Artikel Pilihan

Sekilas Informasi Tentang Pohon Gaharu Buaya

Pohon gaharu buaya merupakan salah satu jenis dari berbagai macam varian pohon gaharu. Sebenarnya pohon gaharu sendiri sudah menjadi komoditi perdagangan dari Indonesia ke beberapa negara asing. Hal ini terjadi karena banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh pohon gaharu.

Diantaranya yaitu kayu gaharu yang merupakan hasil dari batang pohon gaharu dan begitu diminati oleh masyarakat baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya menghasilkan kayu berkualitas tinggi saja tetapi pohon gaharu termasuk jenis gaharu buaya juga memiliki ciri khas tersendiri yang cukup unik sehingga sangat diminati oleh masyarakat luas.

Bentuk dan Struktur

Pohon gaharu buaya memiliki tekstur yang cukup unik. Jika beberapa jenis pohon gaharu yang ada di tanah air ini bewarna coklat dan hampir keputih-putihan maka gaharu jenis buaya sedikit berbeda. Pohon gaharu berjenis gaharu buaya umumnya cenderung berwarna kehitaman. Warnanya cenderung gelap sehingga cukup berbeda dengan gaharu jenis lainnya.



Namun tetap saja kayu batang pohonnya sangat kuat sehingga banyak orang yang ingin memilikinya. Sedangkan bentuk bagian yang lain dari gaharu buaya tentunya sama dengan jenis gaharu lainnya. Daunnya berbentuk memanjang dengan disertai adanya beberapa bunga di bagian ketiak daun. Bunganya tergolong kecil dan bentuknya seperti payung.
Ciri Ciri Pohon Gaharu


Daerah Asal

Pohon gaharu dikenal berasal dari Indonesia. Pohon ini memang hanya bisa tumbuh di daerah beriklim tropis seperti misalnya di Indonesia. Sebenarnya beberapa jenis pohon gaharu juga bisa saja tumbuh di beberapa negara berkembang yang juga memiliki iklim tropis. Namun pohon gaharu yang berasal dari Indonesia sangat dikenal oleh masyarakat asing. Pohon gaharu buaya juga sudah tentu berasal dari Indonesia.

Pohon yang dikenal memiliki batang kayu yang kuat ini juga banyak diminati oleh masyarakat lokal dan asing. Pohon ini banyak dijumpai di daerah Kalimantan yang tentunya memiliki iklim tropis. Jadi Anda bisa menemukannya di Kalimantan. Namun Anda juga bisa membelinya karena umumnya gaharu jenis ini banyak dikirim dari kalimantan ke beberapa wilayah.
Ciri Ciri Pohon Gaharu
Sumber: wahanagaharu.blogspot.com

Manfaat Gaharu Buaya

Sama dengan pohon gaharu pada umumnya maka gaharu buaya juga memiliki manfaat yang sama dengan gaharu jenis lainnya. Kayu yang dihasilkan oleh batang pohon gaharu buaya bisa dijadikan sebagai bahan perabot. Kayu tersebut umumnya berwarna kehitaman dan memiliki tekstur yang kuat. Kayu gaharu juga bisa dijadikan sebagai bahan kosmetik dan juga diolah hingga menjadi minyak gaharu.

Tidak hanya kayu saja tetapi gaharu jenis ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan. Umumnya buah gaharu dapat direbus sehingga air rebusan tersebut dapat dikonsumsi. Mengonsumsi air rebusan buah gaharu akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan sehingga Anda bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit.


Harga Jual

Manfaat yang dimiliki oleh tanaman gaharu memang sangatlah banyak. Maka tak heran bila gaharu ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Biasanya kayu yang dihasilkan oleh gaharu memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Kayu gaharu memang dikenal memiliki kualitas yang baik. Maka tak heran bila banyak orang yang rela mendapatkannya walaupun dengan harga yang cukup mahal.



Terlebih lagi bila kayu gaharu ini memiliki kualitas super. Tentu saja kualitas kayu gaharu super ini bisa dibilang lebih dari kualitas gaharu lainnya. Kayu gaharu memang sudah sejak lama menjadi salah satu jenis komoditas yang diperdagangkan hingga ke luar negeri. Nilai kayu gaharu bahkan bisa saja sampai ratusan juta rupiah per kilogram karena kualitasnya yang dikenal sangat tinggi.

Cara Perawatan

Untuk mencegah kepunahan pohon gaharu buaya maka sudah seharusnya dilakukan budidaya gaharu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perawatan yang benar terhadap tanaman gaharu. Jika Anda ingin melakukan budidaya gaharu maka Anda harus tahu banyak hal mengenai apa yang dibutuhkan oleh tanaman gaharu agar dapat tumbuh dengan subur. Cara penyiraman dan pemupukan tanaman gaharu juga harus dilakukan dengan benar. Selain itu gaharu buaya juga harus diberikan penyiangan yang baik pula.

Beberapa informasi tentang pohon gaharu buaya di atas tentu dapat memberikan pandangan akan tumbuhan yang satu ini. Sehingga jika tertarik untuk menanamnya sebaiknya perhatikan informasi di atas. Supaya nantinya tanaman tumbuh subur dan bisa optimal hasil panennya.

Belum ada Komentar untuk "Sekilas Informasi Tentang Pohon Gaharu Buaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel