Artikel Pilihan

Inilah Alasan Pohon Kaktus Bisa Hidup Di Tempat yang Kering

ciri ciri pohon kaktus

Terdiri lebih dari 2000 spesies dan tersebar di seluruh dunia menjadikan pohon kaktus sebagai tanaman hias yang paling dicari banyak orang. Bentuknya yang unik dan tidak monoton akan membuat rumah Anda tampak lebih bewarna. Ukuran pohon kaktus pun tidak hanya satu, ada yang kecil dan ada juga yang besar.

Sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran pohon kaktus yang ingin Anda tanam sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memelihara pohon kaktus di halam rumah maka pakai jenis pohon kaktus yang bisa tumbuh besar. Sedangkan jika ingin di pakai untuk menghias ruangan dalam rumah maka pakai pohon kaktus ukuran kecil.


Penyebab Pohon Kaktus Bisa Hidup Tanpa Asupan Air

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: brilio.net
Kebanyakan tanaman pasti mati ketika kapasitas penyiraman air tidak cukup atau terlalu sedikit. Namun hal itu justru berbanding terbalik dengan pohon kaktus. Dimana pohon kaktus bisa hidup di area yang kering dan sangat minim air. Adapun penyebab dari ketahanan pohon kaktus ini adalah:

1. Batangnya berongga

Jika batang pohon kaktus di belah dan di teliti maka akan terlihat jika jaringan batang pohon kaktus terbentuk dari jaringan spoons. Dimana ini artinya ada rongga di dalam tubuh pohon kaktus. Alhasil pohon kaktus bisa menampung air dalam jumlah yang banyak jadi tidak akan mati meskipun tidak disiram dalam waktu yang lama.

2. Lapisan lilin di batang pohon kaktus

Selain bagian dalam pohon kaktus bentuknya berongga, ternyata ada lapisan lilin pada batang pohon kaktus. Lapisan lilin inilah yang mengurangi proses penguapan air yang sudah masuk ke dalam pohon kaktus. Sehingga ketika musim kemarau datang maka jumlah air yang menguap bisa ditekan dengan maksimal.

3. Memiliki akar yang multifungsi

Alasan ketiga mengapa pohon kaktus bisa hidup dengan asupan air yang sedikit adalah adanya akar yang multifungsi. Dimana akar pohon kaktus bisa berperan sebagai pengambil mineral, vitamin, dan air dari tanah yang disalurkan ke batang pohon kaktus. Selain itu akar juga berperan sebagai penopang pohon kaktus.

4. Perubahan bentuk air

Pada umumnya, air yang masuk ke dalam batang tanaman akan diserap secukupnya lalu dialirkan ke tanah kembali. Sedangkan pada pohon kaktus, air yang sudah masuk akan berubah bentuk menjadi lendir yang tidak begitu cair. Inilah alasan mengapa pohon kaktus tidak terlalu membutuhkan asupan air.

Baca Juga :

5. Adanya duri pada batang pohon kaktus

Duri di tanaman biasa hanya berfungsi sebagai pelindung diri saja. Namun pada pohon kaktus duri tidak hanya berfunsgi sebagai alat perlindungan diri. Namun juga berfungsi sebagai pembatas aliran udara yang masuk ke dalam pohon kaktus. Alhasil air di dalam pohon kaktus tidak cepat hilang karena pergantian udara.


Uniknya Sistem Perakaran Pada Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
sumber : idea.grid.id

Hasil penelitian membuktikan jika susunan sistem bagian pohon kaktus yang paling rumit terletak pada akarnya. Dimana pohon kaktus berukuran besar memiliki akar yang kecil. Sedangkan pohon kaktus yang ukurannya kecil bisa memiliki akar yang besar dengan panjang mencapai dua meter.

Karena akar pohon kaktus hanya menjalar di sekitar tanaman kaktus maka proses penyerapan air dari tanah ke batang bisa lebih optimal. Sehingga ketika hujan turun, akar pohon kaktus bisa menyerap air sebanyak-banyaknya. Dan ketika musim kemarau akar pohon kaktus berperan sebagai penopang pohon kaktus.

Saat ini jenis pohon kaktus yang bisa menampung paling banyak air adalah pohon kaktus saguaro. Dimana kaktus ini bisa menampung air sampai 200 galon selama periode musim penghujan. Sehingga pohon kaktus saguaro memiliki usia hidup yang lebih lama karena tidak begitu membutuhkan air ketika musim kemarau tiba.

Meski pohon kaktus sangat hebat dalam daya tahannya terhadap habitat kering namun kini jenis pohon kaktus mulai langka. Banyaknya orang yang membudidaya kaktus jenis tertentu membuat jumlahnya di habitat asli mulai berkurang.

Bahkan pohon kaktus masuk ke dalam kategori tanaman yang harus di lestarikan. Oleh karena itu, kita sebagai pecinta tanaman juga harus ikut serta untuk melestarikan pohon kaktus.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Alasan Pohon Kaktus Bisa Hidup Di Tempat yang Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel