Artikel Pilihan

Panduan Untuk Mengetahui Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Pohon Maple Baru

Pohon maple atau Acer spp merupakan spesimen tanaman yang sangat disukai sebagai pohon pelindung dan juga karena bentuk serta daunnya. Ketika perawatan yang diberikan sudah tepat, maka pohon maple bisa tumbuh dengan sangat cepat.

Selain harus memperhatikan dari segi letak menanam, pupuk dan berbagai kondisi yang disesuaikan dengan jenis pohon maple, takaran seberapa banyak air yang dibutuhkan pohon maple juga sangat penting untuk dilakukan.

Panduan untuk mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan pohon maple baru berikut ini bisa sangat membantu anda untuk menentukan perhitungan secara kasar tentang berapa banyak air yang harus anda berikan untuk pohon maple yang masih baru dan seberapa sering harus dilakukan penyiraman.

Syarat Umum Takaran Air Untuk Pohon Maple yang Masih Baru

ciri ciri pohon maple

Sesudah penyiraman yang dilakukan ketika waktu menanam, maka pohon maple yang masih baru hanya butuh satu sampai dua kali penyiraman dalam satu minggu yang bertujuan untuk pembentukan. Sedangkan untuk jumlah airnya sendiri akan tergantung dari masing masing ukuran pohon maple.

Setiap minggu, pohon maple butuh setidaknya lima galon air dan ditambahkan dengan lima galon lagi per 1 inci diameter pohon yang diukur 4 ½ kaki di atas permukan tanah. Ini sudah menjadi pedoman umum untuk pohon maple yang masih baru. Apabila curah hujan sebesar 1 inci terjadi dalam waktu seminggu, maka biasanya tidak dibutuhkan irigasi tambahan.

Selain itu, jenis tanah juga bisa anda jadikan pedoman untuk menentukan frekuensi penyiraman. Contohnya, jika pohon maple ditanam di tanah yang berpasir serta memiliki drainase yang baik, maka kemungkinan akan butuh dua kali penyiraman dalam satu minggu.


Pemeriksaan Kelembapan Tanah

Memperhatikan kondisi tanah yang ada di sekitar pohon maple nantinya juga bisa membantu anda untuk menyesuaikan frekuensi pemberian air serta jumlah air yang harus disediakan untuk area tertentu. Salah satu cara yang bisa anda lakukan dalam memeriksa kelembaban pada tanah adalah gali lubang sekitar 3 hingga 6 inci pada area akar dari pohon maple namun jauh dari bagian akar akar yang halus.

Apabila tanah di kedalaman tersebut masih terasa kering ketika anda sentuh, maka penyiraman masih dibutuhkan. Cara lain yang bisa anda pakai untuk mengukur tingkat kelembaban di area sekitar pohon maple adalah memeriksa massa akar pohon memakai batangan logam.

Apabila batang pohon maple tidak bisa ditembus secara mudah sekitar beberapa inci, maka anda harus menambahkan air. Sementara jika batang logam sudah bisa masuk dengan mudah, maka melewati semua massa akar, maka tandanya ada uap air yang terlalu banyak di sekitar akar pohon maple tersebut.

Baca Juga :

Metode Menyiram Serta Beberapa Pertimbangan Lain

ciri ciri pohon maple
Sumber: media.istockphoto.com
Menyiram air dengan tepat sangat penting agar anda bisa memastikan pohon maple bisa memakai air tersebut dengan efisien. Selang hujan deras, dan ember, masing masing bisa ditambahkan dengan lubang berukuran kecil di bagian bawahnya. Anda juga bisa memakai selang biasa untuk mengalirkan hanya beberapa tetes air yang ringan. Dengan begitu, air yang mengalir hanya sedikit dan perlahan sehingga air tidak sampai merendam tanah dan mengalir di permukaan tanah.

Pohon maple yang masih muda ini akan tumbuh dengan sangat baik jika penyiraman dilakukan secara merata di semua bagian akar termasuk akar akar halusnya. Sedangkan untuk penyiraman memakai sprinkle nantinya bisa membasahi daun daun pohon maple sekaligus juga meningkatkan pertumbuhan penyakit jamur sehingga sebaiknya anda hindari.

Lapisan mulsa organik seukuran antra 2 sampai 3 inci seperti daun parut atau serpihan kayu bisa disebar di sekitar di sekitar area akar pohon maple. Meski memang tidak saling bersentuhan secara langsung pada batang pohon, namun ini akan membantu mempertahankan kelembaban pada tanah dan juga untuk mengatur suhu tanah serta mengurangi banyaknya gulma.

Tanda Terlalu Banyak atau Kurang Menyiram Pohon Maple

ciri ciri pohon maple
Sumber: thedickinsonpress.com
Gejala stres akibat kekeringan atau sebaliknya yakni kelembaban yang terlalu berlebihan pada pohon maple yang masih baru menandakan jika anda harus menyesuaikan cara penyiraman tanaman yang anda lakukan. Sedangkan jika air tidak mencukupi, maka bisa menyebabkan daun menghitam, tepi daun yang berwarna kecoklatan, layu dan pada akhirnya akan rontok.

Kelembaban yang terlalu berlebihan tidak baik untuk pohon maple sebab daun akan tumbuh terlalu kecil, terken racun, kekurangan mineral dan bahkan mati. Ini juga bisa membuat pohon maple semakin rentan pada akar yang membusuk dan juga hama.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk " Panduan Untuk Mengetahui Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Pohon Maple Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel