Artikel Pilihan

Budidaya Pohon Gaharu Paling Tepat

Budidaya pohon gaharu tampaknya menjadi suatu hal yang dianggap bisa memberikan keuntungan bagi pembudidayanya. Pohon gaharu memang menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak dikenal bahkan sampai ke luar negeri. Banyak orang yang memburunya dan ingin memanfaatkan kegunaannya.

Oleh karena itu semakin banyak orang yang berniat untuk melakukan budidaya terhadap tanaman gaharu ini. Pembudidayaan tanaman gaharu yang tepat akan membuat pohon gaharu bisa bertumbuh dengan baik. Pada akhirnya cara pembudidaya dalam menanam dan merawat tanaman ini akan menentukan hasil dan kualitas pohon.

ciri ciri phon gaharu

Pemilihan Bibit

Untuk melakukan budidaya tanaman gaharu maka terlebih dahulu Anda harus melakukan penyemaian biji. Atau Anda juga bisa membeli bibit gaharu sehingga Anda bisa merawatnya dan membudidayakannya. Pembelian bibit gaharu sebaiknya dilakukan dengan tepat.

Untuk mendapatkan pertumbuhan pohon gaharu yang baik maka sebaiknya Anda memilih bibit gaharu yang telah bersertifikat dan telah mendapat izin. Bibit gaharu yang bersertifikat tentu akan bertumbuh menjadi pohon gaharu dengan kualitas yang baik. Namun tentu saja pertumbuhan yang baik dari bibit gaharu ini hanya bisa berlangsung jika memang Anda bisa melakukan budidaya pohon gaharu dengan tepat.

Media Penanaman

Selanjutnya dalam melakukan penanaman bibit gaharu maka Anda bisa menggunakan media yang paling baik. Anda bisa menggunakan media penanaman berupa tanah yang subur. Waktu yang paling tepat untuk melakukan penanaman pohon gaharu adalah pada masa musim hujan terutama di sore hari. Anda hanya tinggal memasukkan bibit ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Dalam hal ini sebaiknya Anda menggunakan cara yang sama dengan menanam pohon lainnya seperti cendana atau oregano.

Pada tanah haruslah dibuat lubang tanam dan hal ini sebaiknya dilakukan 2 minggu sebelum masa penanaman. Setelah itu tambahkan pupuk ke dalam lubang tersebut. Jika proses pemupukan telah selesai maka Anda bisa menunggu selama 1 minggu agar meresap. Setelah media tanam telah siap maka barulah Anda bisa melakukan penanaman pohon gaharu.
ciri ciri pohon kayu gaharu
Sumber: gaharubgr.blogspot.com


Pemupukan dan Penyiraman

Untuk proses pemupukan pada tanaman gaharu maka Anda bisa menggunakan berbagai jenis pupuk yang Anda. Memang sebaiknya pupuk yang digunakan bersifat alami sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur. Budidaya pohon gaharu selanjutnya bisa menggunakan pupuk baik pupuk kandang maupun pupuk humus. Pemberian pupuk humus bisa dibuat dari dedaunan yang kering. Anda bisa mengumpulkan dedaunan yang jatuh karena kering dan kemudian menimbunnya di dalam tanah.

Selain jenis pupuk kandang dan humus tupanya Anda juga bisa menggunakan pupuk urea. Pupuk urea umumnya dibuat dengan adnaya zat atau nutrisi penting bagi tumbuhan. Selain itu penyiraman pohon juga harus dilakukan dengan tepat terutama bila sedang tidak turun hujan. Setidaknya sekali dalam sehari pohon gaharu ini perlu disiram.

Baca Juga :

Penggunaan Inokulan

Inokulan menjadi salah satu nutrisi bagi pohon gaharu. Ada beberapa jenis inokulan yang bisa digunakan untuk menutrisi pohon gaharu. Biasanya inokulan ini berupa cairan yang kemudian diletakkan dalam wadah botol. Tutup botol kemudian dilubangi agar bisa diberi selang. Selang ini nantinya akan disambungkan menuju bagian tumbuhan yang diinokulasi. Jadi proses inokulasi ini dilakukan seperti halnya penggunaan infus.

Proses inokulasi harus dilakukan dengan cara yang tepat dan di waktu yang tepat. Sebab inokulasi ini bisa membuat pohon gaharu mengalami infeksi sehingga mengalami kematian. Inokulasi sendiri sekarang banyak dilakukan di bagian cabang pohon agar tidak menimbulkan kerusakan pada pohon. Penggunaan inokulan ini tentu akan menjadi suatu hal pelengkap dalam merawat pohon gaharu.

Panen

Budidaya pohon gaharu akan menjadi lebih lengkap bila pembudidaya telah melakukan pemanenan. Panen bisa saja dilakukan saat pohon mengalami infeksi karena proses inokulasi. Pohon yang mengalami kematian ini kemudian dipanen sambil menunggu pertumbuhan pohon selanjutnya. Pohon gaharu yang bertumbuh dengan baik tentu akan memberikan hasil dengan kualitas terbaik bagi Anda.

Dengan langkah budidaya pohon gaharu yang tepat, tentu akan dihasilkan panen yang berkualitas. Sehingga hal ini membantu nilai ekonomis tinggi yang dapat tercapai. Oleh sebab itu tentunya dalam memulai budidaya jenis pohon yang satu ini diperlukan kesiapan serta teknis yang sesuai seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Budidaya Pohon Gaharu Paling Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel