Artikel Pilihan

Jenis Jenis Pohon Maple Jepang Terbaik Untuk Halaman Rumah

Salah satu jenis pohon yang bisa menambah keindahan sebuah rumah di sepanjang musim adalah pohon maple. Selain jenis pohon maple Bloodgood yang sudah sangat populer sekarang ini, ternyata masih ada begitu banyak jenis pohon maple Jepang yang juga tidak kalah cantik untuk ditanam di halaman rumah anda. Sebagai referensi tambahan, berikut akan kami ulas beberapa diantaranya.


1. Dissectum Atropurpureum

ciri ciri pohon maple

Dissectum Atropurpureum merupakan jenis pohon maple Jepang dengan bunga berwarna merah mudah yang sangat cantik. Varietas maple Jepang klasik ini terlihat sangat cantik dengan daun berwarna ungu tua sedikit berbulu dan lebat. Nantinya, warna daun tersebut akan berubah menjadi merah cerah pada saat musim gugur.

Pohon maple ini memiliki nama Latin Acer palmatum 'Dissectum Atropurpureum yang bisa tumbuh dengan subur di cuaca teduh serta lembah. Selain itu, drainase tanah juga harus selalu baik sehingga nantinya bisa tumbuh hingga mencapai 2.4 meter.

2. Coonara Pygmy

Ketika musim semi, pohon maple Jepang kerdil bernama Coonara Pygmy ini akan mengeluarkan dedaunan berwarna pink yang sangat indah. Namun warna pink indah tersebut akan mulai memudar ketika musim panas. Saat memasuki musim guguk, maka daunnya akan berubah menjadi warna merah oranye yang sangat terang.

Karena jens pohon maple Jepang bernama Coonara Pygmy berukuran kecil, maka menjadi tanaman yang cocok ditanam dalam wadah atau juga bisa ditempatkan pada ruang sempit atau kecil. Pohon maple yang memiliki nama Latin Acer palmatum Coonara Pygmy ini bisa tumbuh dengan subur di area teduh, lembab dan memiliki drainase baik dengan ketinggian mencapai 2 meter saja.

3. Green Cascade

Pohon maple Jepang Green Cascade yang dijuluki fullmoon ini memiliki warna daun hijau berkilau serta sangat halus. Sedangkan ketika masuk musim gugur, maka daun pohon maple Jepang ini akan berubah menjadi oranye dan merah. Acer japonicum ini bisa tumbuh dengan subur di lokasi yang teduh dan lembab serta tanah yang memiliki drainase baik. Sedangkan untuk ketinggiannya bisa mencapai hingga 3 meter.

4. Golden Full Moon Maple

ciri ciri pohon Golden Full Moon Maple
Sumber: gardenpalms.com
Golden Full Moon Maple adalah tanaman yang sangat indah dengan warna daun kuning keemasan selama musim panas. Namun jika anda ingin warna khas dari musim gugur, maka anda bisa memilih Aureum yang pada bagian ujung daunnya membentuk garis merah namun di bagian tengah daun tetap berwarna keemasan.

Golden Full Moon Maple ini memiliki nama Latin Acer shirasawanum. Jenis pohon maple Jepang ini bisa tumbuh dengan baik di area teduh dan lembab serta tanah yang memiliki drainase baik. Untuk ukurannya sendiri bisa sampai 6 meter dan berukuran lebar.

Baca Juga :


5. Autumn Moon

Sama seperti pohon maple Jepang golden full moon, jenis pohon ini juga memiliki daun berwarna emas. Namun dalam varietas ini, warna merah muda akan terlihat lebih jelas. Sedangkan saat masuk musim gugur, maka daun pohon maple Jepang ini akan berubah menjadi kuning, merah dan oranye.

Pohon yang memiliki nama Latin Acer shirasawanum juga bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan lembab. Sedangkan untuk tanah juga harus berdrainase baik sehingga ukuran maksimalnya nanti bisa sampai 7 ½ meter.


6. Hogyoku

Jenis pohon maple Jepang lain yang memiliki warna cantik adalah Hogyoku. Daun yang berwarna hijau sangat cerah di musim panas nantinya akan beruubah menjadi oranye terang saat musim gugur. Pohon ini lebih kuat dan tahan panas dibandingkan dengan varietas pohon maple lainnya. Untuk itu bagi daerah panas seperti Indonesia, maka Hogyoku menjadi jenis maple Jepang terbaik yang bisa ditanam.

Acer palmatum Hogyoku ini bisa tumbuh dengan baik di daerah panas dan lembab serta tanah yang memiliki drainase baik. Bentuk pohon ini lebar dan ukurannya bisa mencapai 4 ½ meter yang cocok ditanam di wilayah panas.


7. Beni Kawa

Beni Kawa adalah jenis pohon maple Jepang yang bisa tumbuh di semua musim. Pohon maple ini memiliki bentuk daun hijau kecil yang nantinya akan berubah menjadi kuning keemasan ketika musim gugur. Sedangkan saat masuk musim dingin, maka akan terlihat semakin cantik karena bagian batangnya berwarna merah.

Beni Kawa akan terlihat sangat indah ketika salju sudah turun untuk menambah kemewahan pekarangan rumah. Beni Kawa bisa tumbuh dengan baik di area teduh dan lembab serta tanah yang berdrainase baik. Untuk tingginya sendiri bisa mencapai 4 ½ meter dan lebar hingga 3.6 meter.


8. Sumi Nagashi

Sumber: images.fineartamerica.com
Satu lagi jenis pohon maple Jepang yang memiliki bentuk dan warna sangat indah adalah Sumi Nagashi. Jenis pohon maple Jepang berwarna merah ini berukuran besar dengan dedaunan berwarna ungu serta merah yang akan terlihat cantik di sepanjang musim panas dan musim semi. Sedangkan ketika masuk musim gugur, maka daun akan berubah menjadi merah terang.

Sama seperti jenis maple Jepang lainnya, Sumi Nagashi bisa tumbuh dengan subur di area teduh dan lembab serta memiliki drainase tanah yang baik. Untuk tingginya sendiri bisa mencapai 5.4 meter.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk " Jenis Jenis Pohon Maple Jepang Terbaik Untuk Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel