Artikel Pilihan

Cara Membedakan Kelima Jenis Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Ada 5 jenis bibit pohon bidara yang terbesar di berbagai negara, yaitu Bidara Arab, Bidara Laut. Bidara Cina, Bidara Upas, dan Bidara Apel India. Rata-rata semua jenis bibit pohon bidara tersebut tersebar di negara yang gersang. Beberapa diantaranya adalah Mesir, Aljazair, Libya, Asia Timur Tengah, dan Asia Selatan.

Kelima bibit pohon bidara tersebut memiliki kemiripan. Namun, anda masih bisa membedakannya. Caranya adalah dengan melihat setiap bentuknya dengan lebih teliti. Bagian apa saja dari kelima pohon bidara tersebut yang harus anda lihat agar bisa membedakan setiap jenisnya? 

Cara Melihat Perbedaan Bibit Pohon Bidara 


1. Melihat bagian Daunnya

Semua jenis bibit pohon bidara akan menumbuhkan daun yang berwarna hijau dengan bentuk yang lonjong. Namun bila anda melihat dengan lebih teliti, ada beberapa jenis pohon bidara yang memiliki bentuk daun yang berbeda. 

Daun pohon Bidara Arab atau sering disebut bidara sidr memiliki bentuk yang oval dan seperti bentuk hati, daun Bidara Upas berbentuk lebar dan juga seperti hati, sedangkan pohon Bidara Cina memiliki daun dengan bentuk lonjong memanjang dan bergerigi di setiap sisinya. 

Pohon Bidara Laut memiliki bentuk daun yang oval dan agak memanjang. Ada gerigi juga di sisinya. Terakhir, daun Bidara Apel India memiliki bentuk daun yang lonjong dan agak sedikit bengkok ke dalam. 

Setiap jenis daun bidara juga memiliki bentuk daun yang hampir sama. Anda harus benar-benar teliti dalam melihatnya. Perbedaannya hanya sangat sedikit.

Baca Juga :


2. Dilihat Dari Buahnya 


Bibit pohon bidara bisa diambil dari buahnya, tetapi anda tentu harus mengetahui perbedaan setiap jenisnya agar tidak salah menanam. Bentuk buah bidara umumnya seperti apel. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil. 

Buah Bidara Arab memiliki bentuk yang bulat dan agak sedikit lonjong berwarna hijau yang mengkilap, pohon Bidara Laut akan menghasilkan buah hampir mirip dengan buah Bidara Arab. Perbedaannya hanya warna buah Bidara Laut yang agak sedikit kekuningan. 

Bidara Cina memiliki buah yang sangat mirip dengan buah apel. Namun, ukurannya jauh lebih kecil. Buah ini sangat mengkilap dan akan menjadi keriput saat sudah tua. Buah Bidara Upas bentuknya bulat sempurna dengan warna hijau, seperti anggur hijau bila anda melihatnya dari kejauhan. 

Terakhir, buah bidara Apel India memiliki bentuk yang sangat mirip dengan buah apel hijau. Anda mungkin akan tertukar antara buah bidara jenis ini dengan buah apel. Warna buah Bidara Apel India adalah hijau muda. 

Buah atau bibit pohon bidara ini dapat anda olah menjadi cemilan yang menyegarkan atau minuman. Manfaatnya untuk kesehatan juga banyak sekali. 

3. Perhatikan Batangnya 

Umumnya, bibit pohon bidara akan menumbuhkan batang yang dengan diameter yang tidak terlalu besar. Namun, perbedaannya bisa kamu lihat pada batang yang ditumbuhi bulu halus, duri, atau tidak ditumbuhi apapun. 

Batang dari pohon Bidara Arab tidak memiliki diameter yang besar dan tidak ditumbuhi oleh duri ataupun bulu halus. Pohon Bidara Upas juga memiliki batang yang kecil serta tumbuh menjalar. Pohon Bidara Upas bisa tumbuh hingga 5 meter. 

Bibit pohon Bidara Cina bisa menumbuhkan batang yang tidak terlalu besar. Namun, tingginya mencapai 10 meter. Batangnya juga berduri kecil. Bidara Laut memiliki batang yang kecil serta keras. Batang Bidara Laut berbentuk bengkok. Sedangkan batang Bidara Apel India memiliki batang yang hampir mirip dengan pohon Bidara Cina dengan tumbuh duri. 

4. Ditumbuhi Bunga atau Tidak 

Meski jarang terlihat. Namun dari kelima jenis bibit pohon bidara, ada yang memiliki bunga dan ada yang tidak. Bunganya juga memiliki jumlah kelopak serta warna yang berbeda-beda. Karena kecil dibandingkan batang, daun, dan buahnya, anda mungkin tidak memperhatikannya. 

Pohon Bidara Arab yang sering dipakai untuk mengusir setan atau jin tidak memiliki bunga sama sekali. Sama seperti Bidara Arab, Bidara Upas juga tidak memiliki bunga. Pohon Bidara Cina memiliki bunga dengan 5 kelopak dengan warna hijau agak kuning. 

Bibit pohon Bidara Laut juga menumbuhkan bunga yang berwarna kuning dengan aroma yang sangat wangi. Daunnya berbentuk payung yang tumbuh di ketiak daun. Terakhir adalah Pohon Bidara Apel India. Jenis bidara yang satu ini tidak ditumbuhi bunga sama sekali. 

Kalau anda melihat pohon bidara yang memiliki bunga, kemungkinan besar pohon bidara tersebut adalah jenis Bidara Cina atau Bidara Laut. 

Manfaat Daun dan Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: bungabunga.co.id
Setiap jenis bibit pohon bidara juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebenarnya pada intinya kelima jenis bidara tersebut memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Namun, ada manfaat khusus pada setiap jenis bidara. 

Contohnya seperti pohon Bidara Arab yang daunnya sering dimanfaatkan untuk mengusir roh jahat atau setan yang mendiami suatu rumah. Fungsi umum dari bibit pohon bidara adalah untuk mencegah penyakit jantung, diabetes, mengatasi masalah pencernaan, masalah kulit, dan mencegah masalah kejiwaan. 

Daun dari bibit pohon bidara bisa anda manfaatkan untuk menjadi masker, bahan minuman, ataupun dimakan secara langsung. Zat yang terkandung dalam tanaman ini sangat banyak. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: idntimes.com
Kini, anda sudah tidak bingung dalam mencari jenis bibit pohon bidara lagi, bukan? Kalau anda masih bingung, anda bisa bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam melihat perbedaan dari pohon bidara.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Kelima Jenis Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel