Artikel Pilihan

Dengan Fisiologis yang Rindang, Ini Fungsi Pohon Ketapang


Keputusan untuk memelihara pohon ketapang di sekitar rumah adalah keputusan yang oke karena rupanya ada cukup banyak fungsi pohon ketapang. Secara fisiologis, pohon ini memang memiliki kesan rindang dan tidak semua pohon memiliki kesan demikian.

Karenanya, ada beberapa fungsi pohon ketapang yang harus diketahui siapa saja termasuk Anda. Apalagi mereka yang sedang mencari perindang dan peneduh di sekitar hunian, sangat disarankan untuk mencoba menanam pohon ketapang.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com

Fungsi Pohon Ketapang

Berikut ini akan disebutkan beberapa fungsi pohon ketapang beserta penjelasan singkatnya. Setelahnya Anda yang memang mencari fungsi tersebut bisa langsung membeli bibit pohon ini untuk segera dibudidayakan. Terlebih, pohon ketapang sudah diakui sebagai pohon yang tidak membutuhkan perawatan ribet. Langsung saja, berikut beberapa fungsi pohon ketapang.



Sebagai Perindang

Sudah tahukah Anda bagaimana bentuk dari pohon ketapang? Jika sudah tahu, maka akan mudah bagi Anda untuk menyimpulkan bahwa fungsi pohon ketapang utamanya adalah sebagai perindang. Perindang dalam artian ini tak hanya cocok untuk ditaruh di taman rumah saja, melainkan juga cocok sebagai perindang di taman umum maupun pinggir jalan raya.

Mengapa bisa cocok ditanam di pinggir jalan? Nantinya Anda akan menemukan jawabannya. Namun yang pasti, jika Anda sedang mencari pohon yang bisa merindangkan taman rumah maka pohon ketapang ini solusinya.

Sebagai Peneduh

Fungsi pohon ketapang selanjutnya adalah untuk peneduh. Anda mungkin membutuhkan taman untuk banyak aktivitas, bisa untuk mengajarkan anak sedikit ilmu alam, bersantai, berjemur, atau hal lainnya yang bisa dilakukan di taman. Jika demikian, maka pastikan Anda mengetahui bahwa salah satu fungsi dari pohon ketapang adalah untuk peneduh.

Karena bisa meneduhkan apa saja atau siapa saja yang berada di bawahnya, maka ada hal lain yang bisa didapatkan dari pohon ketapang ini. hal lain tersebut adalah peningkat konsentrasi. Mungkin saja Anda berencana untuk melakukan meditasi di luar ruangan atau belajar di luar ruangan. Dua aktivitas ini membutuhkan konsentrasi. Untungnya pohon ketapang bisa memberikan kontribusi berupa peningkat konsentrasi.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com


Peminimalisir Polusi

Fungsi pohon ketapang selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah bahwa pohon ini bisa meminimalisir kadar polusi. Apapun sebab polusinya tetap bisa diminimalisir kadarnya jika ada pohon ketapang. Karenanya, Anda yang tinggal di perkotaan di mana letak rumah Anda dekat dengan jalan raya sangat disarankan untuk memiliki pohon ketapang.

Tanamlah bibit pohon ketapang di lahan yang tersedia, dan rawatlah setiap harinya supaya kunjung besar. Setelah besar, Anda bisa menuai manfaat ini dan pada akhirnya saluran pernapasan Anda bisa tetap sehat meskipun tinggal di perkotaan.

Tak hanya untuk Anda yang tinggal di perkotaan saja, Anda yang tinggalnya di pedesaan juga tetap disarankan untuk menanam pohon ini. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, pohon ketapang bisa menjadi perindang sekaligus penyejuk. Tanah Anda yang luas menjadi tidak tampak gersang jika ditanami pohon ketapang. Daun dan dahan di pohon ketapang sifatnya melebar, sehingga bisa digunakan untuk peneduh dan membuat kesan anti gersang di sebidang tanah.

Pelindung Dari Sinar Matahari

Fungsi selanjutnya dari pohon ketapang adalah untuk proteksi atau pelindung dari sinar matahari. Hal ini benar adanya dan telah dibuktikan oleh siapa saja yang merawat pohon ini sampai tumbuh besar. Tadinya ada fungsi pohon ketapang sebagai peneduh, fungsi kali ini disajikan dengan lebih spesifik.



Fungsi terakhir adalah untuk pelindung dari sinar matahari. Alasannya adalah karena dahan atau ranting dan daun dari pohon ini bisa melebar, yang mana jika kita berada di bawahnya akan sedikit sinar matahari yang mengenai. Hal ini bisa dijadikan manfaat lain, misalnya saja dengan memilih bawah pohon ketapang sebagai tempat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Selain empat fungsi pohon ketapang di atas sebenarnya masih ada lagi fungsi-fungsi lebih spesifik dari tanaman ini. Masing-masing bagian pohon bisa dimanfaatkan. Salah satunya bagian daunnya, daun pohon ketapang bisa memberikan manfaat kesehatan yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Dengan Fisiologis yang Rindang, Ini Fungsi Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel