.

Asal Muasal Tanaman Aglonema

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: i2.wp.com
Tanaman hias Aglonema merupakan tanaman hias yang berasal dari daerah sub tropis, tropis Asia serta New Guinea. Pada hampir semua daerah yang menjadi tempat penyebaran tanaman ini, kemungkinan besar tanaman Aglonema menjadi tanaman hias yang populer dan banyak diminati. Maka tidak heran jika sampai ada beberapa jenis tanaman Aglonema yang dijual dengan harga mahal, bahkan untuk sekedar bibitnya saja.

Baca Juga :

Habitat Tanaman Hias Aglonema

ciri ciri pohon aglonema
Sumber: tokopedia.net
Sebelum anda memutuskan untuk memelihara tanaman hias Aglonema, alangkah baiknya jika anda mengetahui segala hal tentang tanaman ini, salah satunya berkenaan dengan habitatnya. Secara umum, tanaman ini akan tumbuh subur jika berada di tempat dengan intensitas sinar matahari yang rendah.

Habitat aslinya berada di daerah hutan hujan tropis. Tanaman hias Aglonema akna tumbuh subur ketika anda letakkan di tempat yang memiliki tingkat kelembapan yang bagus. Untuk suhu udara yang diperlukan kurang lebih 15 derajat celcius. Jangan menempatkan chinese evergreen di tempat yang terlalu dingin.

Jika anda melakukanya, akibatnya akan timbul bercak gelap yang ada di sekitar daunnya. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi kecantikan dari tanaman Aglonema. Dampak lainnya membuat harga jualnya pun akan menurun, sekali pun sebenarnya tanaman yang anda miliki tersebut termasuk spesies yang berharga tinggi.

Morfologi

Sekarang kita membahas tentang morfologi dari tanaman hias Aglonema. Untuk sistem perakaran chinese evergreen yaitu serabut yang berwarna putih. Sementara batangnya tidak berkambium maupun tidak berkayu. Tanaman ini tumbuh tegak dan menjalar. Batangnya merambat ke tanah dengan akar simpul yang memiliki ukuran sekitar 1 sampai dengan 3 cm. Tergantung pada lingkungan dan jenis Aglonema.

Lalu bagaimana dengan bentuk daun tanaman Aglonema? Tanaman hias yang satu ini mempunyai daun berbentuk pembuluh floem dan xilem yang disusun secara acak. Sementara warna daunnya memang bermacam-macam. Namun biasanya warna daun Aglonema didominasi oleh warna hijau dan perak serta dipadukan dengan beberapa warna seperti merah, oranye, kuning, dan lain-lain.

Terlebih untuk tanaman hias Aglonema yang dibudidayakan biasanya hadir dengan warna daun yang lebih bervariatif. Keunikan lain dari tanaman ini adalah bunga yang dihasilkan berbeda di dalam satu spandix. Bunga betina akan tumbuh di sekitar pangkal, sementara untuk bunga jantan akan tumbuh di sekitar batang.

Tanaman ini juga menghasilkan buah dengan ukuran sekitar 1 cm. Buahnya berwarna merah pada saat matang dimana di dalamnya tertutupi oleh lapisan tipis yang menutupi biji. Tahukah anda bahwa dengan keindahan yang dimilikinya ternyata Aglonema dianggap sebagai tanaman yang beracun?

Alasan mengapa tanaman ini beracun adalah karean adanya kristal kalsium oksalat sehingga menyebabkan timbulnya iritasi di selaput lendir jika sampai anda menelannya. Bahkan tanaman ini juga bisa menyebabkan iritasi kulit yakni ruam.

Itulah beberapa informasi terkait tanaman Aglonema. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Habitat dan Morfologi Aglonema"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel