Artikel Pilihan

Penyebab Daun Pohon Maple Semakin Kecil Dari Hari ke Hari

Sebenarnya, ada cukup banyak penyakit dan masalah yang sering terjadi pada pohon maple. Salah satu masalah yang biasanya terjadi adalah ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan pohon maple biasanya.

Tentunya, masalah ini bisa membuat pohon maple tidak terlalu cantik untuk dilihat. Penyebab ukuran daun pohon maple yang semakin mengecil juga bisa terjadi karena berbagai hal. Jika ini yang anda alami, berikut akan kami jelaskan beberapa penyebab daun pohon maple semakin kecil dari hari ke hari.

1. Serangga Bersisik

ciri ciri pohon maple

Ada begit banyak pohon maple yang diserang serangga bersisik atau kerak di beberapa bagian dari mulai daun, ranting, batang dan juga dahan. Ketika pohon maple terserang dengan hama ini, maka bisa terlihat ada banyak lubang lubang di seluruh bagian pohon.

Ketika serangga yang mengeluarkan madu dari floem ditelan oleh serangga pohon ini, maka akan menyebabkan munculnya lubang lubang di pohon maple sebab hama ini akan memakan serangga yang mengeluarkan madu dengan cara menghisap. Nantinya, akan ada bercak hitam di sepanjang pohon maple yang sebenarnya tidak berbahaya namun tidak akan terlihat bagus dan mengganggu pemilik rumah.

Meski begitu, serangga bersisik ini bisa menyebabkan kerusakan pada bagian daun. Saat sedang mencari makan, maka serangga akan merusak daun muda sehingga pohon menjadi stres dan akhirnya ukuran daun semakin mengecil.


2. Kurang atau Terlalu Banyak Air

Tidak seperti jenis pohon lain, takaran air untuk pohon maple harus tepat yakni tidak kurang namun juga tidak boleh terlalu banyak. Saat pohon maple kekurangan air, maka daun akan terlihat layu. Sedangkan jika air yang disiram terlalu banyak, maka akar pohon bisa busuk dan tidak lagi bisa mengambil air dan akhirnya akan mengalami kekurangan air dan ukuran daun semakin mengecil.


3. Cuaca Dingin Saat Daun Rontok

Pada saat cuaca hangat berhenti terlalu cepat ketika musim semi, maka bisa menyebabkan tunas tunas daun keluar lebih cepat dari biasanya. Dedaunan yang masih baru ini sangat rentan terhadap embun beku sehingga bisa mematikan kuncup atau daun yang baru saja terbentuk.

Pada saat pohon maple harus meregenerasi daun daun, maka kemungkinan daun yang nantinya tumbuh memiliki ukuran lebih kecil bahkan sampai dua kali lebih kecil. Hal yang bisa anda lakukan adalah memastikan pohon maple memperoleh nutrisi yang tepat sehingga bisa memberi makan pohon dan membantu daun supaya bisa tumbuh lebih besar.


4. Ukuran Akar Pohon Maple

Hal berikutnya yang bisa menyebabkan daun pohon maple semakin mengecil adalah karena ukuran dari akar pohon maple. Maple sangat rentan terhadap ukuran akar yang terlalu besar dan tumbuhnya berantakan. Akar akar yang nantinya tumbuh di sekitar batang pohon bisa mencekik pohon dan akhirnya daun akan tumbuh dengan ukuran semakin kecil.

Baca Juga :

Anda mungkin sering beranggapan jika hanya dengan melihat pohon maple masih hidup, maka itu adalah pertanda jika pohon masih dalam kondisi sehat. Namun akar yang bermasalah dan terjadi selama bertahun tahun pada akhirnya akan berpengaruh pada pohon seperti salah satunya ukuran daun yang semakin mengecil.


5. Terlalu Dalam Saat Menanam

Saat pohon maple ditanam terlalu dalam, maka akan menyulitkan kehidupan pohon maple tersebut. Akar yang membelit nantinya bisa semakin berkembang dan kemungkinan membusuk juga semakin meningkat. Selain itu, pertumbuhan pohon maple juga terlihat lambat dan terlihat tidak kuat. Pada akhirnya, semua tekanan tersebut bisa menyebabkan ukuran daun yang tumbuh menjadi lebih kecil.


6. Nutrisi dan pH Tinggi yang Tidak Seimbang

Sama seperti manusia, pohon maple juga butuh diet yang seimbang. Terkadang, pohon maple ditanam pada lingkungan yang tidak memungkinkan tanaman bisa mengambil nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Jika anda sudah menanam pohon maple dan masih terlihat tanda tanda kekurangan nutrisi, maka mungkin pH yang terkandung di tanah tersebut masih terlalu tinggi. Meski memperbaiki pH tanah tidak bisa dlakukan dengan mudah atau cepat, namun tetap masih bisa anda lakukan dengan pemupukan dan pemberian nutrisi pada tanah.


7. Pemadatan dan Pengerasan Tanah

ciri ciri pohon maple
Sumber: gardening.usask.ca
Jika anda ingin menanam pohon maple, maka hal yang harus anda pertimbangkan adalah tanah liat yang keras. Pemadatan tanah bisa menyebabkan air yang tersedia untuk sistem akar sangat sedikit. Ini kemudian akan menyebabkan persediaan air untuk daun semakin berkurang.

Akhirnya, daun akan tumbuh semakin kecil dan proses fotosintesis yang dilakukan juga berkurang. Kemudian, pohon maple bisa stres dan meningkatkan peluang terjadinya masalah lain pada pohon maple.

Pemadatan tanah bisa dikurangi dengan cara menambahkan mulsa ke area yang biasa diakses untuk lalu lalang pejalan kaki dan juga peralatan. Tindakan korektif bisa dilakukan dengan cara menganginkan, menambah mulsa vertikal dan juga udara.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Daun Pohon Maple Semakin Kecil Dari Hari ke Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel