Artikel Pilihan

Ketahui Persebaran Pohon Waru di Seluruh Dunia

Persebaran pohon waru tidak menyebar di seluruh penjuru di dunia ini. Alasannya sederhana, yaitu karena pohon waru sendiri hanya bisa hidup di lingkungan dan kondisi alam tertentu. Pada artikel kali ini akan dibahas ke mana saja persebaran dari pohon Waru ini.

ciri ciri pohon waru

Anda juga akan mengetahui kondisi lingkungan seperti apa yang dibutuhkan oleh pohon waru untuk bisa tetap hidup. Sebelumnya juga perlu Anda ketahui bahwa pohon waru tak melulu bisa hidup Karena ditanam oleh manusia saja, pohon waru juga bisa hidup secara alami atau dengan sendirinya.

Persebaran Pohon Waru Di Dunia

Berikut ini akan disebutkan ke mana saja persebaran pohon waru. Persebaran ini akan disebutkan berdasarkan benua atau negara.


1. Asia Tenggara

Di dalam Asia Tenggara ada sebelas negara, bisa dikatakan semua negara yang ada di Asia Tenggara ini telah dijadikan persebaran pohon waru. Hal ini sangat wajar, sebab Asia Tenggara adalah bagian dari benua Asia yang dilewati garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa faktor lain yang yang mempengaruhi mengapa waru bisa hidup alami di sini.

Untungnya salah satu negara di Asia Tenggara adalah negara Indonesia kita ini. Di negara kita, tidak akan sulit dicari pohon waru, baik itu yang ditanam oleh manusia atau yang tumbuh dengan sendirinya. Pohon Waru di Indonesia bisa dijumpai di berbagai tempat, asalkan tidak jauh dari perairan. Misalnya saja seperti di tepi pantai, rawa, hutan, sungai, dan lain sebagainya.

2. Australia

Australia memang sebuah pulau sekaligus benua yang cukup luas. Tidak semua penjuru di benua Australia bisa ditumbuhi oleh pohon waru, baik yang hidup dengan sendiri maupun yang ditanam oleh manusia.
ciri ciri pohon waru
Sumber: i.ytimg.com
Persebaran pohon waru di Australia tidak di seluruh penjuru Australia, melainkan hanya Australia bagian ‘atas’. Lebih tepatnya lagi, hanya Australia bagian utara dan timur yang bisa ditumbuhi oleh pohon waru. Sisanya atau Australia bagian selatan dan barat, cuaca dan kondisi lingkungannya tidak mendukung pertumbuhan dari pohon ini.

Baca Juga :

3. Afrika

Rasanya kurang wajar apabila tumbuhan eksotis seperti waru tidak ditemui di benua Afrika. Benua Afrika menjadi persebaran pohon waru selanjutnya setelah Asia Tenggara dan Australia. Pohon Waru yang ada di benua Afrika kebanyakan ada sebagai pohon yang liar atau tumbuh dengan sendirinya. Meski begitu, tetap ada warga di sana yang sengaja membudidayakannya. 

Sama seperti yang terjadi di Australia, tidak di seluruh penjuru benua Afrika Anda bisa menemukan pohon waru. Persebaran pohon waru di Afrika hanya di beberapa daerah saja, yaitu negara-negara yang berada di bagian selatan benua Afrika.

4. Oceania

Selain bagian-bagian di dunia yang telah disebutkan di atas, pohon Waru juga telah diteliti bisa hidup di Oceania. Untuk Anda yang belum tahu, Oceania adalah kawasan yang terletak di Samudra Hindia. Terletak tepat di antara Indonesia dan Australia.

5. Hawaii

Di Hawaii Anda juga akan menemukan pohon waru, karena Hawaii adalah salah satu tempat persebaran pohon waru. Dibanding pohon Waru di Afrika, Waru di Hawai lebih banyak yang bersifat liar. Sangat jarang ada warga yang sengaja membudidayakan pohon ini, karena dengan sendirinya saja pohon ini bisa tumbuh.
ciri ciri pohon waru
Sumber  sinarpidie.co
Anda pasti juga ingat bahwa Hawaii adalah negara yang memiliki banyak pantai. Sangat masuk akal jika dikaitkan dengan habitat dari pohon waru itu sendiri, yaitu salah satunya di tepi pantai.

Di Mana Pohon Waru Bisa Hidup

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pohon Waru bisa hidup dengan persebaran pohon waru yang telah disebutkan di atas karena tempat-tempat tersebut memiliki lingkungan yang mendukung. Memang ada beberapa faktor yang membuat pohon waru bisa hidup dengan sendirinya.

Salah satunya adalah curah hujan, curah hujan per tahun yang dibutuhkan oleh pohon Waru untuk bisa hidup adalah 800 sampai 2000 mm. Waru bisa hidup di kondisi lingkungan yang kering, namun juga bisa hidup di lingkungan yang tergenang. Ketinggian lokasi yang paling ideal untuk bisa ditumbuhi pohon Waru adalah kurang lebih 1700 meter dari permukaan laut.

Persebaran pohon waru salah satunya ada di Indonesia, Anda juga telah mengetahui lingkungan seperti apa yang dibutuhkan oleh pohon waru agar bisa hidup.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ketahui Persebaran Pohon Waru di Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel