Artikel Pilihan

Cara Pembibitan Pohon Palem Merah Untuk Ditanam Dalam Rumah

Pohon palem merah adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer di Indonesia, karena jumlah pecinta palem merah sangatlah berlimpah dan tersebar di berbagai daerah seluruh Indonesia. Pohon palem merah memang bisa ditanam di dalam pot ataupun dibiarkan di pekarangan rumah, karena pohon palem merah memiliki daya tahan yang baik, karena tidak mudah terserang oleh hama tanaman.

Pohon palem merah memang memiliki keunikkan dibandingkan dengan pohon palem jenis lain, hal ini terlihat dari warna kelopaknya yang berada di bawah daun dengan warna merah menyala. Batang pohon palem merah memiliki ukuran yang sedang, sehingga tidak akan terlihat besar saat di pekarangan rumah. Untuk melakukan budidaya pohon pelem merah, tentu ada banyak hal yang perlu dipelajari dengan baik.


Cara Pembibitan Pohon Palem Merah

ciri cir pohon palem merah

Untuk melakukan pembibitan pohon palem merah, tentu tidak bisa dilakukan dengan sederhana dan prosesnya sangat panjang, perlu konsistensi yang baik. Pembibitan pohon palem merah bisa dilakukan dengan melakukan tahapan irisan bertahap atau melakukan cara irisan secara langsung. Kedua cara ini memiliki plus minus tersendiri.

Dalam proses irisan bertahap biasanya dilaksanakan dengan metode mengiris bagian rimpangan anak menjadi 1/4 bagian dan irisan dilaksanakan dengan bertahap dalam waktu 10 hari. Secara umum dalam proses irisan biasanya sampai setengah bagian rimpangan anak tersisa dan sisa dari anak rimpangan akan bisa dilepaskan dari induk. Proses ini sangatlah aman, jika dibandingkan irisan langsung yang penuh resiko.

Irisan langsung adalah proses pengirisan secara langsung sampai bagian anak terputus, namun proses pengirisan tidak akan melepaskan anakan dari rumpunnya. Irisan yang dihasilkan biasanya dibiarkan selama beberapa bulan sampai terus berkembang. Kemudian siapkan galian tanah di area sekitaran anakan, lalu angkatlah bagian anakan dengan menggunakan teknik putaran.


Cara Mengolah Media Tanam Pohon Palem Merah

Pohon palem merah tidak hanya bagus ditanam di pot, namun juga lebih bagus ditanam di media tanah secara langsung. Jenis pot yang sangat baik untuk penanaman pohon palem merah adalah pot yang terbuat dari tanah liat, karena memiliki daya tahan yang lebih kuat dan penanaman pohon palem merah dengan memakai pot plastik, akan sangat mudah pecah.

Pemilihan besaran pot haruslah disesuaikan dengan ukuran indukan bibit pohon palem merah yang akan ditanam dan media tanam yang diperlukan berupa campuran tanah yang memiliki kandungan PH sekitar 6,5 dengan pasir dan gunakan juga pupuk kandang secukupnya. Penggunaan pupuk kandang sangatlah higienis dan tidak akan menimbulkam efek samping buat tanaman.

Baca Juga :

Penanaman bisa juga dengan menggunakan campuran sekam padi, pasir dan sabut kelapa. Untuk kondisi tanah yang memiliki sifat asam tinggi, bagusnya memakai proses pengapuran dengan pakai kapur dolomite dan dosis pemakaian yaitu sekitar 200 gram. Dengan mengetahui berbagai cara pengolahan tanah yang baik, maka proses penanaman akan berjalan dengan lancar.

Cara Menanam Pohon Palem Merah

ciri cir pohon palem merah
Sumber: tokopedia.net
Bagi anda yang ingin melakukan penanaman pohon palem merah di pekarangan rumah dan tidak akan menanam dengan pakai pot, maka setiap pohon palem merah yang ditanam harus diberi jarak sekitar 3 meteran. Penggunaan jarak akan memudahkan tanaman untuk tumbuh, karena tanaman tidak akan saling beradu dan tidak akan saling merugikan dalam proses pertumbuhannya.

Dalam waktu 2 minggu sebelum melakukan penanaman, siapkanlah lubang tanam yang memiliki ukuran sekitar 30x30x30 cm dan ukuran lubang juga bisa disesuaikan dengan ukuran pohon palem yang akan di tanam. Ketika lubang sudah dipersiapkan, kemudian tanamlah pohon palem disetiap lubang dan timbun kembali bagian pangkal batang tanaman palem merah, lalu padatkan dengan tanah.

Cara Perawatan Pohon Palem Merah

Pohon palem yang sudah berhasil ditanam, tidak bisa dibiarkan begitu saja dan perlu dilakukan pemupukan secara rutin. Proses pemupukan haruslah dilakukan dengan cara disesuaikan ukuran pohon palemnya, jangan sampai pemberian pupuk berlebihan. Penggunaan pupuk organik bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 4 kali dalam setahun dan penggunaan pupuk anorganik bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam rentan waktu satu tahun.

Air adalah komponen penting untuk menunjang perkembangan tumbuhan dan jumlah air yang dibutuhkan pohon palem merah bisa disesuaikan dengan ukuran pohonnya. Pemberian air harus dilakukan secukupnya, agar proses tumbuh pohon palem bisa berjalan dengan baik.

Sekian bahasan lengkap mengenai cara pembibitan pohon palem merah untuk ditanam dalam rumah dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat untuk para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Pembibitan Pohon Palem Merah Untuk Ditanam Dalam Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel