Artikel Pilihan

Menanam Pohon Gaharu Unggul

Ada berbagai macam pohon yang ditanam di Indonesia, salah satunya yaitu jenis pohon gaharu. Jenis pohon ini memang cukup bermacam-macam, sehingga jika memilih untuk menanam pohon gaharu unggul, maka sebagai pemula perlu untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan dari awal. Mulai dari pemilihan bibit, pemilihan lahan serta langkah dan urutan penanaman yang sesuai.

Tanpa persiapan yang tepat tentu saja dapat membawa pada kegagalan dalam pertumbuhan pohon gaharu yang ditanam. Inilah mengapa informasi yang sesuai dibutuhkan lebih dulu. Sayangnya, tidak banyak informasi yang cukup jelas mengenai menanam pohon gaharu unggul. Oleh sebab itu, berikut ini diberikan informasi yang berkaitan dengan hal tersebut untuk membantu petani gaharu pemula yang tertarik untuk terjun dalam penanaman pohon gaharu.

ciri ciri pohon gaharu

Memilih Bibit Unggulan

Pertama-tama sebaiknya pilih bibit unggulan yang akan memberikan hasil berupa pohon gaharu super. Ada banyak jenis bibit gaharu yang bisa ditanam dan dipelihara. Namun belum tentu semua bibit adalah kualitas unggulan. Apalagi tanaman dan bibit pohon gaharu ini mulai menipis jumlahnya. Sehingga tidak mudah untuk mendapatkan bibit gaharu yang baik.

Sementara dari pemerintah sendiri sudah menyarankan untuk hanya menanam pohon gaharu bersertifikat. Sehingga dalam artian bibit tersebut telah diperiksa dari segi fisik dan kesiapannya untuk dijadikan cikal bakal pohon gaharu yang bertumbuh untuk kepentingan bisnis maupun pertanian. Patut diketahui bahwa pohon gaharu unggul nantinya akan tumbuh dengan kualitas kayu yang tidak biasa saja, melainkan berkualitas baik dan super dengan warna kayu yang lebih gelap dibanding pohon gaharu umum atau biasanya.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: warungbibitunggul.com


Media Penanaman Dan Lahan

Setelah menyiapkan bibit yang baik dan tepat, tentu saja berikutnya adalah pemilihan lahan yang sesuai. Sebaiknya pilih media tanam yang paling subur dan berpotensi besar untuk memelihara gaharu secara optimal.

Ada banyak pilihan lokasi tanah dan media, tetapi belum tentu semuanya dapat menghasilkan pohon gaharu yang tumbuh sehat. Alternatif terbaik yaitu menanam lebih dulu bibit pohon gaharu di dalam polybag. Bila sudah cukup umur maka dapat dipindahkan ke lahan yang telah dipersiapkan dengan jarak yang cukup. Sehingga nantinya ada cukup ruang untuk pohon gaharu bertumbuh besar hingga masa usia panen.

Sebagai informasi, umumnya lahan yang terbaik untuk menanam gaharu yaitu seluas tiga kali tiga meter untuk per tiap pohon gaharu yang ditanam. Dengan estimasi bahwa luasan ini cukup untuk pertumbuhan gaharu hingga minimal berusia 7 tahun atau hingga waktu masa panennya kelak. Jika terlalu berdekatan maka penyerapan nutrisi pohon tidak maksimal, sehingga berpotensi tidak dapat memaksimalkan pertumbuhan pohon gaharu sesuai harapan yang diinginkan sejak awal.

Baca Juga :

Proses Tanam Pohon Gaharu Unggul

Hal paling penting untuk memastikan bahwa bibit pohon gaharu unggul tumbuh dengan baik yaitu langkah menanam pohon gaharu unggul yang tepat. Terutama poin penting dari hal ini yaitu proses pemeliharaan dan proses tanam yang sesuai. Termasuk berapa kali penyiraman yang diperlukan maupun berapa kali pemupukan yang diperlukan dalam setiap periode waktu.

Seperti yang telah diketahui bahwa panen pohon gaharu bisa berlangsung hingga 7 tahun berikutnya. Sehingga rentang waktu ini cukup panjang untuk bisa menimbulkan resiko gagal tanam pohon gaharu. Supaya terhindar dari hal tersebut, maka pemeliharaan yang sesuai harus terkontrol dengan baik.

Demikian halnya pemberian pupuk serta memastikan pengawasan ketat di masa awal menanam pohon gaharu unggul tersebut. Pastikan untuk melihat apakah bibit berhasil tumbuh atau tidak. Sehingga ada baiknya pengawasan yang intensif dilakukan setiap hari di awal penanaman dengan polybag.

Menanam pohon gaharu unggul tentunya dapat berhasil sesuai harapan jika dilakukan seperti yang disarankan di atas. Memang proses pemeliharaan pohon gaharu tidak dapat dikatakan cukup mudah. Tetap ada faktor resiko kegagalan dan potensi pohon gaharu tumbuh tidak maksimal.

Akan tetapi jika direncanakan dengan matang dan terdiri dari persiapan optimal, maka potensi kegagalan ini dapat dicegah. Sehingga pohon gaharu tumbuh optimal dan memberikan manfaat yang maksimal seperti ekspetasi yang diharapkan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Menanam Pohon Gaharu Unggul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel