Artikel Pilihan

Mari Mengenal Berbagai Jenis Bibit Pohon Bidara

Jenis Pohon Bidara
Untuk menanam pohon bidara, tentu anda harus memiliki bibit pohon bidara terlebih dahulu. Cara mendapatkan bibit pohon bidara sangatlah mudah, anda hanya perlu membeli di toko bibit tanaman atau mengambil dari buah bidara. Pastikan kalau bibit yang anda dapatkan sudah terlepas cangkangnya.

Jika anda membeli bibit pohon bidara di toko tanaman, penjual pasti akan bertanya kepada anda. Pertanyaannya kurang lebih adalah jenis pohon bidara apa yang anda cari. Pohon bidara sendiri memang ada 5 jenis yang harus anda ketahui agar tidak bingung menjawab pertanyaan dari penjual tadi. 

5 Jenis Bibit Pohon Bidara 


1. Bidara Upas 

Pada umumnya, batang pohon bidara memiliki duri. Namun, bidara upas adalah satu-satunya pohon bidara yang tidak memiliki duri. Bibit pohon bidara upas umumnya tersebar di Filipina. Namun, tentu saja anda tetap bisa mendapatkannya di toko bibit tanaman. 

Ciri-ciri pohon bidara upas bisa anda lihat pada daun dan bunganya. Daun dari pohon bidara jenis ini berbentuk lebar belajar dan runcing pada ujungnya. Secara keseluruhan, bentuk daunnya seperti bentuk hati dengan warna hijau. 

Bunga dari pohon bidara yang satu ini memiliki warna putih, sedangkan umbinya berwarna kuning agak cokelat. Bunga ini biasanya tumbuh di ketiak daun, posisi antar daun dan batangnya. 

Bibit pohon bidara upas akan menghasilkan pohon yang bisa tumbuh hingga 5 meter dengan batang-batang yang kecil. Batang dari tanaman ini akan tumbuh sejajar. 

Daun dan buah dari tanaman jenis ini bisa mengobati, seperti kencing batu, diabetes, dan syphilis. 

2. Bidara Arab 

Bila anda pernah mendengar pohon bidara yang digunakan untuk mengusir jin, maka pohon yang digunakan itu adalah pohon bidara Arab. Bibit pohon bidara Arab juga dikenal sebagai Bidara Sidr. 

Bagian yang paling sering digunakan untuk mengusir makhluk halus adalah daunnya. Daun dari pohon bidara jenis ini dipakai untuk melakukan ritual ruqyah atau pembersihan rumah. Khasiat dari daun ini untuk hal mistis bahkan disarankan oleh para ulama. 

Buah dari pohon bidara Arab juga sering dijadikan minuman atau makanan. Selain untuk hal mistis, pohon ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat. 

3. Bidara Laut 

Sesuai namanya, anda dapat menemukan bibit pohon bidara ini di sekitar sumber air, seperti dekat pantai. Pohon bidara Laut memiliki batang yang kecil dan keras. Cabangnya menyebar di seluruh batang utama dan umumnya agak bengkok. Setiap cabangnya ditumbuhi oleh bulu-bulu halus. 

Daun pohon bidara Laut berbentuk oval dan agak bersisik di bagian pinggir. Daunnya lumayan panjang, hampir sekitar 29 cm. Sedangkan lebarnya mencapai 2 cm. Tumbuh juga bunga di bagian ketiak daun.

Bunganya memiliki bentuk yang seperti payung dengan warna kuning. Bunga ini akan mengeluarkan aroma yang wangi. 

Buahnya juga lumayan besar, berukuran 4cm dengan warna kuning agak merah. Buah ini bisa anda gunakan sebagai bibit pohon bidara Laut. 

 Daun dan buah dari pohon bidara laut memberikan banyak sekali manfaat, antara lain untuk mengobati penyakit sariawan, rematik, demam, penyakit kulit, hingga malaria. Orang juga banyak menggunakannya sebagai pencuci darah alami. 

4. Bidara Cina 

Pohon bidara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana, sedangkan pohon Bidara Cina memiliki nama latin Ziziphus jujuba. Bibit pohon bidara Cina menghasilkan buah yang berbentuk seperti apel dengan warna hijau. Perbedaannya hanya pada ukurannya, buah bidara Cina terlihat lebih kecil dibanding apel. 

Pohon ini bisa mencapai tinggi 10 meter dan paling pendek hanya 5 meter. Ranting kayu dari pohon bidara Cina juga berduri. Jadi berhati-hatilah saat anda ingin memegang pohon bidara jenis ini. 

Pohon bidara cina juga memiliki bunga dengan warna hijau agak kuning. Bunganya memiliki 5 kelopak. 

5. Bidara Apel India 

Pohon bidara Apel India atau dikenal juga dengan nama pohon bidara Putsa. Sebenarnya bidara Apel India dan Putsa merupakan dua tanaman yang berbeda. Namun, sangat sulit dibedakan. Makanya, hati-hati saat anda akan membeli bidara jenis ini. 

Beberapa perbedaan yang bisa anda lihat adalah pohon bidara Apel India lebih memiliki banyak duri, lalu buahnya juga jauh lebih besar. Bibit pohon bidara jenis ini juga bisa didapatkan dari mencangkok batangnya. 

Buah dari Pohon Bidara Apel India memiliki warna hijau yang terlihat seperti buah apel. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil. Buah ini sering dikonsumsi dan cocok untuk diet karena mengandung sedikit kalori. 

Cara Perawatan Bibit Pohon Bidara

Jenis Pohon Bidara
Sumber: 99.co
Bibit pohon bidara sangat mudah untuk ditanam, anda hanya perlu menyiapkan tanah dan wadah. Kemudian tunggu hingga bibitnya tumbuh akar dan masukkan ke dalam tanah. Saat tumbuh, anda harus melakukan perawatan rutin. 

Perawatan yang diperlukan oleh tanaman yang satu ini adalah pemberian pupuk yang mengandung nitrogen agar buahnya tumbuh dengan segar dan siap dijadikan bibit pohon bidara selanjutnya. Lalu, jangan biarkan tumbuhan untuk kering. 
Jenis Pohon Bidara
Sumber: tanamanmart.com
Apakah anda sudah memutuskan untuk membeli bibit pohon bidara yang mana saat ditanya oleh penjual? Pastikan juga kalau anda tahu perbedaannya sehingga tidak salah beli nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Mari Mengenal Berbagai Jenis Bibit Pohon Bidara "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel