Artikel Pilihan

Cara Praktis Merawat Bonsai Pohon Maple Jepang Untuk Pemula

Seperti namanya, pohon maple Jepang memang berasal dari Jepang yang di Indonesia sendiri cukuo mudah ditemui. Maple Jepang atau Acer palmatum tidak hanya berasal dari Jepang namun juga dari Korea serta Cina.

Untuk kulit pohon maple Jepang yang lebih muda biasanya berwarna kemerahan atau hijau yang akan berubah jadi abu abu terang atau juga bisa abu abu kecoklatan ketika bertambah tua. Untuk anda yang memiliki bonsai pohon maple Jepang namun belum mengerti cara merawatnya, berikut akan kami jelaskan untuk anda.

Panduan Merawat Bonsai Pohon Maple Jepang Untuk Pemula

1. Perhatikan Posisi Bonsai Pohon Maple Jepang

ciri ciri pohon maple jepang bonsai

Langkah pertama yang harus anda perhatikan dalam merawat bonsai maple Jepang adalah memperhatikan posisinya. Pohon maple Jepang akan tumbuh dengan baik pada area yang terang dan luas. Namun meski begitu, pohon ini juga haru berada di tempat yang agak teduh ketika siang hari dengan cuaca sangat panas karena bisa merusak daun.

Untuk itu, akan lebih baik jika anda memposisikan bonsai maple Jepang ini pada lokasi yang terang namun bukan terkena sinar matahari terlalu terik saat siang hari. Bonsai maple Jepang ini akan lebih tahan terhadap suhu yang beku meski tetap harus terlindungi dari embun beku yakni di bawah -10 derajat celcius.


2. Penyiraman Bonsai Maple Jepang

Untuk penyiraman pohon maple Jepang yang dibonsai ini harus dilakukan rutin setiap hari. Sedangkan jika hari sedang panas, maka pohon maple harus disiram beberapa kali dalam sehari. Jika penyiraman dilakukan dengan baik, maka bonsai maple Jepang yang anda miliki bisa tumbuh dengan kuat serta sehat.

Pastikan air yang anda pakai tidak terlalu mengandung kapur sebab bonsai maple Jepang lebih suka pH tanah yang netral sekaligus sedikit lebih asam.

3. Perhatikan Pemberian Pupuk Bonsai Maple Jepang

ciri ciri pohon maple jepang bonsai
Sumber: media.istockphoto.com
Untuk pohon maple Jepang yang dibonsai khususnya yang sudah dewasa, maka pemakaian pupuk organik padat menjadi pilihan paling benar sebab efek yang dihasilkan lembut serta lambat dan biasanya mengandung seluruh mikronutrien yang dibutuhkan pohon maple.

Sebaiknya, anda menggunakan pupuk organik padat ini secara hati hati sesuai dengan dosisnya. Jika ingin pohon maple tumbuh lebih kuat seperti ketika anda menanam pohon maple muda atau bahan mentah, maka anda bisa pakai pupuk cair yang dilakukan setiap minggu. Namun, hindari pupuk yang memiliki konsentrasi nitrogen terlalu tinggi sebab bisa memperbesar ruas dan daun yang tidak penting dalam bonsai maple Jepang,

Baca Juga :

4. Pemangkasan Bonsai Maple Jepang

Untuk pemangkasan pohon maple Jepang yakni bagian ranting dan tunas harus anda lakukan di sepanjang tahun. Untuk pemangkasan cabang yang kuat, maka harus anda lakukan pada saat musim gugur. Tujuannya adalah supaya pendarahan terlalu berlebihan tidak terjadi atau juga bisa dilakukan ketika musin panas supaya pertumbuhannya bisa semakin cept.

Sangat dianjurkan juga supaya anda melakukan cut paste pada pohon maple Jepang yang rentan dengan penyakit jamur yang bisa masuk lewat luka. Potonglah pada pertumbuhan baru untuk satu atau dua pasang daun.

Untuk bonsai maple Jepang yang sudah dewasa dengan ramifikasi yang halus, maka bisa dicubit yang bertujuan untuk menjaga ranting supaya bisa tetap dalam kondisi tipis. Sesudah daun pertama pohon bonsai terbuka, maka anda bisa melepaskan bagian ujung kecil yang lembut.

Metode tersebut nantinya bisa melemahkan pohon maple Jepang untuk jangka panjang dan wajib dilakukan dengan khusus dan hati hati. Untuk pemangkasan daun yakni pengangkatan daun selama sedang musim tumbuh, bisa anda lakukan di setiap tahun yakni di awal musim panas supaya pertumbuhan daun dengan ukuran yang lebih kecil bisa terjadi.

Bersihkan seluruh daun dan biarkan batang daun masih tetap utuh, sedangkan untuk memangkas daun parsial dilakukan dengan lebih lembut. Selain itu, anda juga tidak harus menghilangkan seluruh bagian daun namun hanya untuk sebagian serta yang berjarak dekat.

Selain itu, anda juga bisa menghilangkan daun yang ada di tempat terkuat pada pohon maple Jepang. Sementara untuk memangkas daun parsial bisa anda lakukan setiap tahun sebab tidak akan menekan pohon maple terlalu banyak seperti total daun yang dipangkas.


5. Repotting Bonsai Pohon Maple Jepang

ciri ciri pohon maple jepang bonsai
sumber : media.istockphoto.com
Melakukan repotting pada pohon maple Jepang bisa dilakukan sebanyak 2 tahun sekali. Anda bisa memangkas akar dan pastikan anda memakai campuran tanah yang sudah dikeringkan seperti contohnya campuran batu apung, akadama dan batu lava.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Merawat Bonsai Pohon Maple Jepang Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel