Artikel Pilihan

Kaya Manfaat, Ini Fungsi dari Kayu Pohon Waru

Kayu pohon waru adalah salah satu bagian dari pohon yang bisa memberikan banyak manfaat. Bagian-bagian dari pohon ini tentu saja ada akar, daun, bunga, dan lain sebagainya. Memang semuanya sama-sama bisa memberikan manfaat, namun bagian kayu adalah bagian yang bisa dikatakan paling banyak memberikan manfaat. Apa saja manfaatnya Anda akan segera mengetahuinya.

Manfaat Kayu Pohon Waru

Mulai dari dimanfaatkannya untuk membuat furniture mebel hingga untuk membuat kayu bakar, berikut satu persatu manfaat dari kayu pohon waru. Manfaat ini bisa didapatkan di tidak sembarang pohon waru. Harus pohon waru dengan usia tertentu atau keadaan tertentu supaya kayunya bisa dimanfaatkan untuk berbagai manfaat berikut.

1. Membuat Furniture

Manfaat pertama dan yang paling diambil adalah kayu waru bisa dijadikan sebagai bahan pembuat furniture. Furniture yang bisa diciptakan dari kayu pohon waru beragam. Bisa dibuat furniture seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Alasan mengapa kayu dari pohon waru digunakan untuk manfaat ini tak lain adalah karena kekuatannya.

ciri ciri pohon kayu waru

Pohon Waru adalah salah satu dari banyak pohon yang bisa tumbuh besar dan menjadi perindang di dunia ini. Karena bisa tumbuh hingga belasan meter yang mana batangnya mencapai diameter berpuluh-puluh sentimeter, para pengusaha furniture tidak rugi jika memilih pohon waru untuk dijadikan bahan. Juga ada karakteristik dari pohon waru yang mirip dengan pohon jati, pohon yang kayunya digunakan untuk membuat furniture.

2. Membuat Perahu

Masih ingatkah Anda bahwa salah satu habitat dari pohon Waru adalah di tepi pantai? Memang benar adanya waru adalah tumbuhan yang bisa hidup secara mandiri di sekitar perairan, salah satunya di tepi pantai. Mungkin hal inilah yang menjadi ide untuk nenek moyang kita membuat perahu dari pohon waru.

Pohon Waru sudah biasa ada di tepi pantai dan ternyata karakteristik batangnya mendukung untuk dijadikan sebuah benda yang kuat, yaitu perahu. Seterusnya Kayu waru sudah biasa dijadikan sebagai bahan pembuat perahu. Ingat, Waru hanya dijadikan sebagai bahan pembuat perahu saja, bukan besar yang dikomersialkan.


3. Gagang Alat Perkakas Bangunan

Pernahkah Anda menduga bahwa gagang pada alat perkakas bangunan biasa dibuat dari kayu pohon waru? Mungkin selama ini kita hanya menggunakan alat perkakas bangunan saja, tanpa perlu memperhatikannya. Padahal kebanyakan alat perkakas yang selama ini kita gunakan, jika gagangnya terbuat dari kayu, maka kayu yang digunakan adalah kayu pohon waru.

Baca Juga :

Tentu saja ada alasan mengapa kayu dari pohon waru digunakan untuk hal ini. Alasannya juga tidak jauh berbeda dengan alasan-alasan manfaat sebelumnya. Kayu dari pohon waru dinilai cukup kuat, sehingga bisa diandalkan untuk dijadikan gagang atau pegangan dari alat perkakas bangunan.

4. Ukiran 

Di atas telah disebutkan bahwa kayu pohon waru bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuat furniture. Hari ini ada manfaat lebih detail yang bisa diberikan dari kayu ini. Kayu waru memiliki sifat yang kuat namun mudah untuk dibentuk, sama artinya juga dengan mudah diukir.

Inilah alasan yang membuat orang menjadikan kayu waru sebagai pintu yang harus diukir atau dihias. Tidak melulu soal kayu pintu yang diukir. Telah banyak karya seni berupa ukiran kayu, kayunya berasal dari pohon waru.

5. Kayu Bakar

Rupanya kayu pohon waru juga bisa digunakan sebagai kayu bakar. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, terlebih untuk mereka yang mengadakan camping di tepi pantai atau tepi perairan di lokasi lain. Tanpa perlu pergi jauh, mereka bisa dengan mudah menemukan pohon Waru, dan menjadikan kayunya atau lebih tepatnya rantingnya sebagai kayu bakar.
ciri ciri pohon kayu waru
Sumber: waterbasecoating.com
Karena hal ini pula, mereka yang ingin melakukan aktivitas di tepi perairan di malam hari tidak perlu membawa kayu dari rumah. Karena untuk memanaskan badan atau sumber pencahayaan, bisa langsung dimanfaatkan kayu pohon waru.

Kayu Pohon Waru Memang Kaya Manfaat

Kayu pohon waru memang bisa dinilai sebagai kayu yang kaya manfaat. Manfaatnya terbukti konkrit dan bisa digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Baik itu mereka yang sekedar mencari kayu untuk membakar, perusahaan yang memproduksi furniture, dan lainnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kaya Manfaat, Ini Fungsi dari Kayu Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel