Artikel Pilihan

Mengenal Ciri-Ciri dan Jenis Pohon Antik Lohansung

Ciri Ciri Pohon Lohansung

Pohon Lohansung merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat dijadikan Bonsai. Pohon ini sering dikenal orang dengan sebutan Kusumaki. Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan adanya tanaman ini.

Namun, kemarin terdapat berita jika Tanaman Bonsai Lohansung ini dapat terjual dengan harga yang lumayan mahal. Dari sinilah banyak orang yang tertarik dan ingin mengenal apa itu Pohon Lohansung. Ternyata, tanaman ini merupakan pohon yang sangat unik dan juga memiliki bentuk daun yang indah. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dan jenis dari Pohon Lohansung.

Ciri Ciri Pohon Lohansung

Pohon lohansung memiliki beberapa ciri ciri yang bisa dilihat dari bentuk fisiknya saja. Ciri ciri tersebut antara lain :




1. Bentuk Pohon Lohansung

Ciri Ciri Pohon Lohansung
Sumber: bennisobekti.com
Bentuk pola pohon Lohansung ini hampir sama dengan Cemara. Hanya saja yang membedakannya adalah pola daunnya. Pohon Lohansung ini memiliki bentuk pohon yang kokoh. Tanaman ini dianggap sangat unik dan antik. Oleh karena itu, Lohansung dapat diterima baik di dalam dan luar negeri. Pohon ini juga bisa hidup di daerah beriklim apa saja dengan hitungan umur yang sangat panjang.

Baca juga : Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

2. Bentuk Daun Lohansung

Bentuk daun Lohansung ini memiliki bentuk mirip dengan kapsul. Namun, dibagian ujungnya bentuknya sedikit lancip dan terkesan runcing. Untuk ukuran dari daun ini memiliki ukuran 0,5 hingga 15 cm.

Ukuran ini akan mengikuti ukuran dan usia dari Pohon Lohansung itu sendiri. Bentuk daunnya memanjang disertai garisan tulang tengah daun yang sangat menonjol. Ketika pohon ini di cangkok untuk pembonsaian, hasilnya akan semakin menarik dengan daun yang sangat rimbun. Untuk teknik Bonsai yang dilakukan tidak berbeda dengan teknik Tanaman Bonsai Serut.

3. Bentuk Batang Lohansung

Lohansung memiliki ciri batang yang hampir sama sejenis Cemara dan Pinus. Batang Lohansung memiliki warna coklat tua dan gelap. Tekstur dari batang tanaman itu kasar dan juga timbul.
Pada bagian ujung batang pasti tidak akan dapat terlihat jelas karena adanya banyak kerumunan daun yang membentuknya semakin indah.

4. Bentuk Akar Lohansung

Akar Lohansung memiliki sistem menyebar ke seluruh bagian tanah di sekitarnya. Akar dari pohon ini sangat kuat sehingga tidak mudah tumbang walau terkena angin kencang. Pohon ini akan mengeluarkan akarnya ketika sudah dirasa di dalam tanah tidak bisa tersebar lagi. Semakin tua usia dari pohon ini maka semakin besar dan kuat juga bentuk akarnya.

Jenis-Jenis Pohon Lohansung

Setelah mengetahui ciri-ciri dari tanaman ini, maka kini Anda harus memahami apa saja jenis-jenis Pohon Lohansung. Untuk dijadikan tanaman hias seperti Tanaman Bonsai Serut, Lohansung perlu diperhatikan perawatannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Inilah dia jenis jenis pohon lohansung :

1. Pohon Lohansung Lokal Pucuk Merah

Pohon Lohansung jenis ini biasanya dikenal dengan Pucuk Muda. Untuk jenis lokal pucuk muda ini dapat Anda temui di alam bebas. Kayunya sangat kuat hingga biasanya digunakan banyak orang untuk perabotan rumah tangga. Untuk melakukan Bonsai pada Tanaman jenis ini, Anda bisa menggunakan sistem Bonsai Taman dan sistem Bonsai di dalam pot.

Baca juga : Sejarah Munculnya Bonsai Beringin dan Bonsai Jenis Lainnya

2. Pohon Lohansung Lokal Pucuk Putih

Jenis yang kedua ini sangat direkomendasikan untuk Bonsai Tanaman Hias. Pohon jenis ini lebih baik daripada sebelumnya yaitu pucuk merah. Untuk Lohansung Lokal Pucuk Putih ini memiliki ukuran daun yang sedikit tebal dan kecil daripada jenis lainnya. Bunganya sangat cantik dengan warna putih yang seragam dengan pola daun pada bagian ujungnya.

3. Pohon Lohansung Luar Pucuk Muda Putih

Jenis ini berasal dari luar Negeri yaitu Taiwan. Ada juga yang berpendapat bahwa awalnya pohon ini tertanam dengan sehat di Negara Korea. Daunnya memiliki warna lebih gelap dan juga kehitam-hitaman. Jika dibandingkan antara jenis yang sebelumya, Lohansung Luar Pucuk Muda Putih ini adalah jenis yang paling Terbaik untuk dijadikan Tanaman Hias.

4. Pohon Lohansung Luar Bentuk Daun Bulat





Yang terakhir adalah Lohansung Luar Bentuk Daun Bulat. Tanaman ini memiliki harga yang sangat mahal dibandingkan dengan jenis Lohansung lainnya. Alasannya adalah karena batang dari pohon ini sangat bagus terarah. Selain itu, kayunya juga rapi dan kuat serta daunnya kecil dengan bentuk bulat pada bagian ujungnya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengenalan Pohon Lohansung beserta ciri-ciri setiap jenisnya. Pohon Lohansung sangat direkomendasikan untuk dijadikan Tanaman Bonsai. Hal ini dikarenakan jenisnya yang sangat kuat dan tidak membutuhkan perawatan yang aneh-aneh untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Ciri-Ciri dan Jenis Pohon Antik Lohansung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel