Artikel Pilihan

Menanam Pohon Pinus dari Biji, Bisakah? Begini Tipsnya!

ciri ciri pohon biji pinus

Pohon pinus merupakan tanaman yang hidup di dataran tinggi, namun beberapa jenis pohon ini terkenal bisa bertahan di lahan yang kering, bahkan lahan yang baru saja terbakar. Pohon pinus memiliki berbagai manfaat untuk dunia industri seperti pembuatan terpentin. Kayunya juga digunakan untuk keperluan furnitur.

Bisakah menanam pohon pinus dari sebuah benih atau biji? Tentu saja sangat bisa. Tapi, penanaman dengan menggunakan benih akan membutuhkan proses yang cukup lama. Selain itu, benih yang berasaldari biji pinus juga tergantung spesies maupun iklim. Lamanya proses pertumbuhan benih ini bisa mencapai satu tahun. Jadi siapapun yang ingin menanam pohon pinus dari biji pinus harus tekun dan sabar. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Pilih Biji Pinus yang Sudah Matang

Kamu harus memilih biji pinus yang matang, dan siapkan selama 30-60 hari. Kebanyakan biji pinus yang matang ini jatuh di bulan Agustus dan Oktober. Beberapa jenis pohon pinus seperti jenis pinus Scotlandia bisa digunakan sampai bulan Maret. Baca juga deskripsi pohon pinus yang ingin kamu tanam, seperti apa jenisnya, karena iklim tiap daerah akan berbeda dalam menghasilkan biji yang matang.


2. Biji Pinus Besar

Ada dua jenis biji pinus pada pohon pinus, biji jantan dan biji betina. Pilihlah biji betina, karena biji ini yang memproduksi benih. Ciri-cirinya, sisiknya besar dan tidak terbuka sepenuhnya. Kalau sudah terbuka, kemungkinan benihnya sudah terlepas.

Biji dari pohon pinus ini bisa diambil dari yang sudah jatuh, atau dipetik dari pohon. Biasanya biji pinus betina terdapat di bagian atas pohon pinus. Biji yang sudah matang berwarna coklat atau keunguan.


3. Ambil Benih dari Biji Pinus

Cara mengambil benih dari biji pohon pinus sangat mudah. Pastikan biji pinus itu kering, jadi letakkan di tempat yang banyak cahaya matahari. Lalu keluarkan benih dari sisik biji pinus, goyangkan agar jatuh. Benih pohon pinus pun siap ditanam.

Agar lebih mudah dalam mengambil benih, pakai kain terpal yang berisi biji pinus dan goyangkan kain. Bisa juga menggunakan baki. Jika masih kesulitan, gunakan pinset untuk mengambil benih pohon pinus dari bijinya.


4. Seleksi Benih Pohon Pinus Berkualitas

Sebelum ditanam, pastikan sudah diseleksi mana benih yang berkualitas. Caranya hampir sama dengan seleksi benih pada umumnya. Cukup meletakkan benih di wadah yang sudah terisi air dan diamkan benih pohon pinus selama satu hingga dua hari.

Ciri benih yang baik adalah memiliki akar tenggelam ke bawah wadah. Kalau kosong dan tidak ada akar tumbuh, benih akan mengapung ke atas. Potong saja benihnya dan lihat apakah benar-benar kosong. Ganti air tiap 12 jam. Buang benih pohon pinus yang mengapung karena tidak akan bisa digunakan.

Baca Juga :

5. Periksa Benih Pohon Pinus dengan Rutin

ciri ciri pohon benih pinus
Sumber: eos.org
Setelah berhasil mendapatkan benih pohon pinus, kamu bisa mengeringkan dan menyimpannya terlebih dahulu sebelum ditanam langsung. Bisa disimpan di kain katun lalu dimasukkan ke kulkas jika ingin disimpan lebih lama.

Sebelum bertunas, benih pohon pinus akan pecah dan terbuka lalu menumbuhkan akar. Prosesnya juga cukup lama bisa berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun. Jika benih tidak bertunas setelah beberapa minggu, keringkan lagi dan berikan perawatan.


6. Tanam Benih Pohon Pinus di Pot

ciri ciri pohon benih pinus
Sumber: abc.net.au
Selanjutnya, tanam benih pohon pinus di pot atau pipa. Perlu diketahui, pohon pinus cukup lemah dalam melawan infeksi dan sangat rentan dengan tikus atau lainnya. Jadi, pilih saja pipa plastik atau pot plastik untuk menanam pohon pinus.

Gunakan kulit pohon pinus dan gambut untuk menanam benih pohon pinus ini. Dorong benih ke dalam pot dengan akar yang mengarah ke bagian bawah pot. Kalau diletakkan di ruangan, pastikan berada di tempat yang tinggi supaya tidak menjadi sasaran tikus.

Pastikan bibit pohon pinus yang sudah tumbuh mendapatkan cahaya matahari yang cukup, tapi jangan terlalu banyak. Pindahkan dengan hati-hati jika bibit sudah semakin besar, dengan tinggi 5 -10 cm.

Itulah tips untuk menanam pohon pinus dari biji dan menjadikannya bibit siap tanam. Untuk mencobanya, gunakan beberapa tips tersebut. Semoga sukses!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Menanam Pohon Pinus dari Biji, Bisakah? Begini Tipsnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel