Artikel Pilihan

Ketahui Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan


ciri ciri pohon Bunga Bougenville 4


Selain sebagai tanaman hias, ternyata juga terdapat banyak manfaat bunga bougenville bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Bunga bougenville yang dengan mudah ditemukan di pinggir jalan hingga menjadi hiasan di rumah-rumah ini ternyata mampu menyerap polusi yang masuk dalam kategori tinggi.

Manfaat Bunga Bougenville dari Zat yang Terkandung di Dalamnya

Sejak zaman dulu, banyaknya manfaat bunga bougenville telah dimanfaatkan orang-orang sebagai obat penawar penyakit. Mulanya, penggunaan bunga bougenville untuk obat dikembangkan di Filipina. Kemudian mulai menyebar ke negara-negara lain, seperti Amerika, Eropa, hingga Asia.

Manfaat bunga bougenville ini tak lepas dari senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya, di antaranya sebagai berikut.

1. Tanin

Bagi kesehatan, tanin memiliki beberapa khasiat, seperti antibakteri, antioksidan, penawar racun, hingga anti diare.

2. Alkaloid

Beberapa senyawa alkaloid dapat memberikan khasiat berupa anti diabetes, anti diare, anti malaria, dan anti mikroba. Namun, ternyata ada beberapa senyawa alkaloid yang bersifat racun sehingga memerlukan identifikasi terhadap senyawa golongan alkaloid untuk mengetahui manfaatnya.

3. Pinitol

Senyawa pinitol yang terkandung dalam bunga bougenville diyakini mampu mengatasi masalah resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes.

4. Flavonoid

Flavonoid memiliki beragam manfaat bagi tubuh, seperti antioksidan, mengatasi alergi, arthritis, infeksi virus, serta memperbaiki sel tubuh yang rusak karena radikal bebas.



5. Glikosida

Meski terkadang glikosida dapat merugikan manusia, tapi secara umum glikosida dapat digunakan sebagai obat pencahar, obat jantung, analgetikum, dan iritasi lokal.

6. Terpenoid

Terpenoid berfungsi sebagai pigmen berwarna jingga yang memiliki khasiat menghambat gen yang dapat membentuk dan menumbuhkan sel kanker, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke karena mampu mencegah oksidasi lemak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

7. Antrakuinon

Beberapa fungsi antrakuinon bagi tubuh adalah membantu kinerja pencernaan, mengatasi konstipasi, anti inflamasi, melindungi sistem pernapasan, membantu menjaga regenerasi sel, mengatasi artritis, hingga anti kanker.

8. Steroid

Dalam tubuh, steroid bertindak sebagai hormon dan memiliki fungsi mengatur proses metabolisme tubuh, pembentukan glukosa dari asam lemak dan asam amino, membantu penyimpanan glikogen dalam organ hati, menjaga tekanan darah, anti-inflamasi, menjaga keseimbangan garam mineral dan cairan dalam tubuh, membantu ginjal menyerap kalium dan natrium dan membuat zat-zat hasil ekskresi melalui urin.

9. Saponin

Bagi kesehatan, saponin memiliki fungsi dapat meminimalisir risiko peningkatan kolesterol, mengurangi risiko kanker, meningkatkan imun, antioksidan, dan mengurangi tingkat kekeroposan tulang.

10. Minyak Esensial

Selain sebagai relaksasi, minyak esensial dapat bermanfaat sebagai penawar penyakit.
Masih banyak lagi manfaat bunga bougenville dari senyawa-senyawa yang terkandung lainnya.

Tips Mengatasi Berbagai Penyakit dengan Manfaat Bunga Bougenville


Untuk memperoleh manfaat bunga bougenville bagi kesehatan, Anda dapat mempraktikkan tips-tips berikut ini.

1. Mengobati Resistensi Insulin

Untuk memperoleh manfaat bunga bougenville, Anda dapat mengkonsumsi bunga bougenville dengan mengeringkannya terlebih dahulu kemudian menyeduhnya sebagai teh.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Beberapa permasalahan terkait pencernaan, seperti asam lambung, perut kembung, dan diare dapat diatasi dengan air rebusan daun bougenville. Anda dapat mengambil beberapa helai daun, lalu rebus daun dengan 3 gelas air, biarkan air rebusan mendidih hingga tersisa setengah gelas saja, Anda dapat mencampur air rebusan ini dengan madu.

3. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Sama halnya dengan mengobati resistensi insulin, Anda dapat menjadikan bunga bougenville kering sebagai teh. Pengobatan ini telah dikenal sejak zaman dulu di Meksiko. Ekstrak daun bougenville dipercaya dapat menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dan menjaga tekanan darah Anda tetap normal.



4. Mengatasi Batuk

Untuk mengatasi batuk, Anda dapat menggunakan manfaat bunga bougenville dan kulit batang bougenville. Caranya, ambillah beberapa kulit pohon bougenville yang telah kering, haluskan kulit pohon tersebut hingga menjadi bubuk, campurkan bubuk kulit bougenville dalam segelas air matang, gunakan air tersebut untuk berkumur, maka tenggorokan Anda akan menjadi lega.

ciri ciri pohon Bunga Bougenville 4
Sumber: theothersideofthetortilla.com



Demikian beberapa ulasan tentang manfaat bunga bougenville. Setiap bunga bougenville yang tumbuh berkelompok dalam tiga bagian dan terdapat cabang di satu bagiannya. Duri kecil yang terdapat di batang bougenville berfungsi untuk tempat tumbuh percabangan batang.




Belum ada Komentar untuk "Ketahui Manfaat Bunga Bougenville Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel