Artikel Pilihan

Inilah Ciri-Ciri Tanaman Pohon Serut yang Hidup Di Alam Bebas

Ciri Ciri Pohon Serut

Tanaman Pohon Serut merupakan jenis tanaman yang hidup di alam bebas. Tanaman ini berasal dari daerah kering atau tropis seperti Indonesia, Thailand, Kamboja, Sri Lanka, India, Vietnam, dan Malaysia. Pohon ini dikenal dengan sebutan yang bermacam-macam di berbagai negara.

Di Filipina Serut dikenal dengan nama Bogtalay dan Kalyos. Di India, Serut dikenal sebagai Daheya atau Dahia serta masih banyak sebutan yang lainnya. Jika di Indonesia, Tanaman ini biasanya hidup di daerah pekarangan berdampingan dengan pohon yang lainya seperti Agsana, Klempis, dan Trambesi. Tahukah Anda bagaimana ciri-ciri Tanaman Bonsai Serut? Simaklah penjelasan dibawah ini :

1. Bentuk Daun

Ciri Ciri Pohon Serut
Sumber: bibitbunga.com
Banyak yang mengatakan jika bentuk daun dari tanaman Serut seringkali mirip menyerupai telur. Terdapat bagian runcing pada bagian ujung daun. Untuk ukuran panjang dari daun tanaman ini sekitar 3 hingga 7 cm.




Sedangkan untuk ukuran lebarnya sekitar 1,5 hingga 2,5 cm. Pada bagian tepi daun Serut memiliki bentuk gerigi dengan ukuran sedikit tebal. Dan ketika dipegang, dapat diketahui jika permukaan dari daun ini memiliki tekstur yang kasar.

2. Bentuk Bunga

Apakah Anda pernah mendengar tanaman Bonsai Serut? Perlu diketahui jika tanaman Bonsai tersebut terbuat dari tanaman Serut pilihan. Adapun salah satu pilihan yang baik adalah terlihat dari bentuk bunga tanaman ini. Bunga pohon Serut memiliki bentuk bulat.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Untuk warnanya, bunga ini memiliki warna hijau kekuning-kuningan dan terkadang bisa saja berwrna putih. Bunga tanaman ini muncul pada bagian ketiak daun Serut. Jika tanaman Serut ini sudah berbunga menandakan bahwa tanaman ini sangat sehat dan normal untuk dijadikan Bonsai.

3. Bentuk Buah

Ciri-ciri yang ketiga dari tanaman Serut adalah bentuk buah yang sangat unik. Ukuran buah Serut seukuran dengan buah pala yaitu sekiat antara 8 hingga 10 mm. Bentuk dari buah serut ini kecil dan menyerupai telur.

Untuk warna, buah dari tanaman ini memiliki perbedaan ketika berusia muda dan tua. Ketika masih muda, buah Serut memiliki warna hijau. Akan tetapi, ketika sudah matang buah akan berubah warna menjadi kuning atau oranye. Adapun rasa dari buah tanaman Serut ini sangat manis ketika sudah matang.

4. Tinggi Pohon

Bentuk dan tinggi Pohon Serut memang sangat bermacam-macam. Jika mereka dibiarkan hingga tua maka ukuran dari pohn ini dapat menjalar sangat tinggi. Pernah ditemui disebuah pekarangan jika pohon ini memiliki tinggi sekitar 4 hingga 8 meter.

Disertai dengan daun yang lebat dan juga cabang tanaman yang rimbun dan membengkok. Namun, ketika Anda ingin membuat tanaman Bonsai Serut, Anda bisa memilih tanaman atau pohon Serut yang masih muda dan berukuran kecil.

Baca juga : Sejarah Munculnya Bonsai Beringin dan Bonsai Jenis Lainnya

5. Bentuk Kulit Batang

Tanaman Serut memiliki kulit batang yang normal seperti pohon lainnya. Kulit batang memiliki warna putih dan sedikit keabu-abuan. Untuk tekstur batang dapat dikatakan sedikit kasar namun tidak timbul seperti pohon jati atau yang lainnya.

Karena sebab inilah tanaman Serut ini cocok digunakan sebagat tanaman hias. Ketika berusia muda atau masih kecil, banyak orang yang memilahnya untuk dijadikan Bonsai Tanaman Hias.

6. Tempat Tumbuh

Yang terakhir yaitu mengenai tempat tumbuh Tanaman Serut berada pada alam bebas atau liar. Tanaman ini memang hidupnya berada pada alam liar baik itu di Indonesia maupun negara lain. Pohonnya dapat ditemui diseluruh daratan Indonesia terutama pada Pulau Jawa. Selain itu, tumbuhan Serut juga biasanya tumbuh di daerah pekarangan, kebun, hutan sekunder, dan juga sabana.

Itulah penjelasan mengenai ciri-ciri Tanaman Pohon Serut yang hidup di alam bebas. Jika dilihat dari penjelasan diatas, dapat dikatakan jika ciri-ciri dari Tanaman Serut ini sedikit unik dan berbeda dengan tanaman yang lainnya.




Sebenarnya, menurut berita yang sudah dibenarkan tanaman ini dahulu seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas di negara Thailand. Namun, seiring dengan perkembangan zaman tanaman kecil Serut ini dipilah untuk dijadikan Bonsai sebagai tanaman hias.

Tanaman ini dipilih karena tidak perlu memerlukan perawatan secara khusus dan dapat dikatakan jika mudah untuk tumbuh. Namun, melihat dari ciri-ciri diatas Tanaman ini juga membutuhkan perhatian untuk tumbuh sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Inilah Ciri-Ciri Tanaman Pohon Serut yang Hidup Di Alam Bebas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel