Artikel Pilihan

20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai

Bonsai Inspiration

Di bumi, pohon adalah salah satu makhluk hidup dengan usia terpanjang dan banyak bukti nyata setelah ditemukannya pohon-pohon legendaris dengan usia ribuan tahun.

Pepohonan yang sangat tua banyak yang telah diteliti oleh ahli botani dan hasilnya diumumkan ke publik untuk pengetahuan dan edukasi. Tak sedikit pula yang setelah diteliti, dan mendapatkan hasil penelitian yang akurat, pohon tersebut justru langsung dilindungi bahkan dirahasiakan keberadaannya. Seperti contoh pohon Methuselah, meskipun ia tumbuh di pegunungan putin (White Mountain), tetapi disana banyak ditemukan pohon purba dengan bentuk yang serupa Methuselah, namun pohon yang dinamai Methuselah itu (yang paling tua) dirahasiakan demi menjaga kelangsungan hidupnya.



Pohon kuno yang populer di dunia umumnya memiliki bentuk yang tidak biasa, mulai dari batang yang tampak keropos hingga sebagian pohonnya telah mati. Usia tua dari pohon-pohon ini menciptakan perubahan bentuk asli pohon dari bentuk pohon umum yang sering kita temui disekitar.

Pohon legendaris juga seringkali dijadikan cotoh bentuk dari seni bonsai (bonsai inspiration) di seluruh dunia. Bahkan inspirasi itu menular hingga ke Indonesia, banyak pohon bonsai di negaraa kita yang mengambil desain dari bentuk alami pohon-pohon legendaris di alam liar.

Apa-apa saja pohon legendaris tersebut? Berikut ini 20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai.




1. Pando (Populus tremuloides)


Pando
Source : flickr.com/David Keller

Pando atau Giant Trembling, adalah pohon koloni klonal yang tumbuh di Fishlake National Forest, Utah, Amerika Serikat. Meskipun tampaknya pohon pando tumbuh sebagai pohon tunggal, namun nyatanya ia memiliki satu akar utama dengan usia menyentuh 80.000 tahun dan terhitung berat totalnya mencapai 6.000 ton.
Back to Content



2. Old Tjikko (Picea abies)


Old Tjikko
Source : twitter.com/swedense

Old Tjikko atau Cemara Norwegia yang satu ini berusia 9.550 tahun, ia tumbuh di Gunung Fulufjället, Provinsi Dalarna, Swedia. Old Tjikko adalah satu-satunya pohon individu klonal tertua di dunia yang masih hidup.

Banyak seniman bonsai di seluruh dunia meniru bonsai dengan bentuk pohon mirip Old Tjikko, dan itu disebut bentuk Literati atau Sastrawan.
Back to Content



3. Methuselah (Pinus longaeva)


Methuselah
Source : flickr.com

Methuselah adalah pohon pinus berumur 4.851 tahun yang tumbuh di White Mountain Inyo County di California Timur. Ia diakui sebagai pohon non-klonal dengan usia paling akurat yang pernah diteliti.

Selain Methuselah, disekitarnya juga banyak pohon-pohon purba yang diperkirakan berusia antara 1.000-3.000 tahun.
Back to Content



4. Sarv-e Abarkuh (Cupressus sempervirens)


Sarv-e Abarkuh
Source : flickr.com/Alexandru Velcea

Cypress of Abarkuh atau yang terkenal dengan nama Sarv-e Abarkuh dan kadang-kadang disebut Zoroastrian Sarv, adalah Pohon Cemara Pensil (Cupressus sempervirens) yang tumbuh di Abarkuh, Provinsi Yazd, Iran. Pohon ini sudah ada sejak 2.000 tahun sebelum masehi, yang berarti sekarang usianya sudah lebih dari 4.000 tahun.

Saking tuanya pohon ini, sampai-sampai bentuknya tidak lagi menyerupai pohon cemara pensil ya.
Back to Content



5. General Sherman (Sequoiadendron giganteum)


General Sherman
Source : fineartamerica.com

General Sherman atau Jenderal Sherman, ialah nama untuk pohon Sequoia Rasaksa yang tumbuh di Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, AS. Pohon yang diperkirakan berusia 2.200 tahun ini adalah pohon terbesar di muka bumi dengan ukuran volume badan 1487 m³.
Back to Content



6. El Árbol del Tule (Taxodium mucronatum)


El Árbol del Tule
Source : twitter.com/historia_fotos

El Árbol del Tule adalah pohon cemara Meksiko (Taxodium mucronatum) yang tumbuh di halaman gereja di pusat kota Santa María del Tule, Oaxaca, Meksiko, sekitar 9 km sebelah timur kota Oaxaca di jalan menuju Mitla.

El Árbol del Tule telah dinobatkan sebagai pohon dengan batang paling gagah di dunia.
Back to Content



7. The Great Banyan (Ficus benghalensis)


The Great Banyan
Source : flickr.com/Ajith Nair

The Great Banyan adalah pohon beringin yang berusia 250 tahun yang tumbuh di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanic Garden, dekat Kolkata, India.

Pohon beringin ini menempati area sekitar 18.918 meter persegi (sekitar 1,89 hektar atau 4,67 hektar). Mahkota pohon The Great Banyan saat ini memiliki keliling 486 meter dan cabang tertinggi 24,5 meter. Tercatat, ada 3.772 akar udara atau akar penyangga yang menggantung dari batang ke tanah.



Back to Content



8. L'Arbre du Ténéré (Acacia raddiana)


L'Arbre du Ténéré
Source : reddit.com/marijuanaenthusiasts

L'Arbre du Ténéré adalah pohon akasia yang dianggap sebagai pohon paling terpencil di dunia, dengan radius 400 kilometer dari pohon lainnya.

Pohon L'Arbre du Ténéré ini menjadi markah jalan (penanda) pada rute-rute kafilah di daerah Ténéré, Gurun Sahara di Niger bagian timur laut. Pohon ini dapat bertahan ditengah-tengah gurun sahara karena struktur akarnya yang kokoh dan dalam, setelah diteliti lebih lanjut, kedalaman akarnya mencapai 33-36 meter, hingga menemukan sumber air di dalam tanah.

Sangat disayangkan, pohon L'Arbre du Ténéré kini telah tumbang akibat tertabrak truk yang dikemudian oleh pengemudi mabuk pada tahun 1973, dan pada 8 November 1973, batang yang telah tumbang dipindahkan ke Museum Nasional Niger di Niamey.
Back to Content



9. Hundred Horse Chestnut (Castanea sativa)


Hundred Horse Chestnut
Source : thetreeographer.com

Hundred Horse Chestnut adalah pohon berangan terbesar dan tertua yang diyakini berusia 2.000-4.000 tahun. Terletak di jalan Linguaglossa, Sant'Alfio, di lereng timur Gunung Etna, Sisilia (tumbuh hanya 8 km dari kawah gunung berapi).

Bentuk pohon ini menjadi primadona di dunia bonsai. Ada banyak bonsai terkenal yang menggunakan pohon gugur meniru bentuk dari pohon Hundred Horse Chestnut ini.
Back to Content



10. Angel Oak (Quercus virginiana)


Angel Oak
Source : 10best.com

Angel Oak adalah pohon ek yang terletak di Angel Oak Park, di Pulau Johns dekat Charleston, Carolina Selatan.

Pohon Angel Oak diperkirakan berumur 400-500 tahun. Tingginya 20,2 meter, diameter lingkar batang 8,5 meter, mahkotanya memakan area 5.243 meter persegi, dan jarak cabang terpanjangnya adalah 67 meter.
Back to Content



11. Dead Vlei (Vachellia erioloba)


Dead Vlei
Source : flickr.com/MiPHO

DeadVlei atau Dead Vlei memiliki arti "rawa mati", adalah sebuah danau atau rawa di lembah antara bukit berpasir. Lokasi Dead Vlei dikelilingi oleh bukit pasir tertinggi di dunia, yang rata-rata setinggi 300-400 meter.

Banyak pohon-pohon akasia mati yang ada di Dead Vlei karena tidak ada lagi air yang cukup untuk bertahan hidup. Pemandangan pohon-pohon mati tersebut justru menjadikan wilayah Dead Vlei tampak seperti lanskap yang indah.
Back to Content



12. Ta Prohm (Tetrameles nudiflora)


Ta Prohm
Source : imgur.com

Ta Prohm adalah nama candi yang berlokasi di Angkor, Provinsi Siem Reap, Kamboja. Itu dibangun dengan gaya Bayon pada akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13.

Banyak candi-candi kuno yang telah ditumbuhi bahkan dicengkram oleh akar pohon besar sejak berabad-abad silam, dan tanpa sengaja pepohonan tersebut malah menjadikan candi-candi di Ta Prohm nampak eksotis.

UNESCO sudah memasukkan Ta Prohm ke dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1992.

Dalam seni bonsai, pohon yang tumbuh diatas batu dan akarnya mencengkram batu disebut dengan Sekijoju atau On The Rock.
Back to Content



13. Ginkgo Gu Guanyin (Ginkgo biloba)


Ginkgo Gu Guanyin
Source : facebook.com/FlyOverChina

Pohon Ginkgo yang terletak di Kuil Buddha Gu Guanyin ini telah berusia lebih dari 1.400 tahun. Pohon tersebut selalu menampilkan pemandangan yang indah setiap musim gugur dan membuatnya menjadi salah satu pohon populer di Cina.

Meskipun ini adalah pohon purba karena hanya tersisa satu spesies dari genus Ginkgophyta, dan habitatnya yang terpencil di Cina, namun banyak penggemar dan pembudidaya tanaman telah membudidayakan pohon ginkgo untuk diperbanyak sebagai tanaman hias atau obyek bonsai, mengingat keindahan daunnya yang berwarna kuning mencolok saat musim gurur.
Back to Content



14. Lone Cypress (Cupressus macrocarpa)


Lone Cypress
Source : interludetours.com

The Lone Cypress adalah pohon cemara Monterey (Cupressus macrocarpa) yang tumbuh di Pebble Beach, California. Pohonnya berdiri di atas bukit granit di 17-Mile Drive, pohon itu menjadi ikon negara Barat, dan telah disebut sebagai salah satu pohon yang paling banyak difoto di Amerika Utara.

Penampilan The Lone Cypress dari kejauhan membentuk lanskap yang luar biasa, itu terpadu dengan tebing bebatuan, air laut, dan pohon di satu view yang sama, membuatnya menjadi salah satu inspirasi seni Mini Landscape atau Penjing.
Back to Content



15. Windswept Trees (Picea sitchensis)


Windswept
Source : southernlight.co.nz

Pohon-pohon yang tumbuh di wilayah paling ujung South Island, Selandia Baru, selalu dibengkokkan dan terpelintir menjadi bentuk-bentuk condong ke satu arah akibat tiupan angin Samudra Selatan yang berhembus 2.000 mil.

Bentuknya yang unik membuat seniman bonsai mencontoh Windswept Trees di Selandia Baru dan menyebutnya dengan nama Fukinagashi atau gaya tertiup angin.
Back to Content



16. Sisters Olive Trees of Noah (Olea europaea)


Sisters Olive Trees of Noah
Source : 365daysoflebanon.com

The Sisters atau Sisters Olive Trees of Noah adalah kekompok yang terdiri dari 16 pohon zaitun di kota Bcheale, Lebanon. Menurut cerita rakyat setempat, pohon-pohon itu setidaknya berusia 5.000 tahun, bahkan mungkin 6.000 tahun atau lebih.

Bentuk batang utama pohon-pohon zaitu di Sisters Olive Trees of Noah hampir semuanya keriput kasar hingga keropos, menandakan sudah berusia berabad-abad. Ini juga seringkali menjadi inspirasi bonsai yang disebut dengan nama Sabamiki, yang memiliki arti "bentuk batang cacat/keropos".




Back to Content



17. Witch Tree (Thuja occidentalis)


Witch Tree
Source : hiveminer.com

The Witch Tree, disebut Manidoo-giizhikens, atau Little Cedar Spirit Tree oleh suku Ojibwa Indian adalah spesies pohon cedar putih (Thuja occidentalis) yang tumbuh di tepi Danau Superior di Cook County, Minnesota.

Usia pohonnya sendiri sekitar 300 tahun, atau mungkin dua kali lipatnya. Disebutkan oleh penjelajah Prancis pada 1731, pohon ini dihormati oleh suku Indian Ojibwe, selaku penduduk setempat.
Back to Content



18. Tree of Bakieoah


Tree of Bakieoah

Tree of Bakieoah atau Pohon Sahabi adalah salah satu pohon gugur yang tumbuh di gurun wilayah utara Yordania (salah satu Negara di Timur Tengah). Pohon ini diyakini telah melindungi Nabi Muhammad SAW dari panas terik matahari sekitar 1.400 tahun yang lalu.

Bentuk alami pohon sahabi sangat indah, dengan batang pendek dan mahkotanya beranting rimbun hingga menyerupai jamur dari kejauhan. Dalam kultur bonsai, bentuk tersebut menyerupai gaya bonsai tradisional "Hokidachi".
Back to Content



19. The Olive tree of Vouves (Olea europaea)


The Olive tree of Vouves

Olive tree of Vouves adalah spesies pohon zaitun yang tumbuh di desa Ano Vouves, Kolymvari, Yunani. Ini mungkin salah satu pohon zaitun tertua di Yunani dan masih menghasilkan zaitun sampai sekarang.

Usia pohon ini belum diketahui (belum dilakukan penelitian lebih lanjut), namun masyarakat sekitar meyakini usia pohon The Olive tree of Vouves ini sekitar 2.000 tahun.
Back to Content



20. Sagano Bamboo Forest (Bamboo)


Sagano Bamboo Forest

Sagano Bamboo Forest atau dalam bahasa lokal disebut Arashiyama, adalah sebuah distrik di pinggiran barat Kyoto, Jepang. Hutan bambu Sagano Bamboo Forest termasuk situs bersejarah yang ditunjuk secara nasional oleh Place of Scenic Beauty.

Hutan bambu nan elok ini menjadi lokasi yang populer sebagai tempat prewedding di Kyoto, Jepang.
Back to Content



Diatas adalah 20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai dengan bentuk yang sangat bervariasi namun tetap menampilkan wujud yang membuktikan bahwa mereka semua berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Nah dari hasil searching di internet, CCP mendapatkan delapan bonsai yang memiliki kesamaan dengan pohon tua di alam liar, berikut ini foto-fotonya :

Bonsai Inspiration 1
Bonsai Inspiration #1

Bonsai Inspiration 2
Bonsai Inspiration #2

Bonsai Inspiration 3
Bonsai Inspiration #3

Bonsai Inspiration 4
Bonsai Inspiration #4

Bonsai Inspiration 5
Bonsai Inspiration #5

Bonsai Inspiration 6
Bonsai Inspiration #6

Bonsai Inspiration 7
Bonsai Inspiration #7

Bonsai Inspiration 8
Bonsai Inspiration #8

Entah sang seniman memang mengambil inspirasinya dari pemikiran sendiri atau dari pohon di alam, tapi yang jelas itu memang mirip dengan pohon aslinya (pohon besar di alam liar). Yang jelas, bonsai-bonsai diatas tampak keren, unik, dan menakjubkan.


Belum ada Komentar untuk "20 Pohon Legendaris Yang Sering Jadi Inspirasi Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel