Artikel Pilihan

Mengenal Pohon Ketapang Biola, Si Mini yang Multiguna

Pohon ketapang biola adalah salah satu jenis pohon ketapang yang cukup unik dan tentu saja berbeda dari jenis lainnya. Jenis ini cukup berbeda, sebab jenis ketapang lainnya biasa cepat tumbuh hingga setingga bermeter-meter dan selalu dimanfaatkan menjadi perindang dan peneduh rumah. Pohon ketapang biola biasa dijadikan tanaman hias karena tingginya yang bisa dikontrol dan memiliki daun yang indah.

ciri ciri pohon ketapang biola

Anda yang tertarik untuk menjadikan pohon ketapang biola sebagai percantik rumah tentu harus mengenali lebih lanjut tentang pohon ini. Malahan, saat membudidayakannya nanti Anda bisa mengambil berbagai manfaat yang memang dimilikinya. Sebelum beralih ke apa saja manfaat jenis ketapang, terlebih dahulu ketahui karakteristik dari pohon ini.

Karakteristik Pohon Ketapang Biola

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari jenis ketapang tersebut. Sebab, dengan mengetahuinya pastinya menjadi sedikit gambaran untuk Anda yang ingin membelinya dan membudidayakannya nanti.

1. Tinggi

Seperti yang telah ditulis di atas, tinggi pohon ketapang biola bisa dikontrol. Namun untuk tinggi aslinya, telah diteliti bahwa jenis ketapang ini bisa tumbuh 12 sampai 15 meter. Apa yang membuat ketapang jenis ini bisa dikontrol adalah apabila Anda menanamnya di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan.

2. Daun

Salah satu ciri khas dari ketapang biola adalah daunnya. Daun jenis ketapang ini melebar dan inilah salah satu yang menjadi daya tariknya. Lebar dari daun ketapang biola bisa mencapai 15 sampai 30 sentimeter, sedangkan untuk panjangnya mulai dari 25 sampai 45 sentimeter.

Warna dari daun adalah hijau tua dan pekat. Sedangkan apabila diraba maka akan terasa kasar. Alasannya adalah vena dari daun ketapang jenis ini berbeda dengan vena pada daun ketapang jenis lainnya. Vena pada daun ketapang biola sifatnya menonjol dan bergelombang.

3. Asal Tumbuhan

Satu hal lain yang mungkin akan membuat Anda heran adalah asal dari ketapang ini. kebanyakan jenis ketapang berasal asli dari Asia Tenggara, namun tidak untuk jenis biola ini. Sebab diketahui ketapang jenis ini berasal dari Afrika Barat.

Manfaat Pohon Ketapang Biola

Setelah mengetahui beberapa karakteristiknya, mari kita ketahui apa saja manfaat yang bisa diberikan jenis ketapang ini. Memang benar ketapang tak hanya memberikan manfaat sebagai penghias saja. Melainkan juga ada manfaat-manfaat lain yang bisa didapatkan.

Baca Juga :

1. Pengobatan Diare

Ada bagian dari ketapang biola yang bisa memberikan manfaat untuk pengobatan diare. Bagian pohon tersebut akan diolah dan biasa dibudidayakan dalam sebuah industri untuk diambil manfaatnya ini. industri yang dimaksud tak lain adalah industri obat yang produknya untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare.

2. Pengobatan Kulit

Ada beberapa masalah kulit yang dinilai bisa sembuh dengan obat yang dibuat dari ketapang biola. Terlepas dari bagian tubuh mananya itu masih dirahasiakan oleh industri yang bersangkutan. Namun demikian, tetap bisa dipastikan pohon ketapang biola bisa memberikan manfaat ini.

3. Obat Tradisional

Obat herbal atau tradisional ada yang dibuat dengan campuran ketapang biola. Pastinya bagian pohon ketapang ini dipilih karena telah terbukti kemujarabannya. Orang-orang yang memang terbiasa membuat campuran obat tradisional atau obat herbal mengakui bahwa memang ketapang biola digunakan. Apa saja pengobatan yang bisa dilakukan dengan bahan alam ini, beberapa diantaranya adalah dua manfaat di atas.
Ciri Ciri Pohon Ketapang Biola
Sumber: pinterest.co.uk
Kini Anda sudah mengenal lebih lanjut tentang pohon ketapang biola. Pohon ketapang biola memang bisa diandalkan sebagai tanaman hias, namun sebaiknya jangan lupakan manfaat yang bisa diberikannya karena mungkin saja Anda berencana mengambil manfaat-manfaat tersebut.

Terlebih, tidak sulit untuk merawat salah satu jenis ketapang yang cantik ini. Anda hanya perlu merawatnya sewajarnya, menaruhnya di pot yang tidak terlalu besar, dan memasukkannya ke dalam ruangan. Memang benar berbeda dengan jenis ketapang lainnya, sebab ketapang yang lain akan membutuhkan sinar matahari sepanjang hari untuk bisa tetap tumbuh dengan baik.

Untuk mulai membudiyakannya lebih baik Anda membeli bibitnya saja. Sebab dengan membeli bibitnya, Anda hanya perlu memindahkannya saja ke pot, tidak perlu melakukan penyemaian biji.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pohon Ketapang Biola, Si Mini yang Multiguna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel