Artikel Pilihan

Jenis Pohon Palem yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah

ciri ciri pohon palem

Secara umum pohon palem sangat mudah ditemukan di berbagai tempat, karena jumlah penyukanya sangatlah banyak. Tanaman palem menjadi salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan perawatan yang minim. Pohon palem memang masuk dalam kategori pinang-pinangan dan pohon palem terkenal sebagai tanaman pekarangan rumah.

Pohon palem memang bisa ditanam di berbagai media dan bisa ditempatkan di berbagai lingkungan. Untuk bisa membuat pohon palem tumbuh sehat, anda hanya perlu menyiram secara rutin dan menjauhkan pohon palem dari berbagai tanaman yang merambat. Dengan menanam pohon di pekarangan rumah, tentu akan membuat nuansa rumah menjadi lebih segar dan asri.

Jenis Pohon Palem yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah

1. Palem Raja

Palem raja adalah adalah jenis palem yang bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter dan Palem Raja sangatlah mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Untuk menanam jenis palem raja haruslah ditempat yang terbuka, agar bisa menerima cahaya matahari secara langsung dan tanahnya harus ditambahkan dengan pasi, agar pertumbuhan pohon maksimal.

Palem raja bercirikan batang pohon yang kuat, sehingga pohon palem raja sangat kuat terhadap dorongan angin. Bentuk daun palem raja terlihat panjang dan daunnya selalu berwarna hijau. Palem raja juga bisa menghasilkan buah dan bentuknya buahnya bulat. Buah pohon palem raja memiliki kulit yang tebal dan di bagian dalam buahnya memiliki serat.

2. Palem Botol

Palem botol adalah salah satu pohon palem unik, karena memiliki bentuk yang menyerupai botol dan dan bentuk daun palem botol menyerupai daun pohon kelapa. Daun pohon palem botol juga memiliki tekstur yang sangat kuat dan pohon pelem botol terkenal dengan daya tahannya, sehingga bisa menahan terpaan angin dengan efektif.

Bagian batang pohon palem tidak mengandung air, sehingga proses penyiraman palem botol harus dilakukan secara rutin dan proses pertumbuhan palem botol terbilang sangat lambat. Pohon palem botol sangatlah cocok di pekarangan rumah, karena memiliki tampilan yang unik dan pohon palem botol sangatlah ramah terhadap lingkungan.

Baca Juga :

3. Palem Putri

Sumber: tamantanaman.com
Bentuk pohon palem putri memang tidak jauh beda dengan pohon palem raja, hanya saja palem putri memiliki ukuran yang lebih kecil. Palem putri adalah jenis palem yang berasal dari Manila dan banyak pecinta tanaman yang menyebut palem putri sebagai palem Filifina. Palem puri bisa tumbuh subur di Indonesia, karena karakteristik palem putri hidupnya di daerah tropis.

Untuk menanam palem putri sejak dari bibit, sebaiknya jangan biarkan bibit terkena cahaya matahari secara langsung. Apabila palem putri kecil mau ditanam di tanah terbuka, jangan biarkan kondisi tanahnya liat atau lembab. Buah pohon palem putri memiliki warna yang kemerahan, sehingga mirif dengan lampu natal.

4. Palem Bambu

ciri ciri pohon palem bambu
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Palem bambu adalah salah satu jenis pohon palem yang memiliki manfaat untuk menangkal polusi dan popularitas palem bambu tidak hanya menjangkau Indonesia saja, karena banyak orang asing yang menyukainya. Palem bambu yang ditanam di pekarangan rumah, akan menambah keindahan lingkungan rumah dan bisa menghadirkan nuansa yang sehat di sekitaran rumah.

Palem bambu tidak hanya bisa ditanam di luar ruangan, namun bisa juga ditanam di dalam pot dan keberadaan palem bambu di ruangan, akan meningkatkan sirkulasi oksigen. Palem bambu akan membuat udara menjadi bersih. Bagi anda yang suka merokok, bisa menanam pohon palem bambu di dalam rumah dan merawat pohon palem bambu dengan cara yang benar.

5. Palem Kipas

Palem kipas dalah salah satu jenis pohon palem yang sangat unik dan palem kipas memiliki bentuk yang menyerupai kipas. Palem kipas memiliki daya tahan yang sangat baik, sehingga cocok ditanam di pekarangan rumah. Pohon palem kipas juga mempunyai daya serap air yang bagus, sehingga bisa mencegah timbulnya banjir di pekarangan rumah.

Bentuk dari palem kipas juga sangat menarik, sehingga mampu memperindah pekarangan rumah. Pohon palem kipas juga tahan terhadap hembusan angin. Pohon palem angin tidak perlu dirawat dengan detail, karena penyiraman bisa dilakukan sesekali saja dan penyiraman boleh dilakukan saat kondisi daun sudah terlihat mengering.

Sekian ulasan lengkap mengenai jenis pohon palem yang cocok untuk pekarangan rumah dan semoga semua artikelnya bermanfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis Pohon Palem yang Cocok Untuk Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel