Artikel Pilihan

Mengenal Tanaman Bonsai Serut dan Cara Menanamnya

Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut

Jika berbicara mengenai tumbuhan memang seakan tidak akan ada habisnya. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan berbagai macam tumbuhan atau tanaman. Dari tanaman-tanaman tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Ada yang hidup sebagai pelengkap kebutuhan, sebagai tanaman hias, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap tentang Tanaman Bonsai Serut dan cara Menanamnya. Tahukah Anda mengenai tanaman tersebut? Simaklah penjelasan berikut ini

Definisi Tanaman Bonsai Serut

Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut
Sumber: bennisobekti.com
Tanaman Bonsai memiliki nama latin Streblus Asper merupakan salah satu jenis tanaman liar. Anda bisa menemui tanaman ini di pegunungan, hutan , kebun, dan alam bebas lainnya.Tanaman Bonsai serut adalah tanaman bonsai yang mempunyai daun berwarna kehijau-hijauan.




Selain itu, batang dari tanaman ini berbentuk seperti bonggol dan berwarna putih. Pohon serut yang dipergunakan untuk bonsai adalah pohon yang mempunyai daun dan buah yang kecil, serta memiliki bunga.

Baca juga : Memulai Bisnis Bonsai Beringin dan Dapatkan Untung Miliaran Rupiah

Cara Menanam Tanaman Bonsai Serut

Setelah mengetahui apa itu Bonsai Serut, kini saatnya Anda harus mengetahui cara menanamnya. Cara memilih dan menanam tanaman ini tidaklah sulit. Namun, Anda perlu memperhatikan penuh akan perawatannya supaya tanaman tidak kering dan mati. Berikut adalah rangkaian cara menanam yang baik dan benar :

1. Mencari Bibit yang Sesuai

Cara untuk mendapatkan tanaman Bonsai yang pertama adalah tentu saja memilih bibit yang sesuai. Anda harus bisa menganalisa bibit mana yang sehat dan sakit. Jika dirasa bibit tersebut sakit atau tidak sehat maka janganlah membuang-membuang waktu untuk memilih dan menanamnya.

Anda bisa mencari bibit-bibit Bonsai di daerah alam seperti pinggiran sungai. Untuk masalah ukuran bibit yang kecil atau sedang tidak menjadi suatu masalah. Yang harus diperhatikan adalah lihatlah bibit tersebut mengenai kondisi kesuburannya seperti tanaman tersebut tegas dan tidak layu. Selain itu, tanaman yang sehat dapat ditandakan dengan daun yang segar dan berwarna hijau tidak kekuning-kuningan.

2. Memperhatikan Teknik Penggalian Bibit

Setelah menemukan bibit yang sesuai, maka galilah tanaman tersebut. Untuk proses penggalian tidak bisa langsung mencabutnya sembarangan. Ambil tanaman ini pelan-pelan dan jangan lupa mencabutnya hingga ke akar-akarnya.

Hal ini memiliki tujuan jika diharapkan tanaman Bonsai Serut setelah dipindahkan akan tetap hidup. Setelah berhasil dicabut hingga akar, potonglah bagian batang tanaman sesuai yang diinginkan. Buanglah bagian daun dan rantingnya. Hal ini ditujukan agar tunas-tunas baru dapat tumbuh dan mudah untuk dibentuk Bonsai.

Baca juga : Anda Harus Tahu Pohon Bonsai Beringin Tertua di Dunia Ini

3. Mencuci Batang Pohon Serut

Langkah ketiga setelah membuang bagian daun dan ranting maka Anda harus mencuci batang pohon tersebut. Tutuplah semua bagian ujung batang potong dengan menggunakan plastik.

Di sisi lain, jika Anda ingin menutup semua bagian tanaman maka hal tersebut juga diperbolehkan. Tujuan dari menutup tanaman ini agar tidak kering dan menjaga kelembaban tanaman untuk ditempatkan di dalam pot yang sudah disediakan.

4. Menyiapkan Tempat Penanaman

Untuk membuat tanaman Bonsai Serut memang harus memperhatikan tempat penanamannya. Baik itu dari segi tempat ataupun media. Sebagai tempat penanaman Bonsai, Anda bisa menggunakan bak, pot, ataupun karung.

Media untuk penanaman bisa menggunakan tanah kompos atau tanah pekarangan. Untuk masalah takaran tanah, Anda harus menyesuaikan dengan tempat penanaman. Berkaitan dengan tanah, tempat juga harus disesuaikan dengan ukuran Bonsai yang ingin ditanam. Pasanglah tempat dan media dengan ukuran yang sesuai yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

5. Menanam Kembali dan Memperhatikan Perawatan

Cara yang terakhir dalam penanaman tanaman Bonsai Serut adalah memperhatikan perawatan. Setelah menanam pada tempat yang baru maka jangan lupa untuk menyirami tanaman tersebut. Siramlah Bonsai minimal tiga kali sehari. Jangan menyiramnya terlalu sering karena hal tersebut bisa membuat tanaman busuk.

Berilah pupuk atau obat untuk merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru. Untuk rekomendasi pupuk atau obat yang baik, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak toko obat pertanian. Namun, terdapat cara tradisional untuk merangsang tumbuhnya tunas baru seperti menyiramnya menggunakan perasan air bawang merah dan lain sebagainya.




Demikianlah penjelasan mengenai pengenalan Tanaman Bonsai Serut dan cara menanamnya. Dari penjelasan di atas sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan Tanaman Bonsai yang bagus dan terbaik.

Hanya saja, Anda harus benar-benar memperhatikan cara penanaman dan perawatannya langkah demi langkah. Jika diperlukan, berikanlah pupuk atau obat-obatan untuk mendapatkan Bonsai dengan perkembangan maksimal.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Tanaman Bonsai Serut dan Cara Menanamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel