Artikel Pilihan

Manfaat Daun Pohon Ketapang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Non Medis


Ciri Ciri Pohon Ketapang

Berbicara tentang pohon ketapang, mungkin kebanyakan dari anda mengenalnya sebagai salah satu pohon peneduh yang banyak ditanam di taman trotoar hingga pekarangan rumah. Karena pohonnya cukup tinggi dan lebar, pohon ketapang bisa membuat area di sekitarnya menjadi teduh.

Namun tak hanya berfungsi sebagai pohon peneduh saja, pohon ketapan juga memiliki manfaat yang sangat baik terutama pada bagian daunnya. Manfaat daun pohon ketapang bisa dijadikan sebagai salah satu pengobatan non medis untuk mengobati berbagai penyakit. Apa sajakah manfaat daun ketapang di bidang kesehatan? berikut ini penjelasannya.

1. Menghilangkan Sariawan

Manfaat daun ketapang
Sumber: tokopedia.com
Salah satu khasiat utama dari daun pohon ketapang adalah dapat mengobati penyakit sariawan. daunnya mengandung sifat anti-infeksi yang dapat membantu mengobati sariawan di dalam mulut yang tentu saja sangat mengganggu kenyamanan. Untuk memanfaatkannya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ekstrak daun ketapang.




2. Mengurangi Hipertensi

Daun ketapang juga sangat membantu untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sama seperti cara sebelumnya, anda bisa memanfaatkan daun ketapang ini dengan cara meminum air rebusan daun pohon ketapang untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca juga : Selain Outdoor, Pohon Ketapang Indoor dan Bonsai Kini Banyak Dibudidayakan

3. Mengobati Stroke

Stroke menjadi salah satu penyakit yang cukup membahayakan bahkan beresiko mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab mengapa seseorang dapat mengalami stroke, mulai dari stress, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lainnya. Selain dengan obat-obatan medis, stroke juga bisa diobati dengan obat-obatan non medis seperti daun ketapang. Cara nya dengan mengkonsumsi air rebusan dan ketapang maka akan mengurangi resiko terserang stroke.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun pohon ketapang lainnya yang bisa didapatkan adalah melancarkan pencernaan dan mengobati masalah yang terjadi dalam sistem pencernaan. Misalnya saja jika anda mengalami diare atau sembelit, makan daun ketapang bisa membantu mengatasi dan menyembuhkannya.

5. Meredakan Nyeri Haid

Manfaat daun ketapang
Sumber: palapanews.com
Bagi sebagian besar wanita, saat hadi tiba terkadang bisa merasakan nyeri yang menyebabkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Jika anda mengalami kondisi seperti ini ketika sedang haid, maka anda bisa menggunakan manfaat daun pohon ketapang untuk meredakan nyeri haid. Anda bisa membuat obat nyeri haid dengan cara mengolahnya menjadi minuman terlebih dahulu.

6. Mempertajam Daya Ingat

Daya ingat seseorang dapat menurun yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti pertambahan usia, genetik, gizi dan nutrisi serta kemampuan otak yang jarang diasah.Untuk mempertajam daya ingat, anda bisa menggunakan manfaat daun ketapang sebagai salah satu solusinya.

Di dalam daun ketapang mengandung senyawa yang membuat kerja otak menjadi lebih maksimal dan optimal. Sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan daun ketapang secara rutin setiap hari sudah sangat membantu menajamkan daya ingat.

7. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Daun ketapang juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit kulit, seperti gatal, kurap, kadas, hingga jamur. Cara menyembuhkan penyakit kulit dengan daun ketapang bisa dilakukan dengan menumbuk halus daun ketapang hingga didapatkan sari daun ketapang. Kemudian gunakan daun yang telah dilumat tersebut dan oleskan di bagian tubuh yang mengalami penyakit kulit. Gunakan secara rutin sehingga penyakit kulit bisa cepat teratasi.

Baca juga : Kapan Usia Pohon Ketapang Siap Untuk Berbuah?

8. Mengobati Wasir

Anda juga bisa mengobati wasir dengan menggunakan daun ketapang, cara ini bisa membantu untuk mengatasi rasa sakit serta meminimalkan pendarahan. Cukup mudah, rebus saja daun ketapang hingga terasa cukup hangat. Setelah itu gunakan untuk mencuci daerah yang terkena wasir. Lakukan cara ini rutin hingga wasir bisa disembuhkan dan pendarahan juga dapat berhenti.

9. Penyakit Herpes





Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpesviridae yang mengakibatkan kulit seseorang dapat mengering hingga melepuh. Jenis virus herpes yang umum menyerang merupakan virus herpes simpleks (HSV) yang dapat menyebabkan infeksi di beberapa bagian tubuh, mulai dari wajah, mulut hingga kelamin atau yang dikenal sebagai herpes genital. Daun ketapang bisa anda manfaat untuk mengobati herpes dikarenakan kandungan antibiotik dan beberapa jenis vitamin yang penting dalam penyembuhan herpes.

Nah itu tadi beberapa manfaat daun pohon ketapang bagi kesehatan serta pengobatan non medis. tentunya cara ini akan lebih aman karena tidak ada kandungan bahan kimia di dalam daun ketapang.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Pohon Ketapang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Non Medis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel