Artikel Pilihan

Cara Menanam, Memangkas dan Merawat Pohon Maples Jepang

Pohon maple Jepang bisa dijadikan sebuah titik fokus yang mencolok sekaligus sempurna baik sebagai tanaman di pekarangan atau dijadikan sebagai bonsai. Ada sekitar ratusan jenis maple Jepang dengan berbagai bentuk daun serta warna seperti hijau ke oranye, ungu dan berbagai warna lainnya.

Jika anda ingin menambah koleksi pohon peneduh di rumah, berikut akan kami jelaskan tentang cara menanam, memangkas serta merawat pohon maples Jepang selengkapnya.

1. Menanam Pohon Maple

ciri ciri pohon maple


Jika pohon maple sudah ditanam dengan tepat, maka nantinya bisa tumbuh dua kali lebih cepat serta hidup sekitar dua kali lebih lama dibandingkan ketika anda salah menanamnya. Persiapan tanah yang kurang memadai serta metode menanam yang tidak tepat menjadi 2 penyebab utama kegagalan menanam pohon maple Jepang.


2. Waktu Menanam Pohon Maple

Untuk waktu terbaik menanam pohon maple Jepang ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun untuk waktu terbaik adalah ketika musim gugur di mana akar baru selama musim masih belum aktif. Berbeda dengan puncak maple yang tidak aktif serta berhenti tumbuh di sepanjang musim dingin, akar dari pohon maple Jepang akan terus tumbuh di sepanjang bulan musim gugur serta pada awal musim dingin asalkan suhu tidak di bawah titik beku.

Menanam pohon maple Jepang saat musim gugur juga bisa membuat karbohidrat yang sudah diproduksi selama musim panas bisa diarahkan ke pertumbuhan akar karena permintaan dari seluruh pohon yang tidak terlalu banyak. Apabila anda menanam pada musim semi, maka cobalah untuk tidak merusak tunas supaya bisa menghasilkan pertumbuhan lunak yang baru.

3. Lokasi Menanam Pohon Maple

ciri ciri pohon maple
Sumber: media.istockphoto.com
Untuk lokasi menanam pohon maple sebenarnya bisa dilakukan di mana saja dan anda hanya perlu menyesuaikan dengan lanskap anda. Cobalah untuk menyesuaikan kultivar pohon maple Jepang dengan lokasi tanam seperti jumlah sinar matahari, ketersediaan ruang serta paparan angin. Untuk pohon maple Jepang yang masih muda, maka harus dilindungi dari berbagai unsur hingga akar sudah terbentuk dengan kuat.

Selain itu, anda juga harus menempatkan pohon maple Jepang pada lanskap dengan matahari pagi namun terlindungi saat sore hari karena menjadi lokasi paling sesuai untuk menanam. Sedangkan angin serta matahari terlalu terik bisa merusak pohon maple Jepang ini dalam waktu singkat yakni terlepas dari kultivarnya.

Bagian daun nantinya akan memperlihatkan tanda tanda stres di area daun. Biasanya, pohon maple Jepang ini akan berkulit tipis serta harus terkena sinar matahari selama 1 sampai 2 tahun pertama sesudah transplantasi. Masalah ini nantinyabisa menyebabkan pertumbuhan pohon maple Jepang jadi terhambat

Baca Juga :

4. Persiapan dan Penanaman Pohon Maple Jepang

ciri ciri pohon maple jepang
Sumber: media.istockphoto.com
Sebagian besar pohon maple Jepang tidak bisa tumbuh dengan subur pada tanah liat, tanah yang berat dan juga memiliki drainase yang buruk. Jenis tanah ini nantinya bisa mengakibatkan akar busuk serta penyakit.

Selain itu, pohon maple Jepang ini bernapas dengan menggunakan akar sehingga jenis tanah ini tidak cocok digunakan sebab rendah kandungan oksigen yang diperlukan supaya akar bisa tumbuh dengan baik.

Jika memang tanah yang anda pakai berat, maka buatlah lubang tanam antara 2 sampai 4 inci lebih dakal dari bola akar. Di dalam tanah lempung dengan drainase berat atau buruk, maka sebaiknya pohon maple Jepang diposisikan lebih tinggi dari tanag sehingga menghasilkan gundukan.

Tanah dengan drainase buruk menjadi penyebab utama masalah utama dari tanaman pada lanskap. Untuk itu, disarankan untuk memasukkan antara 10 hingga 20% bahan organik di dalam tanah yang bertujuan untuk membantu aerasi serta drainase.

Pastikan anda hanya menggunakan mulsa kompos terbaik dan kantong tanah pot berkualitas yang sudah dicampur supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Selain itu, jangan gunakan bahan organik bertekstur halus seperti lumut gambut atau pasir.

Jangan juga memakai produk dari kulit kayu hijau untuk amanedemen sebab kulit kayu yang baru saja digiling dan belum dikomposkan bisa merusak tanaman nitrogen ketika dipakai untuk amandemen.

Pastikan juga anda membangun tanah di sisi bola aka supaya bagian sisinya tidak terbuka. Selain itu, jangan juga meletakkan tanah tambahan di atas bola akar karena oksigen bisa sampai di akar permukaan tanah. Anda juga tidak boleh mengganggu di bagian bawah bola akar supaya pengendapan tidak terjadi yang nantinya bisa memindahkan akar tanaman jauh lebih dalam ke tanah.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam, Memangkas dan Merawat Pohon Maples Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel